BERITA

Mahasiswa Unikom Siap Melaju ke Seleksi Nasional Pilmapres Tahun 2018

Jumat, 20 April 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) patut berbangga hati karena salah satu mahasiswanya, Iqbal Syahrul Siddiq yang menjadi delegasi pada ‘Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres)’ Tingkat Kopertis Wilayah IV berhasil terpilih menjadi delapan besar dan berkesempatan melanjutkan langkahnya ke Seleksi Nasional Pilmapres tahun ini. Pelaksanaan seleksi Pilmpares Tingkat Kopertis Wilayah IV yang telah berlangsung pada Selasa (10/4) di Gedung Kopertis Rayon VI Kopertis Wilayah IV, diikuti oleh 28 peserta dari PTS yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Beradu kemampuan dengan para peserta lainnya, Iqbal yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Komputer Unikom tampil percaya diri saat mempresentasikan karya tulis ilmiahnya. Selain dari karya ilmiah, kriteria penilaian yang ditetapkan juga mencakup beberapa aspek, yaitu: 1) Kecakapan Komunikasi dalam Bahasa Inggris (Presentasi Dan Wawancara); 2) Kecakapan Menulis dalam Bahasa Inggris; 3) Presentasi Karya Tulis Ilmiah dan Topik Penelitian yang Dibahas; 4) Evaluasi Prestasi Peserta Pilmapres dalam Kompetisi Regional/Nasional/Internasional; dan 5) Penilaian Sikap dan Etika Personal oleh Psikolog.

Menurut Iqbal, keseluruhan aspek penilaian tersebut dipraktikan secara berurutan dalam waktu satu hari di hadapan lima orang dewan juri dari Kopertis serta peneliti dan atau dosen Perguruan Tinggi Negeri. Berbagai upaya dan perjuangan Iqbal pun tidak sia-sia, dirinya berhasil mengharumkan nama Unikom pada salah satu kompetisi di bidang akademik yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh Kemenristekdikti. “Alhamdulillah tahun ini saya mendapatkan pengalaman berkesan, khususnya berkaitan mengenai mawapres, dimana saya berkesempatan untuk bertemu dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lain serta bertukar pengalaman penelitian, kompetisi, dan prestasi setiap peserta,” ujarnya.

Tak hanya itu, Iqbal pun merasakan dukungan positif dari pihak kampus hingga langkahnya bisa meraih salah satu prestasi membanggakan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada unikom atas segala dukunganya, semoga pencapaian ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi saya dan mahasiswa Unikom pada umumnya dan semoga dapat melanjutkan ke jenjang seleksi nasional mahasiswa berprestasi tahun 2018,” tambah Iqbal. Mengantongi pengalaman sebagai Mawapres di tingkat universitas, rayon VI, dan Kopertis Wilayah IV, Iqbal mengharapkan agar setiap kampus khususnya Unikom dapat membentuk tim khusus untuk melakukan persiapan jangka panjang dalam menghadapi kompetisi mawapres, sehingga kemampuan mahasiswa yang mewakil Unikom selaku memberikan penampilan maksimal. (Direktorat Hms & Pro)

Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019
Selamat Hari Raya Idul Fitri - 1 Syawal 1440 H
Rabu, 05 Juni 2019