Berita

UNIKOM Jalin Kerjasama dengan PT. Bali Animasi Solusi Ekakarsa (Brown Bag Films Bali) dalam Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

BANDUNG, UNIKOM – PT. Bali Animasi Solusi Ekakarsa (Brown Bag Films Bali), adalah perusahaan produksi animasi dan konsultan pendidikan animasi, yang berdiri sejak tahun 2015. Lebih dikenal dengan nama BASE Studio, yang merupakan singkatan dari Bali Animasi Solusi Ekakarsa. Output produk utama dari BASE Studio adalah dalam pengerjaan film-film animasi 3 dimensi. Adapun brand Brown Bag Films Bali muncul pertama kali di Dublin pada tahun 2003. Nama studio Brown Bag Films meluas seiring dengan banyaknya projeck yang diterima dari US, khususnya Los Angeles, serta banyaknya penghargaan  (Oscar dan Emmy) yang didapatkannya. Lokasi Brown Bag films saat ini tersebar di berbagai belahan dunia, antara lain di Dublin, Toronto, Manchester, New York, dan Bali.

Rabu, 21 Februari 2024, bertempat di Grand Meeting Lantai 15 Smart Building UNIKOM, telah dilaksanakan acara seremonial penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) antara Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) dengan PT. Bali Animasi Solusi Ekakarsa (Brown Bag Films Bali).

Agenda kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 UNIKOM Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si. Pada sambutan pembukanya, Prof. Umi menyampaikan menyambut baik dan berharap kerjasama PT. Bali Animasi Solusi Ekakarsa dengan UNIKOM akan terbina dengan baik, khususnya untuk memnfaatkan sumber daya manusia adik-adik mahasiswa maupun yang sudah alumni. Support dari perusahaan-perusahaan sangat diperlukan dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Lebih jauh Prof. Umi mengungkapkan banyak manfaat yang akan diterima mahasiswa dalam implementasi program kerjasama dengan perusahaan-perusahaan di luar negeri, selain skill bertambah, menambah income, dan juga bisa mengenal ragam budaya lain di dunia. Ia berharap, “kerjasama yang dimulai dengan pengiriman mahasiswa dari program DKV, mudah-mudahan dapat diikuti oleh prodi-prodi lainnya, dan semoga silaturahmi ini dapat tetap terjaga dan makin berkembang kedepannya”, demikian pungkasnya.

Anintyas Wening, selaku Operasional Manajer PT. Bali Animasi Solusi Ekakarsa, dalam sambutan balasannya menuturkan bahwa PT. Bali Animasi Solusi Ekakarsa adalah salah satu studio 3D Animasi Production terbesar di Indonesia, berdiri sejak 2015, dan pada tahun 2019 diakuisisi oleh Brown Bag Films yang berpusat di Toronto, Canada. Saat ini mereka memiliki 300 orang karyawan. Adapun projrck yang biasa mereka kerjakan adalah serial TV atau short movie untuk ditayangkan Net Flix, Disney Channel, dan lain-lain.

Anintyas menyampaikan rasa senang dan terimakasihnya, karena diberi kesempatan untuk bekerjasama dengan UNIKOM, khususnya prodi DKV. Ia berharap, kedepannya kerjasama kolaboratif akan lebih banyak lagi, terutama dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia. “Tujuannya agar kita bisa membantu adik-adik mahasiswa UNIKOM supaya bisa lebih ready masuk dalam dunia industri animasi bagi mereka yang memang akan berkarir di animasi. Semoga kerjasamanya bukan hanya sekedar itu-itu saja, tapi kita juga bisa support internship, kelas-kelas industri dan program-program lainnya”, tutur Anintyas.

Agenda kegiatan dilanjutkan penandatanganan MoU oleh Wakil Rektor 1 Bidang Sumber Daya & Kerjasama UNIKOM, Assoc. prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T., CSBA., dan MoA oleh Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Dr. Kankan Kasmana, S.Sn., M.Ds., dengan Operasional Manajer PT. Bali Animasi Solusi Ekakarsa, Anintyas Wening. Usai penandatanganan MoU dan MoA, agenda kegiatan dilanjutkan sharing session Company Profile & Career Path in 3D Animation Production dan diskusi interaktif, disambung dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak dan ditutup dengan foto bersama guna dokumentasi.

Pada wawancara terpisah, Ketua Divisi Animasi Multimedia, Robby UL Pratama, S.E., menyambut baik adanya penandatanganan MoU dan MoA dengan Brown Bag Films Bali, yang merupakan user dari lulusan UNIKOM. Dimana salah satu lulusan UNIKOM ada yang menjadi Lead Animator di sana. Dengan ditandatanganinya MoU dan MoA tersebut, merupakan peluang yang baik untuk menjalin kerjasama lebih serius lagi. Bentuk kerjasama yang dilakukan, selain magang,  juga bisa melakukan co production bersama. “Kerjasama yang terjalin dengan UNIKOM bukan hanya mensupport sumber daya manusianya saja, tetapi kita juga bisa belajar dari teman-teman di sana dan kemudian bisa produksinya dilakukan di UNIKOM”, demikian harap Robby.

Turut hadir mendampingi Prof. Umi pada penandatanganan MoU dan MoA tersebut, antara lain, Wakil Rektor 2 UNIKOM Bidang Sumber Daya dan Kerjasama, Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T., CSBA., Direktur Humas dan Protokoler, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., Direktur Biro Administrasi Umum & Kerjasama, Dr. Adeh Ratna Komala, S.E., M.Si., CSBA., Dekan Fakultas Desain, Prof. Dr. Lia Warlina, M.SI., Ir., Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual, Dr. Kankan Kasmana, S.Sn, M.Ds , Ketua Divisi Animasi Multimedia, Robby UL Pratama, S.E, dan Ketua Divisi Bimbingan Konseling & Career Center, Dr. Nungki Heriyati, S.S., M.A. (Direktorat Hms & Pro).

Artikel Berikutnya