BANDUNG, UNIKOM - Di Era Revolusi Industri 4.0 yang berbasis digital, semua sektor bisnis harus mengadaptasi perubahan tersebut oleh karena itu penjualan yang dilakukan oleh SPBU yang selama ini bersifat konvensional di wilayah sekitar sudah harus diubah strategi penjualannya. Strategi pemasaran produk SPBU diarahkan ke Go Digital Marketing yaitu pemasaran produk dengan menggunakan Teknologi Informasi.
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dilaksanakan pada hari Kamis. 15 Desember 2022 di Saung Pondok Barokah Umat (SPBU) Unit Bisnis Pondok Pesantren Rojaul Huda Darun Nasya Lembang. Dengan Tim PKM Program Studi Manajemen Ketua Tim Dr. Linna Ismawati, S.E., M.Si Anggota 1 : Dr. Raeni Dwi Santy, S.E., M.Si. Anggota 2 : Angga Setiyadi, S.Kom., M.Kom.
Dr. Linna Ismawati, S.E., M.Si Ketua PKM menyatakan bahwa “Promosi melalui Digital Marketing adalah solusi untuk ekspansi bisnis dengan Market Share yang lebih luas sehingga meningkatkan profit.”ungkapnya
Linna juga menjelaskan bahwa “Pelatihan Digital Marketing bagi para santri agar memiliki pengetahuan tentang promosi produk melalui media sosial sehinga dalpat diimplementasikan ketika terjun ke dunia bisnis. Selain itu memberikan Pelatihan bagi pengelola SPBU agar memiliki keahlian mengelola website dan instagram sebagai media pemasaran produk SPBU. Luaran dari PKM ini adalah Website dan Instagram sebagai media digital dalam pemasaran produk.”ujarnya
Setelah kegiatan PKM dilaksanakan harapannya mampu meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan yang diperoleh SPBU karena media digital marketing menjangkau konsumen dari berbagai wilayah tidak terbatas hanya di lokasi bisnis. PKM tersebut juga sekaligus menyerahkan alat untuk pengembangan rumah makan di SPBU. (Direktorat Hms & Pro)