Berita

Divisi Robotika UNIKOM Raih 9 Medali Pada Kompetisi Internasional “The 16th Annual Robogames 2024”

BANDUNG, UNIKOM – Tahun 2024 Divisi Robotika UNIKOM kembali melakukan beberapa riset di bidang robotika. Berbagai riset dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa dari Program Studi (prodi) terkait, yaitu prodi Teknik Elektro, prodi Sistem Komputer, dan prodi Teknik Informatika, dibawah binaan Tim Dosen Pembimbing yang mendampinginya. Sejak tahun 2019 Divisi Robotika UNIKOM telah mengikuti berbagai kompetisi pada setiap tahunnya dengan tujuan agar tetap bisa mempertahankan budaya riset yang kompetitif, dan teruji secara global. Berbagai produk riset tersebut diikutsertakan pada kompetisi robot berskala internasional, sebagai ajang untuk mengukur atau menguji produk riset tersebut, salah satunya pada ajang kompetisi “The 16th Annual Robogames 2024”.

Divisi Robotika UNIKOM 2024 beranggotakan Taufiq Iskandar, Ikhsan Supriadi, Muhammad Saban N. dari prodi Sistem Komputer; Elsa Nur Rahmadiani, Vikri Frediansyah, Nawaf Saeful Anwar dari prodi Teknik Informatika; serta Dinar Maulana N., Rega Mohamad R., Asep Rendi dari prodi Teknik Elektro. Adapun formasi Tim Pembimbing beranggotakan Taufiq Nuzwir Nizar, M.Kom., M.T., Didit Andri Jatmiko, S.Kom., Rodi Hartono, M.T., dan Sugeng, M.T.

5 orang anggota tim yang berangkat sebagai perwakilan Divisi Robbotika UNIKOM 2024 untuk mengikuti “The 16th Annual Robogames 2024” terdiri atas 3 orang mahasiswa didampingi 2 orang Dosen Pembimbing, antara lain, Taufiq Nuzwir Nizar, M.Kom., M.T. selaku Dosen Pembimbing sekaligus Ketua Tim, Didit Andri Jatmiko, S.Kom. selaku Dosen Pembimbing, dan 3 orang mahasiswa yang mewakili masing-masing prodi, yaitu Taufiq Iskandar (Sistem Komputer), Nawaf Saeful Anwar (Teknik Informatika), dan Dinar Maulana N (Teknik Elektro).

Robogames adalah sebuah kompetisi robot tahunan berskala internasional, yang digelar di San Fransisco Bay Area, dan tahun ini dilaksanakan di San Jose Convention Center South Hall - 435 South Market Street - San Jose, California, Amerika Serikat. Terdapat lebih dari 50 jenis pertandingan robot yang dikompetisikan dengan peserta berasal dari berbagai negara di dunia. Dimana Robogames mendapat predikat sebagai “World’s Largest Robot Competition”- Guinness Book of Records; “The Best Ten North American Geek Fests”; “Top 10 Video Highlights” - ESPN SportsCenter; dan Show on Discovery Science channel - "Killer Robots!" .

Dosen Pembimbing sekaligus Ketua Tim, Taufiq Nuzwir Nizar, M.Kom., M.T.  melaporkan, pada “The 16th Annual Robogames 2024” tersebut, Divisi Robotika UNIKOM mendaftarkan 14 robot pada 8 kategori pertandingan, antara lain, Autonomous Robomagellan, Open Fire Fighting Robot, Open Walker Challenge, Open Table Top Navigation, Beam Photovore, Beam Speeder, Balancer Race (R/C), dan Balancer Race (Auton). Selama empat hari Tim Robotika UNIKOM mengikuti rangkaian kegiatan pertandingan, mulai dari hari Kamis, 18 April 2024 dan berakhir pada hari Minggu, 21 April 2024, dengan berhasil membawa pulang 9 medali yang dipertandingkan, antara lain, Medali Emas untuk ROCKER 24; Medali Perak untuk Walker 112, Fork-R, R2E, Arjuna, dan Ubot-C; serta Medali Perunggu untuk CAPIT-V16, Tira-160, dan Ubot-D.

Taufiq mengungkapkan, selama keberadaannya bersama tim di San Fransisco, seluruh tim sangat dibantu oleh Konsul Jenderal RI, Prasetyo Hadi dan Konsul Penerangan Sosial Budaya RI, Mahmudin Nur Al-Gozali, beserta jajaran staf KJRI SFO. Dilansir dari kemlu.go.id., Prasetyo Hadi menyatakan, “Kreativitas anak muda Indonesia terbukti memiliki keunggulan, dan robot hasil karya mereka mampu bersaing dan Berjaya dalam skala global”. Ia berharap, prestasi yang diperoleh Tim Robotika UNIKOM akan menginspirasi generasi muda lainnya untuk terus meningkatkan kreativitas guna menggapai prestasi di tingkat internasional. Sementara itu, Mahmudin Nur Al-Gozaly menambahkan, bahwa lomba robot adalah ajang pertarungan inovasi, yang bergantung pada kualitas pendidikan yang progresif yang dapat menunjang kreativitas karya dan kemajuan riset yang bermanfaat bagi dunia industri dan kemajuan Teknologi Informasi. Keunggulan komparatif mahasiswa Indonesia di bidang robotika yang berjaya di kancah internasional tidak hanya akan membuka peluang besar bagi bertambahnya pertukaran pengetahuan dan pengalaman, tetapi juga akan mengharumkan nama baik Indonesia. 

Senin, 29 April 2024, Tim Robotika UNIKOM 2024 diterima oleh Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T. beserta jajaran pimpinan di Ruang Grand Meeting Lantai 15 Smart Building UNIKOM. Dalam sambutan pembukanya, Prof. Eddy menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT, Alhamdulillah Tim Robotika UNIKOM telah memenangkan 9 medali pada kompetisi Robogames yang ke 16 di San Fransisco, Amerika Serikat. Ia mengungkapkan bahwa peran dosen pembimbing tentu saja sangat penting. Selain itu, proses regenerasi juga pembinaan kepada mahasiswa/i harus terus berlanjut sehingga berkesinambungan, dan menjadi bekal bagi mereka untuk lebih siap lagi dalam mengikuti kompetisi-kompetisi yang bersifat internasional lainnya.

Lebih lanjut Prof. Eddy menuturkan sejak 2007 UNIKOM telah mengikuti berbagai kompetisi tingkat internasional, diantaranya Trinity dan Robogames di Amerika Serikat. Tahun 2024 ini merupakan tahun ke 10 UNIKOM meraih kemenangan di tingkat dunia. “Atas keberhasilan ini, saya sebagai pimpinan, dan segenap sivitas akademika UNIKOM menyampaikan selamat bagi Divisi Robotika UNIKOM, para pembina, dan para mahasiswa yang telah berhasil meraih 9 medali kejuaraan dunia Robogames yang ke 16 Tahun 2024”, demikian pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir mendampingi Rektor UNIKOM, antara lain, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama, Assoc. Prof. Agus Riyanto, S.T., M.T., CSBA., Direktur Inovasi dan Kompetisi, Dr. Yusrila Y. Kerlooza, S.Si., M.T., serta para Dekan dan Ketua Program Studi di lingkungan UNIKOM. (Direktorat Hms & Pro)

Artikel Berikutnya