Berita

Training Kehumasan “Optimalisasi Peran Pranata Humas Perpustakaan Pada Era 4.0 Batch 2”

BANDUNG, UNIKOM – Sabtu, 12 Oktober 2024, Perpustakaan UNIKOM bekerja sama dengan 5 Perguruan Tinggi lainnya, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Bandung, Universitas Widyatama, Universitas Pelita Bangsa, dan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan Bogor, menyelenggarakan Seminar Nasional Training Kehumasan-Public Relation “Optimalisasi Peran Pranata Humas Perpustakaan Pada Era 4.0, Batch 2, dengan mengusung tema “Training Kehumasan-Public Relation Optimalkan Peran Pranata Humas Perpustakaan dengan Teknologi Desain”.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Fadil Latief, S.S.I., melaporkan, Pelatihan Pranata Humas Perpustakaan Batch ke-2 tersebut, adalah bagian dari rangkaian kegiatan yang berkelanjutan dari Batch 1 di Tahun 2022, dengan tema “Public Relation for Librarian” serta “Desain Komunikasi Visual: Infografis”. Acara Seminar Nasional Pelatihan Pranata Humas Perpustakaan Batch 2 tersebut dihadiri oleh 25 orang peserta dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, dengan menghadirkan dua orang nara sumber, antara lain, Kepala Bagian Komunikasi dan Humas UNISBA, Firmasyah S.I.Kom., M.Si., yang juga Dosen Ilmu Komunikasi UNISBA, serta Pengurus ISKI Jawa Barat ; dan Arif Try Cahyadi, S.Ds., M.Ds., Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual UNIKOM.

Bertempat di Lab. 4 Lantai 2 Miracle Building UNIKOM, agenda acara diawali dengan pemberian Sertifikat Apresiasi kepada Mitra 5 (lima) Perguruan Tinggi yang diwakilkan oleh Perpustakaan Pusat yang sudah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara workshop tersebut. Sertifikat diserahkan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNIKOM, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si. Dilanjutkan penyerahan Sertifikat Apresiasi Sponsorship oleh Ketua Pelaksana Kegiatan, Fadil Latief, S.S.I., kepada pihak sponsor yang telah memberikan dukungannya dalam penyelenggaraaan seminar tersebut, yang diwakilkan kepada CV. Petra Utama Book.

Agenda kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama tentang “Teknologi Media Sosial” yang disampaikan  oleh nara sumber yang pertama, Firmansyah S.I.Kom., M.I.Kom. Dalam materinya, ia menjelaskan tentang berbagai teknologi yang digunakan pada media sosial. Dimulai dari konsep berkomunikasi sampai dengan tips n trick berkomunikasi melalui konten di berbagai media sosial. Penyampaikan materi disampaikan secara interaktif  di dalam kelas. Sesi diskusi diikuti dengan antusias oleh paa peserta. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya peserta yang bertanya dan berdiskusi, sehingga durasi 90 menit terasa sangat singkat. Para peserta menyampaikan, materi tersebut sangat mereka butuhkan sebagai pustakawan ataupun humas.

Nara sumber yang kedua, Arif Try Cahyadi, S.s., M.Ds., menyampaikan materi terkait “Teknologi Desain menggunakan aplikasi photoshop”. Dalam paparan materinya, ia menjelaskan ulasan materi terdahulu yang berkaitan dengan dasar desain, lalu praktek mengenai pembuatan konten dengan menggunakan aplikasi Photoshop dengan durasi 120 menit. Sesi ke dua ini berjalan sangat ramai karena banyak peserta yang excited dengan menggunakan aplikasi photoshop, yang merupakan hal baru yang mereka pelajari dan alternatif lain untuk bisa belajar menjadi seorang desainer sejati. Selain itu, hasil praktek desain sederhana menggunakan photoshop menjadi bahan penilaian untuk peserta terpilih dengan kategori desain terbaik 1 sampai dengan 3. Adapun peserta terpilih dengan desain terbaik 1 sampai dengan 3 mendapatkan hadiah dari sponsorship serta  voucher belanja Alfamart. Adapun peserta terbaik desain kesatu berasal dari Universitas Aisyiyah Bandung atas nama Tita Nursari S.S.I.; peserta terbaik desain kedua dari Universitas Jenderal Achmad Yani atas nama Mochammad Angga Fauzy, S.Kom.; dan peserta terbaik desain ketiga dari Institut Budi Utomo Nasional atas nama Adityatama Sudibyo, S.A.B.

Di akhir acara, para peserta menyampaikan testimoninya,  bahwa acara  dan  materi sangat menarik serta sangat  dibutuhkan oleh seorang humas atau pun pustakawan sebagai humas.  Peserta sangat antusias dengan terselenggaranya acara tersebut, dan mengharapkan diadakan kembali acara workshop secara berkelanjutan, sehingga dapat menambah skill di Bidang Kehumasan dengan mengikuti perkembangan informasi dan teknologi dimasa yang akan datang.

Ubudiyah Setiawati, M.I.Kom., selaku Kepala Perpustakaan UNIKOM, menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih juga ia sampaikan kepada seluruh peserta dan seluruh pihak yang telah membantu berjalannya kegiatan seminar tersebut. Ia berharap, “semoga melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakannya, Perpustakaan UNIKOM dapat  mempertahankan dan meningkatkan kualitas yang lebih baik lagi di masa mendatang”, demikian ujarnya. (Direktorat Hms & Pro).