Berita

HIPMA UNIKOM Periode 2023/2024 Gelar Seminar Digipreneur Vol 2 “Membangun Strategi Bisnis Pada Kalangan Gen-Z Dalam Pemanfaatan Sosial Media Dan E-Commerce Pada Era Digital”

BANDUNG, UNIKOM – Sabtu, 12 Oktober 2024, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Pengusaha Mahasiswa (HIPMA) Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Periode 2023/2024 kembali menggelar Seminar Digipreneur yang ke 2 kalinya, dengan mengususng tema “Membangun Strategi Bisnis pada Kalangan Gen-Z dalam Pemanfaatan Sosial Media dan E-Commerce pada Era Digital”.

Bertempat di Auditorium Lantai 4 Miracle Building UNIKOM, rangkaian kegiatan diawali dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Hilman Fauji Abdilah, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars UNIKOM, Hymne HIPMI, dan Mars HIPMI yang diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh khidmat.

Delia Indriani selaku Ketua Pelaksana Kegiatan melaporkan, peserta yang mendaftar sejumlah 380 orang yang daftar dan 340 orang yang hadir, terdiri atas 119 mahasiswa calon anggota HIPMA UNIKOM, dan 195 mahasiswa yang berasal dari luar UNIKOM dan umum. Delia Indriani menuturkan, tema yang diusung pada seminar tersebut sangat relevan dengan tantangan yang akan dihadapi generasi muda saat ini. “Kita menyadari di era digital saat ini, kepemimpinan yang adaptif dan inovatif sangat dibutuhkan untuk mendukung kewirausahaan yang tangguh.Seminar ini hadir juga sebagai wadah  pengetahuan, strategi, dan inspirasi bagi generasi muda, agar siap menjadi pengusaha yang kompetitif dan berdaya saing di panggung global, sekaligus berkontribusi dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045”, tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan Soft Launching Badan Usaha yang diinisiasi HIPMA UNIKOM yang diberi nama PT. HIPMA MITRA UTAMA. M. Hafizh Al Masud, selaku Ketua Badan Kehormatan HIPMA UNIKOM, menjelaskan, HIPMI Perguruan Tinggi (PT) yang ada di seluruh Indonesia bertujuan menciptakan pengusaha-pengusaha baru. Hal inilah yang menjadi latar belakang berdirinya badan usaha tersebut, yaitu sebagai legalitas dari badan usaha yang didirikan untuk menampung seluruh aspirasi dan kebutuhan untuk menunjang teman-teman HIPMI PT, dan HIPMA UNIKOM pada khususnya. Diharapkan setelah difasilitasi, para pengusaha muda tersebut dapat lebih leluasa untuk mencari peluang baru, juga berkolaborasi di berbagai lini. “Kami bertekad untuk melahirkan pengusaha-pengusaha muda yang baru dengan nama PT HIPMA MITRA UTAMA, sebagai solusi bagi seluruh stakeholders di luar sana. Bahwa apapun yang mereka butuhkan bisa dilayani atau dibantu oleh teman-teman di HIPMA UNIKOM”, ujar Hafizh.

Agenda kegiatan dibuka secara resmi oleh Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNIKOM, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si. Mengawali sambutan pembukanya, Prof. Umi menyampaikan terimakasih dan salam dari Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., kepada semua pihak yang telah berpartner dengan UNIKOM serta mengapresiasi berdirinya sebuah badan usaha (PT) dalam seminar tersebut, yang nantinya menjadi pembuka bagi kolaborasi dengan mahasiswa-mahasiswa wirausaha merdeka yang sedang kita bangun bersama. “Ketika adik-adik mahasiswa menjadi pengusaha, para mahasiswa yang punya usaha bisa mengajukan ke program studi agar kegiatannya dapat dikonversi dengan kegiatan pembelajaran di kampus. Sehingga dalam satu semester, ketika mahasiswa menghasilkan usaha yang survive akan langsung dikonversi 20SKS. JIka perusahaan dikelola sedemikian rupa sehingga mahasiswa tersebut berhasil menjadi pengusaha sungguhan, dalam menjalankan usahanya akan didampingi tutor. Sehingga untuk 2 semester dapat dikonversi menjadi 40 SKS”, Ia berharap, “semoga segala sesuatunya dapat berjalan lancar, sukses, dan membahagiakan semua. Serta mendukung berdirinya PT HIPMA MITRA UTAMA yang akan mewadahi para mahasiswa untuk menjadi pengusaha pada akhirnya’, demikian pungkasnya.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan pemaparan materi dari sejumlah nara sumber yang luar biasa, antara lain, Anggota DPR RI yang juga Ketua Umum Jabar Bergerak, Dr. Hj. Atalia Praratya, S.IP., M.I.Kom., Dewan Pembina HIPMI Kota Bandung, Dody B. Satriyo, Ketua Umum BPD HIPMI Papua Barat, William Heinrich, Direktur HIPMI Academy & Owner Rahmen, Ganjar Hidayat, serta Komisaris Utama PT Venus Media Teknologi (VMT Software), Jimmy Hendrix, S.T., M.Kom., dilanjutkan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh para peserta, dan ditutup dengan foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro)