Berita

Dosen Dan Mahasiswa Unikom Lakukan Pemberdayaan Sdm Guru Madrasah Tsanawiyah Melalui Pemanfaatan Teknologi Dalam Mendesain Pembelajaran

BANDUNG, UNIKOM – Dalam mendukung dunia pendidikan melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Kali ini, fokus perhatian diarahkan pada peningkatan kapasitas guru-guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Cahaya Harapan, Kabupaten Bandung Barat, melalui pelatihan bertema “Pemberdayaan SDM Guru Madrasah Tsanawiyah Melalui Pemanfaatan Teknologi dalam Mendesain Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan”.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Isniar Budiarti, S.E., M.Si., bersama mahasiswa Dicky Rizkyka Ramadan Siregar dari Program Studi Sistem Informasi UNIKOM, dengan menggandeng mitra masyarakat berupa guru-guru MTs Cahaya Harapan sebagai peserta utama pelatihan. Rangkaian kegiatan dimulai dari observasi dan diskusi awal yang telah dilaksanakan pada 16 April 2025, dilanjutkan dengan pelaksanaan pelatihan utama pada 15 Mei 2025, bertempat langsung di lokasi madrasah, Jl. Padalarang–Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Berdasarkan hasil observasi, tim PKM UNIKOM menemukan sejumlah tantangan yang dihadapi oleh para guru, di antaranya rendahnya keterampilan desain media ajar, minimnya pemahaman tentang pembelajaran kreatif, hingga keterbatasan akses terhadap teknologi dan sumber belajar inovatif. Padatnya beban kerja guru juga menjadi hambatan tersendiri dalam pengembangan media ajar yang menyenangkan.

Menjawab hal tersebut, pelatihan dirancang secara praktis dan aplikatif. Materi difokuskan pada peningkatan keterampilan penggunaan Microsoft PowerPoint sebagai media ajar yang interaktif, mencakup desain slide menarik, integrasi media (gambar, audio, video), animasi, hingga pembuatan kuis berbasis presentasi.

Assoc. Prof. Isniar selaku pelaksana kegiatan mengungkapkan “Dengan pelatihan ini, kami ingin mendorong guru-guru madrasah untuk semakin percaya diri menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar. Transformasi pembelajaran harus dimulai dari tenaga pendidiknya,” ujarnya

Pelatihan dikemas dalam bentuk workshop sehari penuh yang melibatkan sesi teori, praktik langsung, diskusi kelompok, hingga presentasi hasil karya masing-masing peserta. Guru-guru tampak antusias mencoba langsung membuat media ajar sesuai dengan mata pelajaran mereka, sekaligus berbagi ide kreatif dan solusi atas tantangan yang dihadapi.

“Pelatihan ini sangat membantu kami memahami bagaimana pembelajaran bisa dibuat lebih menarik bagi siswa. Banyak fitur PowerPoint yang baru kami ketahui,” ungkap salah satu guru peserta.

Setelah pelatihan, tim juga menyediakan pendampingan lanjutan secara daring melalui grup diskusi, sebagai wadah konsultasi dan kolaborasi antarguru. Melalui kegiatan ini, UNIKOM berharap dapat menumbuhkan budaya literasi digital di lingkungan madrasah, sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga kreatif dan menyenangkan bagi siswa.

Kegiatan PKM ini merupakan bentuk nyata kontribusi UNIKOM dalam mendukung pengembangan SDM pendidikan, sekaligus upaya menciptakan sistem pembelajaran yang lebih adaptif di era digital. (Direktorat Hms & Pro)