BERITA

Wisuda Unikom Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018: Pelopor Karya Ilmiah Bermutu Bebas Plagiat di Indonesia

Kamis, 03 Mei 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Universitas Komputer Indonesia (Unikom) resmi melantik 571 wisudawan untuk mendarmabaktikan ilmunya ketengah-tengah masyarakat luas dan heterogen melalui prosesi senat Wisuda Unikom Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018. Gelaran wisuda jenjang Pascasarjana (S2), Sarjana (S1), dan Diploma III (D3) yang berlangsung pada Sabtu (28/4), dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan, dosen, dan karyawan di lingkungan Unikom, hingga tamu undangan termasuk diantaranya para orang tua wisudawan yang hadir dari berbagai wilayah di tanah air.

Berdasarkan data yang disampaikan Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, dalam sambutannya, dari total 571 wisudawan yang dilantik, 10 orang diantaranya merupakan lulusan program Pascasarjana, 544 wisudawan dari program Sarjana dan 17 wisudawan program Diploma-III. Secara keseluruhan, sebanyak 27 orang atau 4,73 %  merupakan wisudawan yang lulus dengan predikat Cum Laude atau ‘Lulus Terpuji’ dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)  ≥ 3.75 untuk S2 dan IPK  ≥ 3.5 untuk S1 dan D3, yakni: 1)  4 orang Cum Laude S2; 2) 22 orang Cum Laude S1; dan 3) 1 orang Cum Laude D3. Adapun IPK tertinggi untuk program S2 diraih oleh Seliwati, M.Kom (IPK 3.82) dari Program Studi Magister Sistem Informasi, Anita Rezkyanti Hadjal, S.E (IPK 3.80) dari Program Studi Akuntansi Beasiswa Unggulan untuk program S1, dan program D3 diraih oleh Ronald Meinaldi, A.Md (IPK 3.55) dari Program Studi Keuangan Perbankan.

Berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, Unikom mampu memfasilitasi para wisudawan untuk menerima Ijazah dan Transkip Akademik di hari yang sama dengan pelaksanaan wisuda. “Bila diperguruan tinggi lain Ijazah dan Transkrip Akademik baru dapat diberikan satu hingga beberapa bulan setelah diwisuda, maka di Unikom di hari yang sama juga Saudara langsung memperoleh Ijazah dan Transkrip Akademik tersebut, hal ini merupakan bagian dari implementasi budaya organisasi Unikom yaitu PIQIE (Professionalism, Integrity, Quality, IT, Excellence), bagi para wisudawan dan stakeholder terkait,” ujar Rektor.

Merujuk pada pelaksanaan wisuda kali ini, Rektor Unikom pun menyinggung tentang perubahan dunia yang saat ini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat, dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Perkembangan internet dan teknologi digital yang massif, komputerisasi yang semakin membuat dunia tanpa batas (borderless), penggunaan unlimited data, konektivitas mesin dengan manusia menggulirkan paradigma tekno ekonomi (techno-economy paradigm). Penggunaan internet secara massif dan berbagai perangkat dunia ke arah digital menyebabkan disruptive technology sebagai implikasi dari era digital yang mengganggu kestabilan bisnis maupun lembaga yang tidak menggunakan internet dalam operasionalnya. 

Guna mengantisipasi hal tersebut perguruan tinggi perlu menetapkan langkah strategis dan target pendidikan tinggi harus diubah menjadi lembaga pendidikan yang berbasis inovasi, pencetak top and middle skill workforce, serta pengembang industri berbasis Iptek dan income generating.  Unikom pun memberikan salah satu konsentrasinya pada bidang publikasi ilmiah, dimana kejujuran dari para penulis merupakan faktor utama, karena jika mereka melakukan kebohongan maka mereka tidak pantas berada di dunia akademik yang senantiasa menjunjung tinggi moral dan etika. “…mengatasi hal tersebut mulai semester ganjil 2017/2018 Unikom telah mengaplikasikan software Turnitin untuk mendeteksi plagiarism skripsi dan tesis para kandidat wisudawan, mereka yang di wisuda kali ini telah membuat karya ilmiah yang bebas dari plagiarisme atau lulus turnitin dan menjadi wisudawan pelopor karya ilmiah bermutu bebas plagiat di Indonesia,” jelas Rektor.

Beliau pun berpesan bahwa pelaksanaan wisuda dapat dianggap sebagai awal kesuksesan yang harus segera ditindaklanjuti dengan usaha dan perjuangan untuk meraih sukses selanjutnya, yakni memperoleh pekerjaan, baik di instansi pemerintah maupun swasta, membuka lapangan kerja baru atau kembali memperdalam ilmunya melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Lahirnya 571 lulusan Unikom ditengah masyarakat diharapkan dapat menjadi lulusan yang unggul secara intelektual, anggun secara moral, kompeten menguasai IPTEK, berjiwa sosial dan memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan bangsa dan Negara Indonesia.

Akhir dari sambutannya, Rektor Unikom mengapresiasi kerja keras Direktorat Humas dan Protokoler serta Wakil Rektor Bidang Akademik Unikom yang bersinergi bersama Tim Protokoler Dosen dan Karyawan serta beberapa organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Korps Protokoler Mahasiswa (KPM), Saung Budaya (Sadaya), Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dan Korps Sukarela PMI (KSR-PMI) Unikom untuk mensukseskan pelaksanaan Wisuda Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018. Sehingga salah satu hajat besar Unikom tersebut dapat terlaksana dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan dengan memberikan pelayanan dan persembahan terbaik untuk Civitas Akademika Unikom. (Direktorat Hms & Pro, diolah dari berbagai sumber)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019