Berita

Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Lakukan Pengabdian ke Gambung : “Bentuk Implementasi dan Kerja Sama antara Unikom dan PPTK

BANDUNG, UNIKOM –  Sebagai bentuk implementasi Kerjasama antara Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung dengan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung, Bandung Barat, melalui Fakultas dan Program Studi yang ada di Unikom lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam menjalankan program Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai capaian untuk menciptakan inovasi, memberikan solusi, dan juga melakukan alih teknologi, ilmu, dan seni kepada masyarakat untuk pengembangan martabat manusia dan kelestarian sumber daya alam yang ada di PPTK Gambung.

Unikom melalui kolaborasi antara Fakultas Desain, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Program Studi Desain Grafis (DG), Program Studi Magister Desain (MDS), Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi, Program Studi Keuangan Perbankan, dan Manajemen Pemasaran, lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di PPTK Gambung, yang menghasilkan 4 (empat) program yaitu 1) Perancangan Kemasan Special Tea Produk PPTK Gambung yang diketuai oleh Dr. Kankan Kasmana, S.Sn., M.Ds, 2) Perancangan Promosi Produk White Tea PPTK Gambung, yang diketuai oleh Deni Albar, S.Sn., M.Ds, 3) Perancangan Hampers/ Souvenir PPTK Gambung yang diketuai oleh Dr. Yully Ambarsih Ekawardhani, S.Sn., M.Ds, dan juga 4) Bantuan Alat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) PPTK Gambung yang diketuai oleh Dr. Raeni Dwisanty.

Selama satu semester berjalan Pengabdian yang dilakukan tentunya menghasilkan sebuah produk, baik dari perancangan kemasan, prancangan promosi, perancangan hampers/ sovenir, dan juga bantuan alat K3 PPTK Gambung. Kunjungan yang dilakukan oleh Tim Unikom pada hari Rabu, 27 Juli 2022 ke PPTK Gambung mendapatkan sambutan yang hangat dan sangat baik. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Peneliti Heri Syahrian, SP., MP., bentuk ucapan terimakasih kepada Unikom atas kerjasama yang terjalin hal ini PPTK Gambung sangat terbantu dari sisi kemasan, promosi, dan lainnya guna pengembangan PPTK di Gambung.

Pada kunjungan yang dilakukan Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, ST., MT., selaku Wakil Rektor II Unikom Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Unikom juga menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang sangat baik oleh PPTK Gambung, dengan harapan kedepannya dapat dilakukan bukan hanya bidang saat ini saja, namun dapat dilakukan dengan bidang-bidang yang lainnya.

Assoc. Prof. Dr. Lia Warlina, M.Si selaku Dekan Fakultas Desain Unikom menyampaikan dalam sambutannya, perancangan yang telah dilakukan telah selesai kami telah melakukan yang terbaik mulai dari kemasan, promosi dan hampers, mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan kebutuhan dari PPTK Gambung. Pengabdian yang telah dilakukan dapat membuka peluang-peluang lainnya, dari sisi penelitian, kedaireka dan lainnya.

Penyampaian hasil produk dilakukan dari masing-masing tim pengabdian, menurut Dr. Kankan Kasmana, S.Sn., M.Ds selaku salah satu ketua PKM menyampaikan karya yang dihasilkan memiliki histori dan filosofi khusus dalam perancangan desainnya, mulai dari penentuan ikon atau karakter, warna, sampai dengan cara penggunaan. Harapannya, dalam perancangan desain yang dilakukan dapat menjadi referensi, dan dapat digunakan oleh PPTK Gambung. Setelah serah terima hasil pengabdian Unikom kepada PPTK Gambung, PPTK Gambung mendapatkan souvenir berupa lukisan dari karya Dr. Taufan Hidayatullah, M.Ds., sebagai kenang-kenangan. Kegiatan tersebut ditutup dengan dokumentasi bersama dan melakukan tour guna mengetahui tempat-tempat produksi dan sejarah yang ada di PPTK Gambung. (Direktorat Hms & Pro)