Berita

UNIKOM Tuan Rumah Seminar Nasional: “Levering Technology for Accreditation, Internationalization, and Competitive Advantage”

BANDUNG, UNIKOM -  Kamis, 4 Juli 2024, UNIKOM kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah kegiatan Seminar yang dilanjutkan Workshop bertajuk “Levering Technology for Accreditation, Internationalization, and Competitive Advantage”, kolaborasi UNIKOM dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IV Jawa Barat, dan Hewlett-Packard (HP).

Bertempat di Auditorium Lantai 17 Smart Building UNIKOM, rangkaian kegiatan dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars APTISI, dan Mars UNIKOM, dilanjutkan pemutaran video sekilas UNIKOM dan pembacaan doa dipimpin oleh Muhamad Aria Rajasa, S.T., M.T., yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh hadirin.

Prof. Dr. Ir. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom., IPU., ASEAN. Eng., selaku Ketua APTISI IV Jawa Barat, mengawali sambutan pembukanya dengan menyampaikan terima kasih kepada Rektor UNIKOM dan HP yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Sesuai Uandang Undang, Perguruan Tinggi yang tidak terakreditasi tidak diijinkan untuk menyelenggarakan kegiatan akademik atau pun kegiatan-kegiatan yang menyangkut proses pembelajaran. Oleh karena itu, akreditasi sangat penting bagi Perguruan Tinggi. Ia berharap, mudah-mudahan acara sejenis ke depan bisa dilakukan dengan kerjasama para provider IT lainnya untuk memfasilitasi dan turut membantu kemajuan PTS-PTS yang ada di seluruh Jawa Barat.

National Sales Director (Personal System) HP Indonesia, Imelda Setijadi, menyatakan bahwa HP cukup fokus di bidang education industry. Salah satu 3 pilar utama yang dicanangkan oleh kementerian pendidikan di seluruh dunia, pertama, bagaimana perguruan tinggi bisa melakukan digitalization di sekolah atau perguruan tingginya dengan menggunakan teknologi dan hybrid learning dengan membangun infrastruktur, sehingga dapat menjangkau audience dan konektivitas yang lebih luas. Kedua, bagaimana mereka membangun future skills melalui kolaborasi, inovasi, dan entrepreneurship, dan yang ketiga, yaitu capacity building. HP selaku technology leader telah banyak melakukan inisiatif dan turut membantu Perguruan Tinggi dalam membangun ketiga pilar tersebut.

Sementara itu, Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., pada kesempatan tersebut menyampaikan, yang paling utama dalam proses pengambilan keputusan di perguruan tinggi terletak pada Pimpinan Perguruan Tinggi dan Yayasan. Di tangan para pimpinan itulah yang akan menentukan masa depan perguruan tinggi masing-masing, apakah tetap stagnan, bisa bergerak, atau bahkan berlari untuk mencapai tahapan sesuai yang dicanangkan perguruan tinggi masing-masing. Sasaran utamanya tentu saja diharapkan menuju akreditasi unggul. Untuk mencapai sasaran tersebut, tidak mungkin dapat tercapai tanpa menerapkan teknologi digital didalamnya. Lebih jauh ia menegaskan, bahwa “teknologi digital atau ICT sudah merupakan suatu keharusan untuk diterapkan di perguruan tinggi masing-masing, sehingga bisa menghantarkan kita untuk bisa berakselerasi, berlari cepat untuk mencapai target-target yang telah kita tetapkan, sebagaimana yang telah dicapai oleh UNIKOM. Pada kesempatan inilah kita berkesempatan mengikuti paparan dari para narasumber terkait dengan bagaimana pemanfaatan teknologi itu dapat membantu kita dalam menghadapi proses akreditasi. Mudah-mudahan bisa membantu perguruan tinggi kita masing-masing untuk semakin baik ke depan”, demikian pungkasnya.

Pemaparan materi pertama disampaikan langsung oleh Ketua APTISI IV Jawa Barat, Prof. Dr. Ir. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom., IPU., ASEAN. Eng., yang membahas tentang acuan akreditasi nasional maupun internasional bagi perguruan tinggi. Selanjutnya ia pun menjelaskan bagaimana mengembangkan Strategi Internasionalisasi di PTS, dan Implementasi Kurikulum yang menunjang ketercapaian luaran PT berbasis Outcome-Based Education (OBE). Materi selanjutnya disampaikan oleh Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D., yang membahas bagaimana pemanfaatan teknologi dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan akreditasi, internasionalisasi, dan keunggulan kompetitif Perguruan Tinggi Swasta. Peserta yang terdiri atas para pimpinan PTS di Jawa Barat tersebut tampak antusias dalam sharing session yang dipandu dengan inter aktif oleh Direktur Collaboration and International Relations UNIKOM, Dr. Nina Kurnia Hikmawati, M.M., M.Kom., CITPM., selaku moderator.

Pada kesempatan tersebut, 3 narasumber dari HP berkesempatan memberikan Industry Overview mengenai HP, Poly, dan HyperX, yang membahas berbagai inovasi teknologi terbaru dan aplikasinya dalam dunia pendidikan. Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop yang dirancang untuk memberikan pengetahuan praktis tentang penerapan teknologi dalam proses akreditasi dan upaya internasionalisasi kampus, dengan dipandu oleh para pakar yang berpengalaman dalam implementasi teknologi di sektor pendidikan.

Rangkaian kegiatan diakhiri pemberian sertifikat bagi para narasumber dan moderator, pembagian door prize, serta foto bersama guna dokumentasi. Dengan dilaksanakannya rangkaian kegiatan seminar dan workshop tersebut,  diharapkan PTS di Jawa Barat dapat lebih siap dalam memanfaatkan teknologi untuk mencapai akreditasi yang lebih baik. (Direktorat Hms & Pro).