Berita

Tingkatkan Skills dalam Bekerja: “UNIKOM Lakukan Pelatihan Tenaga Kependidikan Bagi Karyawannya”

BANDUNG, UNIKOM – Lembaga pendidikan tidak terlepas dari peran tenaga kependidikan.Tenaga kependidikan harus memiliki dedikasi yang kuat dan memiliki Kualitas sebagai tenaga kependidikan karena dengan adanya tenaga kependidikan yang berkualitas maka dapat meningkat atau prestasi peserta didik serta dapat meningkatkan mutu pendidikan yang ada pada lembaga pendidikan tersebut.

Tenaga kependidikan dalam proses pendidikan memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan. Tenaga kependidikan (kepala sekolah, pengawas, tenaga perpustakaan, tenaga administrasi) bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelaksanaan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan.

Guna meningkatkan kualitas dan mutu tenaga kependidikan di Unikom melalui Dirtektorat Biro Administrasi Umum & Kerjasama telah menggelar “Pelatihan Tenaga Kependidikan bagi Karyawannya” Sabtu, (3/12/22) di Auditorium Lt.4. turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, ST., MT. Direktur Biro Administrasi Umum & Kerjasama Dr. Adeh Ratna Komala, SE., M.Si. dan para karyawan di lingkungan Unikom. serta Narasumber Rahmayanti, S.IP., M.Si dan Muslim Jayadi, SP, MBA, CPC Senior Trainer Maraqa Uttamadana.

Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, ST., MT. dalam sambutannya mengatakan “Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi karyawan Unikom serta menjadikan karyawan yang Unggul, selaras dengan Visi dan Misi Unikom serta Budaya Oraganisasi Unikom yakni PIQIE hal tersebut haruslah diimplementasikan oleh sivitas akademika Unikom terutama para tenaga kependidikan yang ada di Unikom.”ungkapnya

Muslim Jayadi, SP, MBA, CPC dalam paparannya memberikan tips mengenai Menjadi Pribadi Excellent Dalam Pelayanan diantaranya : 1.  Jadilah Proaktif, Memegang kendali dalam pelayanan bukan dikendalikan keadaan, Tidak menunggu sesuatu terjadi lalu bereaksi tetapi mengambil Tindakan terlebih dahulu, Tidak menunggu complain baru dilayani, tetapi lakukan pelayanan terbaik. 2. Jadilah Pendengar Yang Emphatic Listening – Mendengarkan untuk Memahami bukan (hanya) untuk merespon Empati Kemampuan menghadapi perasaan dan pikiran orang lain dalam hal ini yang kita layani, Keadaan mental mengidentifikasi diri pada keadaan/perasaan/pikiran  yang sama dengan orang atau kelompok lain. Simpati Rasa kasih; rasa setuju (kepada); kesudian; kecenderungan hati (kepada); Perasaan kebersamaan secara sosial hingga seseorang dapat merasakan perasaan orang lain. 3. Jadilah Solusi Jadilah Bagian Dari Solusi bukan jadi bagian masalah dari pihak yang Anda layani.

Rahmayanti, S.IP., M.Si Juga menjelaskan bahwa Korespondensi bisnis merupakan instrumen pengambilan keputusan dalam dunia bisnis. Korespondensi bisnis mencakup semua jenis catatan, menit, memo, surat serta surat elektronik dan pesan. Korespondensi tidak ada dalam ruang hampa juga tidak memiliki resep format yang kaku. Korespondensi memberikan catatan transaksi dalam bisnis dan industri yang dapat dirujuk dan diperiksa. Sedangkan Proses Penulisan terbagi menjadi 1) Analisis audiens Anda 2)  Analisis tujuan Anda 3) Kumpulkan informasi tentang subjek Anda 4) Pilih jenis dokumen- surat, email, memo 5) Buat draf dokumen • Format Dokumen 6) Revisi, edit, dan baca bukti dokumen.

Tenaga kependidikan merupakan profesi yang penting didalam dunia pendidikan. Tenaga kependidikan memiliki peran sangat penting, yaitu sebagai pelaksana, penyelenggara pendidikan agar terwujudnya keberhasilan dalam proses belajar dan mengajar sehingga dapat saling meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Keberhasilan pendidikan yang dilaksanakan disekolah sangat bergantung dari keberhasilan sekolah dalam memberdayakan tenaga kependidikan yang ada. (Direktorat Hms & Pro)