BANDUNG, UNIKOM - Karyawan atau tenaga kependidikan di universitas memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung kelancaran operasional dan peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, pentingnya mengasah kualitas baik dari segi hard skill, soft skill, maupun literasi digital adalah investasi strategis yang membawa manfaat jangka panjang bagi institusi pendidikan. Berikut beberapa alasan mengapa peningkatan kualitas ini sangat penting. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber daya manusia (SDM) salah satunya melalui workshop atau pelatihan yang dilakukan oleh UNIKOM.
Direktorat Administrasi Umum (DAU) Universitas Komputer Indonesia menggelar kegiatan workshop bagi seluruh tenaga kependidikan di lingkungan UNIKOM. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Februari 2025 di Auditorium Miracle Lantai 4 kampus 1 UNIKOM. Dengan menghadirkan narasumber ahli yaitu Direktur Administrasi Umum Assoc. Prof. Dr. Adeh Ratna Komala, S.E., M.Si., Ak., CA., Direktur Humas dan Protokoler Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., dan Ketua Divisi Humas dan Informasi Komunikasi Publik UNIKOM Arif Try Cahyadi, M.Ds., Acara ini bertujuan untuk membekali tenaga kependidikan dengan keterampilan komunikasi efektif, pelayanan prima, serta pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung pencapaian UNIKOM sebagai World Class University.
Sesi diskusi dipandu oleh Moderator Dicky Rizkyka Ramadan Siregar yang merupakan mahasisa Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) UNIKOM. Materi yang pertama dibawakan oleh Direktur Administrasi Umum, Assoc. Prof. Dr. Adeh Ratna Komala, SE., MSi., CERA, yang membahas tentang “Effective Communication & Excellent Service melalui Bahasa Tertulis (Surat)”. Dalam pemaparannya, beliau menekankan pentingnya keterampilan komunikasi dalam mendukung kelancaran administrasi dan pelayanan di lingkungan akademik.
Selanjutnya, Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., MSi., CICS, menyampaikan materi mengenai “Service Excellent Tingkatkan Skill Tenaga Kependidikan di UNIKOM”. Beliau menyoroti pentingnya standar pelayanan prima yang dapat meningkatkan kualitas interaksi dengan mahasiswa, dosen, dan seluruh stakeholder universitas. Terdapat beberapa point yang disampaikan diantaranya: 1). Upaya memberikan pelayanan yang baik melalui service excellence. 2). Tujuan Penerapan pelayanan yang unggul. 3). Enam Elemen Kunci Untuk Pelayanan Excellence. 4). Menghindari Keluhan Masa Depan. 5). Cara menciptakan service excellence.
Workshop semakin menarik dengan sesi ketiga yang dibawakan oleh Arif Try Cahyadi, M.Ds., yang merupakan dosen dari Program Studi Desain Komunikasi Visual. Dengan topik “Trik Cara Mudah Membuat Konten Videografi untuk Media Sosial Menggunakan Smartphone”, peserta diajak untuk memanfaatkan teknologi dalam mendukung promosi dan publikasi UNIKOM khususnya dan juga self branding di media sosial.
Setelah sesi tanya jawab yang interaktif, acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada para pemateri sebagai apresiasi atas kontribusi mereka dalam berbagi ilmu dan pengalaman. Workshop ini mendapatkan antusiasme tinggi dari peserta, yang terdiri dari tenaga kependidikan UNIKOM. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, UNIKOM semakin siap dalam menghadapi tantangan global dan terus berkembang menuju universitas kelas dunia. (Direktorat Hms & Pro)