Berita

Tim UPA MKWK Unikom Laksanakan Lokakarya Dalam Rangka Menyusun Rancangan Rps MKWK Berbasis Proyek

BANDUNG, UNIKOM – Dalam rangka pembaharuan dan penyempurnaan Rencana Pembelajaran Semester untuk Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) berupa dokumen resmi yang disusun oleh Tim Dosen MKWK untuk merencanakan kegiatan pembelajaran selama satu semester dalam mata kuliah yang termasuk dalam kurikulum wajib, Unit Pelaksana Akademik (UPA) MKWK UNIKOM kembali menyelenggarakan Lokakarya Rancangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) MKWK Berbasis Proyek, pada Selasa, 24 September 2024.

Bertempat di Ruang 10.010 Lantai 10 Smart Building UNIKOM, rangkaian kegiatan dibuka oleh Direktur Pengembangan Akademik & Sumber Data Pembelajaran (PASDP), Assoc. Prof. Dr. Isniar Budiarti, SE.,M.Si., dilanjutkan pengarahan Ketua Divisi Kurikulum, Assoc. Prof. Dr. Sri Dewi Anggadini, S.E., M.Si., Ak., CA., yang juga bertindak selaku Tim UPA MKWK UNIKOM. Adapun agenda utama dalam Lokakarya tersebut adalah menyusun Rancangan RPS MKWK Berbasis Proyek dengan mengundang perwakilan dari dunia industri, yaitu Bapak Raden Rismand Jati Kusumayudha dari BUMD PT Perseroan Kepariwisataan, selaku nara sumber.

Dalam paparan materinya, Raden menyampaikan bahwa materi dan keterampilan yang diajarkan kepada mahasiswa harus relevan atau disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan industri terkini. Salah satunya adalah mampu mengaplikasikan etika profesional dalam dunia kerja, memiliki kompetensi dalam berkomunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar, menunjukkan tanggungjawab sosial sebagai warga negara, serta mampu berkolaborasi untuk manghasilkan solusi yang inovatif dalam berbagai permasalahan yang ditemui di lingkungan pekerjaan maupun masyarakat luas.

Usai pemaparan materi, agenda kegiatan dilanjutkan sesi diskusi yang diikuti para peserta dengan antusias. Adapun kegiatan lokakarya tersebut merupakan tindak lanjut dari Lokakarya Pengelolaan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Kurikulum yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 20 September 2024 yang lalu. Dalam kesempatan tersebut, peserta lokakarya yang terdiri atas Tim Dosen Koordinator MKWK dan Dosen Pengampu MKWK, memberikan usulan beberapa alternatif Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) masing-masing MKWK dalam RPS, dimana terangkum dalam 5 poin yang akan dipertimbangkan untuk penetapan CPMK. Selain itu juga terdapat beberapa usulan proyek untuk Sub CPMK. Dimana terdapat 8 poin yang diusulkan untuk menjadi bahan pertimbangan Tim UPA MKWK dalam rancangan RPS yang akan diberlakukan di UNIKOM.

Tim UPA MKWK UNIKOM berharap, setelah diskusi ini selesai dapat ditindaklanjuti dengan penyusunan RPS secara maksimal yang dapat diimplementasikan di lingkungan Universitas Komputer Indonesia, yang dapat berfungsi sebagai panduan bagi dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, khususnya dalam Mata Kuliah Wajib Kurikulum, antara lain, Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Pancasila, dan Agama. (Direktorat Hms & Pro).