BANDUNG, UNIKOM – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kewajiban yang harus terus dilaksanakan oleh setiap dosen karena merupakan salah satu dari Tridharma Perguruan Tinggi. Pada tahun 2023 ini, Tim Pengusul PKM Internal UNIKOM yang terdiri atas Syahrul Mauluddin, S.Kom, M.Kom dari Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UNIKOM, beserta Muhamad Nawawi, S.Kom, M.Kom dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Wanita Internasional, melaksanakan PKM bersama berupa Penerapan Aplikasi Sistem Penjadwalan Kuliah di Program Studi Teknik Arsitektur FTIK Universitas Komputer Indonesia.
Kegiatan PKM tersebut dilatarbelakangi bahwa proses penjadwalan kuliah di Program Studi Teknik Arsitektur masih menggunakan cara konvensional yakni menggunakan aplikasi excel. Sementara dokumen penjadwalan yang harus dibuat cukup banyak, yang terdiri atas dokumen Jadwal Kuliah, Berita Acara Tridharma Perguruan Tinggi, Tugas Tridharma Perguruan Tinggi, Laporan Penggunaan Ruang dan Aktivitas Kantor. Cara konvensional yang selama ini dilakukan dalam proses pengetikan, pengecekan bentrok jadwal dan pengecekan akurasi data pada semua dokumen tersebut harus dilakukan satu persatu sehingga proses pembuatan jadwal memerlukan waktu yang lama. Oleh sebab itu diperlukan penyempurnaan Sistem Penjadwalan Kuliah dengan menggunakan aplikasi yang terintegrasi.
Adapun target PKM tersebut yaitu aplikasi Sistem Penjadwalan Kuliah dapat diterapkan pada penjadwalan kuliah semester ganjil Tahun Akademik 2023/2024. Untuk kelancaran penerapan aplikasi tersebut, pada tanggal 22 Juni 2023 telah diadakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sistem Penjadwalan Kuliah bagi Sekretariat Program Studi Teknik Arsitektur FTIK UNIKOM, yang kemudian dilanjutkan dengan proses pendampingan sampai tanggal 14 September 2023.
Ketua PKM Syahrul Mauluddin, S.Kom, M.Kom menyatakan “Program Studi Teknik Arsitektur memiliki model penjadwalan kuliah yang berbeda yakni adanya jadwal pada satu kelas, ruang dan jam yang sama akan tetapi diajar oleh banyak dosen, sehingga aplikasi harus melalui proses pengembangan terlebih dahulu. Alhamdulillah akhirnya aplikasi sistem penjadwalan kuliah berhasil diterapkan di Program Studi Teknik Arsitektur untuk penjadwalan kuliah Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024”, ujarnya.
Lebih lanjut Syahrul mengungkapkan, keuntungan menggunakan aplikasi sistem penjadwalan kuliah ini yaitu sekretariat tidak akan lagi disibukkan untuk membuat dan mengecek kesesuaian data jadwal pada dokumen Jadwal Kuliah, dan dokumen terkait lainnya. Jika ada revisi jadwal, sekretariat cukup input data yang direvisi dan semua dokumen tersebut akan ikut berubah, data jadwal sudah otomatis diurutkan berdasarkan hari dan jam dan siap untuk dicetak kembali.
Pada kesempatan tersebut, Syahrul tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada DP2M yang telah memberikan dukungan berupa dana hibah PKM internal 2023, juga kepada Ketua Program Studi Manajemen Informatika, Citra Noviyasari, S.Si, M.T., Ketua Program Studi Teknik Arsitektur Dr. Salmon Priaji Martana, S.T., M.T., dan Anggota Pelaksana Rangga Sidik, S.Kom, M.Kom., Neri Fajarwati, S.I.P dan yang lainnya yang telah mendukung kegiatan PKM tersebut. Ia berharap, “dengan digunakannya aplikasi sistem penjadwalan kuliah tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kinerja sekretariat prodi Teknik Arsitektur, khususnya dalam proses penjadwalan kuliah yang menjadi lebih efektif dan efisien’, demikian pungkasnya. (Direktorat Hms & Pro).