Berita

Sidang Terbuka Senat Universitas Komputer Indonesia Berkenaan dengan Wisuda Ke-39, Pengukuhan Guru Besar, dan Syukuran Akreditasi Unggul UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Lulus dari Perguruan Tinggi adalah hal paling dinanti dan membahagiakan bagi para mahasiswa dan orangtua. Usai berjibaku dengan sejumlah permasalahan selama perkuliahan, rangkaian fase pengerjaan proposal penelitian, sampai ke sidang skripsi. Akhirnya para mahasiswa disambut dengan penuh sukacita, merayakan prosesi wisuda bersama orang-orang dan keluarga tercinta.

Sebagai suatu aktivitas sakral dalam suatu pendidikan tinggi, wisuda menjadi momen berharga untuk para mahasiswa, juga orangtua dan keluarga akan ikut merasa bangga dan gembira atas selesainya masa studi putra/i, saudara atau yang dikasihinya.

Sabtu, 10 Juni 2023 Universitas Komputer Indonesia telah menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat UNIKOM berkenaan dengan Pelepasan Wisudawan/ti ke-39 Magister, Sarjana, dan Diploma Semester Ganjil TA 2022-2023. Berbeda dengan pelaksanaan Wisuda di tahun-tahun sebelumnya, pada wisuda ke-39 tersebut dilaksanakan pula Syukuran atas tercapainya akreditasi unggul UNIKOM, serta Pengukuhan Guru Besar UNIKOM yang ke tiga, Prof. Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si., oleh Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., didampingi Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU.

Bertempat di Convention Hall Hotel Harris Citylink Bandung, hajat besar UNIKOM dalam menggelar 3 peristiwa istimewa tersebut berlangsung tertib dan khidmad. Selain dihadiri para wisudawan/ti beserta orangtua dan keluarga, perhelatan wisuda kali ini dihadiri pula keluarga dari Profesor Lia, dan sejumlah undangan, juga media.

Suasana sakral sudah terasa sejak barisan Senat UNIKOM memasuki ruang upacara, diiringi hymne UNIKOM. Para hadirin mengikuti pidato pelepasan wisudawan/ti yang disampaikan Rektor UNIKOM dengan khidmad. Sesekali terdengar tepuk tangan dan sambutan meriah saat Rektor menyampaikan berbagai prestasi yang telah dicapai UNIKOM dalam usianya yang memasuki tahun ke 23 saat ini. Terlebih dengan pencapaian akreditasi unggul untuk UNIKOM yang begitu membahagiakan sekaligus membanggakan bagi seluruh sivitas akademika UNIKOM.

Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM, Dr. Desayu Eka Surya, M.Si., CICS. selaku Penanggungjawab sekaligus Ketua Pelaksana Sidang Terbuka Senat UNIKOM dalam rangka Syukuran Akreditasi Unggul UNIKOM, Pelantikan Wisudawan/ti Semester Ganjil TA 2022-2023, dan Pengukuhan Guru Besar UNIKOM melaporkan terdapat sejumlah 374 wisudawan, yang terdiri atas 1 wisudawati dengan predikat Summa Cumlaude, 1 wisudawati Magna Cumlaude, 28 wisudawan/ti Cumlaude, dan 344 wisudawan/ti dengan predikat Memuaskan dan Sangat Memuaskan. Dr. Desayu menyatakan rasa bangga dan bahagia, juga mengucapkan selamat kepada orang tua, wisudawan/ti, dan selamat berkompetisi di kehidupan bermasyarakat. The Triump can’t be had Without the Struggle… Kemenangan tidak bisa diraih tanpa perjuangan. Dr. Desayu berharap suatu saat nanti para wisudawan/ti senantiasa mampu menjunjung tinggi dan mengharumkan nama almamater tercinta Universitas Komputer Indonesia, dan menjadi barisan/garda terdepan dalam membela kebenaran, menegakkan keadilan, dan peduli pada sesama. If You never try, You will never know. Jika anda tidak pernah mencoba, anda tidak akan pernah tahu”, ujarnya.

Pada pidato pelepasan wisudawan, Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto M.T., memaparkan di dalam menghadapi ancaman dari AI, robotika, dan otomatisasi maka Perguruan Tinggi perlu merumuskan perubahan kurikulum dan kebijakan untuk merespon dan memanfaatkan disruptive yang disebabkan oleh AI. Pendidikan tinggi perlu adaptif dan berkembang terus menerus. Pendidikan tinggi akan dipengaruhi oleh AI dalam banyak hal terutama dalam hal kurikulum. Lebih lanjut Prof. Eddy mengemukakan bahwa kebijakan pengembangan kurikulum yang tertuang dalam Perpres Nomor 8 tahun 2012 merupakan dasar kreativitas redesain kurikulum dalam menghadapi era AI. “Pokok-pokok dari redesain kurikulum adalah membuat pembelajaran menjadi lebih praktis dan aplikatif. Jadi kebangkitan AI perlu disikapi dengan optimis dan semangat untuk terus meng-upgrade diri”, demikian tutur Prof. Eddy.

Prof. Eddy mengungkapkan sudah selayaknya seluruh sivitas akademika UNIKOM berbangga, karena UNIKOM adalah Perguruan Tinggi dengan akreditasi unggul berusia Muda (23 thn) dengan Prestasi Dunia (90++) dan World Class University (Rank 808 SCImago Institusions Ranking 2022) serta selalu berada pada TOP 100 PT Indonesia 2019-2023 (UniRank 4ICU & Webometrics)”. Pada akhir pidatonya, Prof. Eddy mengajak seluruh hadirin untuk meneriakkan yel pembangkit semangat “UNIKOM – Unggul, Unggul, Unggul”. Prof Eddy berpesan jJadilah saudara sebagai wisudawan/ti dengan pribadi yang unggul secara intelektual, anggun secara moral, kompeten menguasai IPTEK, berjiwa sosial dan memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia”, pungkasnya.

Dalam wawancara terpisah, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU, menyampaikan wisuda merupakan momen tasyakuran yang ditunggu-tunggu sekaligus membanggakan para mahasiswa, orangtua, dan keluarga. Dr. Samsuri berharap, momen wisuda tersebut dapat dinikmati sebagai suatu kebahagiaan. Tetapi yang lebih penting lagi adalah pasca wisuda semua lulusan harus mempersiapkan diri dari sekarang. “Jangan terlalu eforia, tetapi siapkan diri untuk masuk dalam kampus kehidupan sesungguhnya”, demikian pesannya.

Wisuda sebagai seremoni pengukuhan gelar kesarjanaan membawa makna luhur untuk diambil hikmahnya, yakni penyadaran bahwa para wisudawan/ti telah selesai menempuh studi sesuai bidang keahliannya dan tantangan bahwa para wisudawan/ti selanjutnya mulai mengabdikan dirinya dengan mengimplementasikan ilmunya untuk masyarakat. 

Pada akhirnya, moment wisuda sudah selayaknya diletakkan dalam starting point pembuktian kehidupan seorang sarjana. Wisuda bukan semata akhir penempuhan studi, melainkan sebagai tonggak awal kehidupan yang penuh tantangan. (Direktorat Hms & Pro).