Berita

Seremonial Pelepasan Mahasiswa Inbound Perguruan Tinggi Mitra dan Penerimaan Mahasiswa Outbond Unikom Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 4) Semester Genap TA 2023/2024: “Festival Budaya Seni Wiwitan Nusantara”

BANDUNG, UNIKOM – Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di seluruh Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dimana program pertukaran mahasiswa ini dilakukan dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) dalam koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang berorientasi memberikan pengalaman kebhinekaan melalui keikutsertaan dalam berbagai kegiatan Modul Nusantara untuk memberikan pengalaman belajar di PT Penerima, serta memupuk semangat persatuan dan nasionalisme Indonesia.


PT yang mengirim mahasiswa program PMM melakukan pengakuan satuan kredit semester (SKS) atas semua mata kuliah yang diambil di PT Penerima. Sementara, mahasiswa Program PMM dapat mengambil hingga 16 (enam belas) SKS mata kuliah umum dan 4 (empat) SKS Modul Nusantara di PT Penerima.


Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (PASDP) UNIKOM telah menyelenggarakan Seremonial Penutupan Pelepasan Mahasiswa Inbound Perguruan Tinggi Mitra dan Penerimaan Mahasiswa Outbound UNIKOM PMM Batch 4 Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024, yang digelar secara hybrid, pada Rabu, 7 Agustus 2024.
Bertempat di Auditorium Lantai 17 Smart Building UNIKOM, rangkaian kegiatan diawali dengan pembacaan doa oleh Dr. H. Tatang Supriyadi, S.E., M.M., dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UNIKOM yang diikuti oleh seluruh peserta, baik yang hadir secara langsung, maupun yang bergabung secara daring melalui zoom, dengan penuh khidmat.


Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar, Asri Aldila Putri, S.Sos., M.SI., dalam sambutannya menyampaikan, program PMM dilaksanakan dalam rangka memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar di perguruan tinggi lain untuk mendapatkan pengalaman merdeka belajar dengan mengikuti kegiatan perkuliahan akademik sekaligus memperkenalkan kebhinekaan Indonesia. Lebih jauh ia menyatakan, “Melalui program PMM kami mendorong sebuah langkah besar transformasi pendidikan. Perguruan Tinggi tidak hanya menjadi tempat belajar, tetapi juga menjadi tempat pertemuan, dimana bahasa, budaya, dan tradisi dari seluruh penjuru negeri berpadu dan mengasah rasa cinta tanah air, bangga pada budaya, dan meningkatkan nasionalisme bangsa Indonesia”, demikian tuturnya.
Sementara itu, Direktur PASDP UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Isniar Budiarti, S.E., M.M., selaku Koordinator PMM Batch 4 Semester Genap TA 2023/2024, melaporkan, Program PMM didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Pada Semester Genap TA 2023/2024, UNIKOM mengikuti program PMM sebagai Universitas Pengirim sekaligus sebagai Penerima. Dimana mahasiswa yang berminat untuk kuliah di UNIKOM Semester Genap ini sebanyak 85 mahasiswa dari 41 Perguruan Tinggi, yang terdiri dari 16 PTN dan 21 PTS dari 20 Program Studi yang berasal dari pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku, dan Papua. Sedangkan mahasiswa UNIKOM yang terpilih sebagai mahasiswa Outbound sebanyak 15 mahasiswa dari 7 Program Studi, yang diberangkatkan menuju 12 Perguruan Tinggi, yang terdiri atas 7 PTN dan 5 PTS di pulau Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan Bali.


Pada akhir laporannya, Dr. Isniar tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir, juga kepada Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek, Kepala PMM dan Kampus Mengajar, Rektor UNIKOM, Wakil rektor UNIKOM, PIC PMM, para Ketua Program Studi dan Dosen MK, Dosen MN dan LO, Tim PMM, Tim Protokoler, UTV, Manajemen Gedung, Infranet, AP2SC, Perpustakaan, PDTSI, serta seluruh pihak yang turut membantu kelancaran program PMM Batch 4 UNIKOM hingga terselesaikan dengan baik. Ia berharap, melalui program pertukaran tersebut, setiap peserta PMM Batch 4 dapat membawa pulang kenangan positif, serta dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari program PMM tersebut. Serta bisa menerapkannya di daerah asal masing-masing. “Semoga silaturahmi tetap terjaga, karena dengan silaturahmi, maka semakin banyak rezeki yang diberikan Allah pada kita”, demikian pungkasnya.


Agenda acara dilanjutkan parade mahasiswa inbound dan outbound, disambung dengan penayangan video profil mahasiswa yang telah melaksanakan program PMM Batch 4 Semester Genap TA 2023/2024. Kesan dan pesan perwakilan PMM Batch 4 Outbond, disampaikan oleh Karel Rizky Trigantara, sementara pesan dan kesan mahasiswa inbound disampaikan oleh Joko Suprianto.


Pengalaman mahasiswa program PMM belajar di luar kampus, menyatakan mahasiswa program PMM mendapatkan peningkatan kompetensi dan pengalaman belajar. Hal ini diukur dengan indikator jumlah yang diakui/disetarakan dengan pembelajaran 20 (dua puluh) sks. Peningkatan kompetensi meliputi akademis baik di luar program studi maupun yang sesuai dengan program studi PT Pengirim. Peningkatan kompetensi yang diharapkan antara lain kemampuan beradaptasi, mengaplikasikan pembelajaran berbasis teknologi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah melalui kerja sama tim, kemampuan mengelola waktu, wawasan kebangsaan, wawasan terkait kebudayaan lain di Indonesia, toleransi dan solidaritas keberagaman, serta sikap kontribusi sosial.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada para PIC, Direktur, Kepala Divisi dan UPT, Kaprodi, Dosen MN, LO, Tim PTDSI, dan Tim Protokoler, Tim PMM, dan Sekretariat PASDP UNIKOM, disambung dengan persembahan tarian dan teater dari mahasiswa inbound, dan ditutup dengan foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro).