Berita

Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip UNIKOM Lakukan Studi Banding ke PT. MNC Televisi Network (iNEWS)

BANDUNG, UNIKOM – Sejumlah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unikom berkesempatan mengikuti kegiatan Media Company Visit ke PT. MNC Televisi Network (iNews) yang beralamat di Jl. Menteng Raya No. 28 Kebun Sirih, Jakarta Pusat.

Manajer Produksi PT. MNC Televisi Network (iNews), Irfan Fadli,  dalam sambutannya menyatakan bahwa di era digital seperti saat ini, MNC grup harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap informasi yang berkualitas, sesuai dengan visi MNC grup menjadi televisi nasional dengan konsep lokal berjaringan yang menayangkan program-program referensi, memberikan informasi dan inspirasi yang kaya akan ragam konten lokal, nasional mupun internasional. Irfan menyatakan bahwa telah terjadi perubahan kebiasaan khalayak dalam mengisi waktu luang. Generasi muda tidak lagi menonton televisi, tetapi lebih memilih media sosial untuk mencari informasi dan hiburan. “Untuk menyikapi kecenderungan turunnya pemasang iklan di televisi, mau tak mau televisi harus memanfaatkan media sosial untuk mempertahankan penonton setianya dan menjangkau pengguna media sosial agar menonton berita televisi”, tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, para mahasiswa mendapat pencerahan dari News Production Manager iNews TV, yang juga seorang jurnalis senior, Khoiri Akhmadi. Dalam paparannya Khoiri menyampaikan pengalamannya dalam berkarir sebagai jurnalis dan memberikan tips-nya kepada mahasiswa agar jangan menyia-nyiakan kesempatan di dalam meraih peluang yang besar untuk berkarir di media. “Jadikan semua pengalaman magang dan tugas perkuliahan sebagai portofolio, untuk dapat bekerja di media massa”, pungkasnya.

Kegiatan yang bertemakan “Rise of New Media In The Digital Era 4.0” ini diikuti oleh 43 orang mahasiswa didampingi oleh dosen mata kuliah terkait antara lain Safutra Rantona, M.I.Kom, Dr. Ir. Yuni Mogot, M.Si., CPR., dan Yasundari, S.I.Kom., M.I.Kom. Rantona menyatakan kegiatan Media Company Visit ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi sebagai calon-calon praktisi komunikasi di  masa depan bisa mendapatkan gambaran yang lebih nyata mengenai kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja serta mahasiswa lebih memahami bentuk-bentuk perkembangan teknologi komunikasi yang dijalankan oleh perusahaan media dewasa ini. Grup MNC memiliki empat stasiun televisi terkemuka yaitu iNews, RCTI, MNC dan Global TV. “Melalui studi lapangan ke MNC grup, tentunya mahasiswa dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuannya serta mendapatkan pengalaman yang bermanfaat dari empat stasiun televisi di bawah bendera grup MNC ini”, ujarnya. 

Di akhir kunjungan, rombongan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unikom mengikuti office tour dengan melihat secara langsung proses produksi berita di beberapa studio televisi. Beberapa mahasiswa berkesempatan mempraktekkan langsung menjadi presenter berita bersama seorang senior news anchor iNews di studio saat jeda iklan. Harapan dari kegiatan ini, semoga kegiatan serupa dapat menjadi agenda rutin prodi, agar mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuannya tentang dunia kerja di media massa sesungguhnya. (Direktorat Hms & Pro)