Berita

Prodi Manajemen dan Manajemen Pemasaran Laksanakan Pengabdian Nasional dan Collaborative Learning

BANDUNG, UNIKOM – Rabu, 10 Januari 2024, bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Garut (UNIGA), Civitas Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia (FEB UNIKOM) melakukan kegiatan pengabdian nasional dan Collaborative Learning, dengan mengusung tema “"Ekspedisi Inovasi Digital: Mengembangkan UMKM Berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG)."

Kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa Program Studi S1 Manajemen dan D3 Manajemen Pemasaran angkatan tahun 2022 dari UNIKOM yang berkolaborasi dengan Sivitas Akademika Fakultas Ekonomi UNIGA dan UMKM di Kabupaten Garut serta industri berskala nasional. Kegiatan Collaborative Learning ini dilakukan dengan tujuan untuk menjalin kerjasama, serta mendukung pengembangan inovasi di bidang Ekonomi dan Bisnis sebagai pelaksanaan dari MoU yang telah ditandatangani UNIKOM dengan UNIGA pada tanggal 5 Januari 2024.

Pengabdian Nasional dan Collaborative Learning ini diketuai oleh Dr. Senny Luckyardi, S.P., M.M., dan Bapak Hadi Purnomo, S.E., M.M., selaku wakil ketua pelaksana; Dr. Linna Ismawati, SE., M.Si., selaku Ketua Program Studi S1 Manajemen, dan Dr. Lita Wulantika, S.E., M.Si., selaku Ketua Program Studi D3 Manajemen Pemasaran juga turut aktif dalam sesi tersebut.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati, S.E., M.Si., Ak. CA., memberikan sambutan dan menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini sebagai bentuk sinergi antara dua institusi. Beliau juga menekankan pentingnya kolaborasi dalam menghadapi tantangan ekonomi dan bisnis yang semakin kompleks. Turut hadir pada kegiatan tersebut, antara lain para pejabat Fakultas ekonomi UNIGA, diantaranya Dekan UNIGA Dr Wati Susilawati, SE., MSi, Wakil Dekan Dida Farida LH., SE., MSi, Ak CA, Kaprodi Bisnis Digital Dini Turipanam Alamanda, STp., M.S.M dan sejumlah dosen FEKON UNIGA turut serta dalam kegiatan ini.

Sesi sharing session tentang pengembangan UMKM Berbasis ESG diisi dengan presentasi yang menarik dari narasumber yang kompeten di bidangnya, sesi fotografi dan pembuatan konten digital untuk membantu promosi UMKM. Pengakuan konten digital sebagai salah satu karya mahasiswa UNIKOM datang dari kalangan industri yaitu Jaket Kulit ASTIGA, Nasi liwet instan, Desa Wisata Ciburial, Chocodot, Cokusi dan Akar wangi Zoca Kriya yang diharapkan bisa menjembatani akademisi dengan industri sehingga karya-karya mahasiswa akan lebih applicable. Testimoni dari UMKM yang telah sukses mengimplementasikan program pengembangan UMKM Berbasis ESG juga menjadi inspirasi bagi para peserta. Output dari kegiatan ini adalah konten digital dan paper hasil riset pemasaran untuk membantu UMKM mengembangkan usahanya. Acara ini dihadiri oleh sejumlah dosen dan sekretariat program studi dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) dan Universitas Garut (UNIGA), menunjukkan dukungan penuh terhadap terwujudnya kolaborasi yang lebih erat di masa depan. Semangat kebersamaan terlihat selama acara berlangsung, menciptakan atmosfer yang kondusif untuk pertukaran ide dan pengalaman antara UNIKOM dan UNIGA. (Direktorat Hms & Pro)