Berita

Prodi IHI Unikom Gelar The Diplomat Talk: Dubes LBBP RI untuk Korea Utara

BANDUNG, UNIKOM -- Bertempat di Ruang L.18 Smart Building Unikom, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UNIKOM menggelar Kuliah Umum yang bertajuk “Catatan Dari Mancanegara dan Tantangan Generasi Muda Masa Depan Oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara) Bapak. Berlian Napitupulu pada Jumat (06/12/2019).

Dekan FISIP UNIKOM, Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs.,MA, dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Kuliah Umum ini dengan harapan mahasiswa-mahasiswi prodi IHI UNIKOM semakin semangat dalam belajar dan meningkatkan prestasi. “Galilah potensi dan pengetahuan melalui kesempatan ini, dimana informasi dan ilmu yang didapat hari ini dapat menjadi motivasi agar mengasah kemampuan serta minat mahasiswa.” ujar Samugyo.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Hubungan Internasional (IHI) UNIKOM, Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP., M.Si., melalui sambutannya menyampaikan “Kegiatan kuliah ini merupakan bagian dari program kerja Prodi IHI UNIKOM ” The Diplomat Talk” yang dilakukan setiap semesternya, dengan mengundang para pakar dan praktisi dalam bidang diplomasi untuk memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa mahasiswi Prodi IHI UNIKOM dalam mengasah kemampuan, menambah pengalaman dan wawasan mereka yang merupakan calon diplomat masa depan.” ujar Dewi. Lebih lanjut  Dewi menjelaskan bahwa kegiatan sebelumnya pun Prodi IHI UNIKOM mengundang Duta Besar RI untuk Laos, Dubes R.P Pratito Soeharyo, untuk memberikan kuliah umum di Unikom.

Melengkapi kegiatan, turut hadir dalam kesempatan ini Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Unikom Prof. Dr. Hj. Aelina Surya Dra, Direktur Kemahasiswaan UNIKOM Andrias Darmayadi, Ph.D., Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom, Dr. Rismawati, S.Sos., M.Si., Dosen Prodi IHI UNIKOM, Sylvia Octa Putri, M.I.Pol dan Staf Sekretariat Prodi IHI Dwi Endah Susanti, SE., para tamu undangan dan ±130 mahasiswa/I Prodi IHI Unikom.

Memasuki agenda inti, Dubes Berlian Napitupulu berkesempatan memberikan Kuliah Umum yang menceritakan pengalamannya selama bertugas menjadi diplomat di berbagai negara seperti Kanada, Korea Selatan, Kuba dan Korea Utara. Berlian mengatakan “seorang diplomat tidak hanya pandai bernegosiasi namun juga harus mampu mempromosikan Indonesia di negara luar, seorang Duta Besar juga mengemban tugas ekonomi. Tentulah keberhasilan diplomasi ekonomi bukan hanya ditangan diplomat semata tetapi juga ditangan seluruh masyarakat Indonesia.” tutur Dubes Berlian.

Partisipasi aktif ditunjukan para mahasiswa, hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang antusias mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Selan itu, melalui kesempatan ini pun Dubes Berlian mengajak mahasiswa untuk proaktif dan berkotribusi dalam mempromosikan Indonesia ke dunia internasional, salah satunya melalui storynomics. Agenda ditutup dengan penyerahan cinderamata oleh Kaprodi IHI UNIKOM dan Dekan FISIP UNIKOM kepada Dubes Berlian serta foto bersama dengan seluruh civitas akademika Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom. (Diolah dari berbagai sumber - Direktorat Hms & Pro)