BERITA

PKM Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom: Membangun Kepercayaan Diri para Siswa di Lingkungan SMAS Swadaya Bandung

Selasa, 03 September 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Wujud nyata salah satu aspek Tridharma Perguruan Tinggi direalisasikan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi (IK) Unikom melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Swadaya Bandung, Jalan Terusan Pasirkoja No.181, Jamika, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (24/8/2019), dikemas dalam bentuk "Workshop Public Speaking and Publc Writing" dengan berbagai pelatihan yang diberikan di dalamnya.

Selain dihadiri Ketua Prodi IK Unikom, Dr. Rismawaty, M.Si, dan Sekretaris Prodi IK Unikom, Olih Solihin, S.Sos.,M.I.Kom, sejumlah dosen Prodi IK Unikom pun turut berpartisipasi diantaranya, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, Dr. Eddy Syarif, M.Si, Dr. Ir. Yuni Mogot, H. Yudi Irfan Daniel, S.Sos.I., M.Ag, Hj. Tina Rakhmatin Sabariah, M.I.Kom, dan Inggar Prayoga, M.I.Kom.

Menurut Dr. Ir. Yuni Mogot selaku Ketua Pelaksana, workshop kali ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi Calon Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAS Swadaya Bandung. Mengenai materi yang disampaikan, yakni Public Speaking dijelaskan langsung oleh Ibu Yuni dan beberapa Tim Dosen lainnya, sedangkan materi Public Writing disampaikan oleh Sekretaris Prodi IK Unikom, Bapak Olih.

Melalui kegiatan ini, Yuni berharap PKM yang diwujudkan Prodi IK Unikom dapat memperluas wawasan para siswa/I SMAS Swadaya Bandung khususnya sebagai calon pengurus OSIS mengenai teknik-teknik dasar berbicara di depan umum dan cara menulis di media massa. “…dengan mengikuti kegiatan praktikum dalam workshop ini, peserta pun berlatih untuk mengimplementasikan materi yang telah kami sampaikan sehingga harapannya mereka dapat tampil percaya diri dan kompeten saat berbicara di hadapan umum dan menulis untuk media massa,” tuturnya.

Sementara bagi para dosen yang terlibat, secara tidak langsung telah memberikan partisipasi dan kontribusi positif dalam upaya menciptakan generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kompeten di berbagai keterampilan demi mencerdaskan bangsa. Tentunya, manfaat pun turut dirasakan para dosen Prodi IK Unikom karena dapat mengetahui kondisi riil anak didik di Kota Bandung melalui gambaran yang ada di SMAS Swadaya Bandung. “…dari kegiatan ini cukup membuka mata bahwa masih banyak siswa/i yg berasal dari keluarga ekonomi lemah namun punya semangat tinggi untuk meningkatkan kompetensi, sehingga hal ini pun harus dimanfaatkan untuk memberikan apa yang kami miliki yakni dengan mengamalkan ilmu kepada masyarakat yang membutuhkan,” pungkas Yuni. (Direktorat Hms & Pro)

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019
Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019