Berita

PKM P3P (Penerapan, Pelatihan, Pendampingan) Melalui Inovasi Teknologi Digital Marketplace Aplikasi Dapur Online (DO) Bagi Pedagang Warung Nasi

BANDUNG, UNIKOM - Kegiatan  PKM P3P (Penerapan, Pelatihan, Pendampingan) Melalui Inovasi Teknologi Digital Marketplace Aplikasi Dapur Online (Do) Bagi Pedagang Warung Nasi ini adalah kegiatan yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Riset, Dan Teknologi. Dengan  tujuan menerapkan teknologi aplikasi kepada masyarakat dan pedagang warung nasi.

Aplikasi ini dinamakan dengan nama Aplikasi Dapur Online. Dimana aplikasi terdiri dari pembuatan akun, pembuatan login, pemesanan, mengelola paket, mengelola etalase, mengelola produk, mengelola pembayaran, mengelola pengiriman, mengelola pengeluaran serta mengeloa pembuatan laporan. Selain itu, tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah mempermudah dalam pengelolaan penjualan produk oleh pedagang warung nasi kepada konsumen.

Dengan adanya teknologi ini maka membantu pedagang warung/nasi dalam pengolahan data penjualan, bahan baku serta laporan dan membantu masyarakat dalam melakukan pemesanan, pembayaran secara online. Adanya aplikasi ini juga membantu dalam meningkatkan penjualan pedagang dan meningkatkan pengetahuan penggunaan teknologi kepada warung nasi dan masyarakat.

Kegiatan Pengabdian Ini Diketuai Oleh Andri Sahata Sitanggang S.Kom M.Kom Dari Sistem Informasi Yang Beranggotakan R fenny Syariani S.SI M. Stat dari Prodi Sistem Informasi  Febilita Wulan Sari S.H., M.H dari prodi Ilmu Hukum. Baik kegiatan penyuluhan dan pelatihan diadakan langsung melalui pada  hari Sabtu 1 Oktober pada pukul 14.00-21.00. Peserta yang hadir sebanyak 2 orang. Sedangkan kegiatan pelatihan juga diberikan kepada masyarakat sebagai sebagai konsumen dengan jumlah 19 orang 

Tim pelaksana pengabdian UNIKOM dan Pedagang Warung Nasi Purbalinga pada Sabtu dan Minggu, 1 dan 3 Oktober 2021 Output/Tujuan Kegiatan. Memberikan alternatif penjualan dan pemasaran bagi pedagang warung nasi dalam meningkatkan pengetahuan akan teknologi/aplikasi, membantu pengelolaan transaksi baik penjualan, pengeloaan bahan baku, pendapatan serta pembuatan laporan. Sedangkan untuk masyarakat adalah memperkenalkan bahwa dengan adanya aplikasi dapat berperan penting dalam memajukan UMKM yang ada di kota Bandung. (Direktorat Hms & Pro)