Berita

Perpustakaan Unikom Kembali Lahirkan Duta Baca Unikom Tahun 2024-2025

BANDUNG, UNIKOM – Jihan Salsabila dan Juli Arsi Sabrina, keduanya mahasiswa Program Studi Informatika Fakultas Teknik & Ilmu Komputer (FTIK) UNIKOM dinobatkan sebagai pemenang ajang Duta Baca UNIKOM 2024-2025 berdasarkan Surat Keputusan Wakil Rektor I Bidang Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNIKOM Nomor: 095/SK/WR-1/UNIKOM/IX/2024, setelah mengikuti rangkaian tahapan seleksi yang berlangsung sejak awal Februari 2024 sampai dengan penghujung bulan Agustus 2024, dengan menyisihkan sejumlah peserta dari berbagai program studi lainnya di lingkungan UNIKOM. Adapun seleksi dilakukan melalui tes tertulis, wawancara, dilanjutkan kegiatan  pembinaan 1 dan 2. Para peserta dituntut untuk memiliki kemampuan dalam melakukan manajemen waktu, dimana mereka mengikuti rangkaian seleksi dalam waktu yang bersamaan dengan kuliah, tugas, Ujian Tengah Semester, maupun Ujian Akhir Semester. Namu berkat kesabaran, ketekunan, dan kesungguhan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tahapan seleksi, akhirnya kedua mahasiswa tersebut dinobatkan sebagai Duta Baca UNIKOM 2024-2025.

Kepala Perpustakaan UNIKOM, Ubudiyah Setiawati, M.I.Kom., menjelaskan, pemenang seleksi Duta Baca UNIKOM 2024-2025 telah diumumkan bersamaan dengan seremonial Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNIKOM pada 23 September 2024 yang lalu. Lebih lanjut Ubudiyah menuturkan, ajang seleksi Duta Baca diharapkan benar-benar dapat melahirkan generasi yang siap menggerakkan literasi di lingkungan kampus UNIKOM dan sekitarnya. Mereka adalah generasi Z yang lahir dengan berbagai kemudahan mendapatkan informasi, mudah untuk belajar melalui berbagai media. Namun, tanpa kemampuan melek dalam hal pengetahuan yang diterima, mencari sumber informasi yang valid, lengkap, dan tepercaya, mereka hanya akan menjadi generasi penikmat informasi tapi bukan generasi yang kritis terhadap pengetahuan. Duta Baca UNIKOM bukan saja mereka yang telah lolos dan menjadi pemenang. Namun demikian, seluruh peserta seleksi adalah Duta Baca bagi mahasiswa di masing-masing program studi asalnya. “Semakin banyak Duta Baca di lingkungan UNIKOM, akan semakin besar harapan untuk menggerakkan generasi yang berliterasi. Harapan besarnya, melalui kegiatan ini, UNIKOM telah merespon dan mendukung Gerakan Literasi Nasional”, pungkasnya.

Perpustakaan UNIKOM menyelenggarakan seleksi pemilihan Duta Baca UNIKOM pada setiap tahunnya, sebgaai salah satu upaya untuk meningkatkan generasi berliterasi di lingkungan kampus. Dimana, berdasarkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) Kemdikbud, perwakilan mahasiswa, dosen, dan karyawan suatu perguruan tinggi adalah para penggerak literasi. Ajang seleksi Duta Baca UNIKOM dilaksanakan melalui proses yang cukup panjang, dimana para peserta diseleksi oleh Dewan Juri yang beranggotakan Duta Baca Tahun 2022-2023 dan Duta Baca Tahun 2023-2024 dari perwakilan mahasiswa, dosen, dan karyawan, antara lain, Assoc. prof. Dr. Adeh Ratna Komala, S.E., M.Si.; Yasundari, S.I.Kom., M.I.Kom.; Anisa Nurfadhilah, Bagas Rangga Yoedystyra, dan Jasmin Dianing.

Selamat kepada para Duta Baca UNIKOM Tahun 2024-2025, tingkatkan semangat untuk siap berkompetisi di ajang Duta Baca wilayah setempat, karena anda semua adalah penggerak Literasi Nasional. Salam Literasi… (Direktorat Hms & Pro).