Berita

Penutupan Mahasiswa Inbound & Outbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 3 UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Tanpa terasa, satu semester telah berlalu sejak berlangsungnya Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 3 Tahun 2023, dimana dalam program tersebut mahasiswa peserta program PMM telah memperoleh pengalaman belajar di perguruan tinggi pilihan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sehubungan dengan telah berakhirnya pelaksanaan Program PMM Batch 3 Tahun 2023,  Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran UNIKOM menyelenggarakan acara Penutupan untuk Mahasiswa Inbound dan Outbond Program Pertukaran Mahasiswa merdeka (PMM) Batch 3 Tahun 2023, yang digelar secara hybrid, pada hari Senin, 12 Februari 2024.

Bertempat di Auditorium Lantai 4 Miracle Building UNIKOM, rangkaian acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UNIKOM yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta luring maupun daring, disambung dengan penayangan video profil UNIKOM.

Direktur Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Isniar Budiarti, S.E., M.Si., selaku Koordinator PMM Batch 3 Tahun 2023 melaporkan bahwa UNIKOM menerima 38 mahasiswa dari 22 Universitas yang berasal dari Sumatera, Sulawesi, Lombok, Papua Barat, dan Maluku. Sedangkan 19 mahasiswa UNIKOM diterima di 15 Universitas pilihan yang berada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Bali. Selanjutnya, Dr. Isniar menuturkan, seluruh mahasiswa peserta program PMM telah menempuh perkuliahan selama 1 semester di berbagai prodi yang mereka pilih, dan telah menyelesaikan kegiatan wajib Modul Nusantara sebanyak 16 kali pertemuan. Diantaranya, 8 kali kebhinekaan, 2 kali inspirasi, dan kegiatan refleksi sebanyak 5 kali. Baik mahasiswa inbound maupun outbond sama-sama melakukan kegiatan kontribusi sosial sebagai kegiatan penutup. Dr. Isniar berharap, melalui kegiatan pertukaran tersebut, setiap peserta PMM 3 dapat membawa pulang kenangan positif dan dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari program tersebut serta bisa diterapkan di daerah asalnya. Selain itu, ia pun berharap “silaturahmi tetap terjaga, karena dengan silaturahmi, maka semakin banyak rezeki yang diberikan Allah”, demikian tuturnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNIKOM, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., yang tampil memukau dengan busana daerah Lampung, mengawali sambutannya dengan mengajak seluruh hadirin berdoa bersama secara ikhlas untuk almarhumah Khalida Putri Prameswari, mahasiswa KIP UNIKOM yang juga Ketua Kelompok PTM2D 2023 di Desa Sukasetia, yang meninggal beberapa hari lalu karena sakit. Semoga segala kebaikan dan amalnya diterima, serta segala dosa dan kesalahannya diampuni Allah SWT. Prof. Umi menyampaikan, “Saya berharap adik-adik nanti akan mengikuti teladan almarhumah. Totalitas dalam melaksanakan tugas, sehingga desa dimana ia ditempatkan, bisa menjadi desa wisata yang luar biasa dan diapresiasi oleh LLDIKTI dan Pemerintah Kabupaten Ciamis”. Ia mengungkapkan agar almarhumah menjadi contoh bagi para mahasiswa. “Ketika anda meninggalkan kenangan yang indah, hal itu akan terkenang selamanya. Tidak harus meninggal, adik-adik pun bisa meninggalkan kenangan yang indah dengan membuat karya”, ungkapnya.

Lebih jauh Prof. Umi menyampaikan, pada acara penutupan tersebut, UNIKOM mengantarkan para mahasiswa kembali ke universitasnya masing-masing. “Dengan keterbatasan yang kami miliki, yakinlah bahwa UNIKOM telah memberikan yang terbaik”, tuturnya. Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, terutama kepada Rektor UNIKOM atas dukungan yang luar biasa, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Tidak lupa ia pun mohon maaf sebesar-besarnya atas kekurangan ataupun ketidaknyamanan yang terjadi, dan menyampaikan terimakasih kepada para pimpinan perguruan tinggi di luar Jawa yang tersambung secara daring, atas kepercayaannya dan menitipkan putra putrinya kepada UNIKOM. “Teriring salam semoga kita bersama akan terus membangun silaturahmi dan kolaborasi”, demikian pungkasnya.

Selain dihadiri oleh para mahasiswa peserta program, turut hadir pada acara Penutupan PMM Batch 3 Tahun 2023 secara luring, antara lain, Wakil Rektor 2 Bidang Sumber Daya dan Kerjasama, Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T., CSBA., para Dekan, Direktur, Ketua Program Studi, dan Ketua Divisi terkait, juga para dosen Modul Nusantara, dan Dosen Pembelajaran. Agenda kegiatan dilanjutkan dengan tayangan video dan atraksi kesenian dari berbagai daerah yang ditampilkan para mahasiswa inbound. Disela-sela tayangan kesenian, juga disampaikan kesan dan pesan dari perwakilan mahasiswa inbound maupun outbond, dan ditutup dengan foto bersama guna dokumentasi (Direktorat Hms & Pro).

Artikel Berikutnya