Berita

Pascasarjana Unikom Gelar Coaching Icobest - Incitest

BANDUNG, UNIKOM – Pascasarjana Unikom menggelar Webinar “Coaching Icobest/ Incitest” khusus mahasiswa pascasarjanan Unikom Sabtu, 12 Juni 2021 dengan tujuan agar Mahasiswa yang ada di program Pascasarjana yakni Program Studi Magister Manajemen, Program Studi Magister Sistem Informasi, dan Program Studi Magister Desain memahami tata cara dan serba serbi terkait International Conference on Business, Economics, Social Sciences and Humanities (ICOBEST) / International Conference on Informatics, Engineering Science and Technology (INCITEST).

Kegiatan tersebut, mengundang narasumber yang kompetensi dibidangnya yakni Executive Chair of UNIKOM International Conference Assoc. Prof. Dr. Lia Warlina, M.Si., Technical Chair of UNIKOM International Conference Dr. Poni Sukaesih K, S.IP., M.Si, M.Si., Technical Chair of UNIKOM International Conference  Ferry Stephanus Suwita, S.Kom., MT., Technical Chair of UNIKOM International Conference Senny Luckyardi, S.P., MM.,

Andrias Darmayadi, S.IP., M.Si., Ph.D., selaku Direktur Kemahasiswaan yang mewakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Hj. Ummi Narimawati, Dra., SE., M.Si., dalam sambutan mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan narasumber yang begitu hebat mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik dan lancar serap ilmunya dengan maksimal dari para narasumber agar teman – teman Pascasarjana semua dapat membuat dan menghasilkan paper yang baik.”ungkapnya

 Dr. Rahma Wahdiniwaty, M.Si., Selaku Dekan Fakultas Pascasarjana sekaligus membuka kegiatan tersebut  mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan bagi mahasiswa magister untuk mengikuti seminar internasional khususnya ICOBEST dan INCITEST  untuk itu kami mohon bimbingan arahan dan ilmunya serta tips-tips atau trik-trik bagaimana membuat artikel dari proses membuat artikel sampai Bagaimana masuk mendaftar, memperolehnya, jika ada revisi sehingga bisa lolos. Karena ini menjadikan syarat sidang bagi mahasiswa-mahasiswi kami di magister fakultas pascasarjana Universitas Komputer Indonesia diselenggarakan untuk bagi mahasiswa Prodi Magister Manajemen, Magister Sistem Informasi, dan Magister Desain. Sebuah aturan Kementerian salah satu syarat kelulusan magister harus memiliki sebuah artikel. Selamat mengikuti webinar ini dengan baik dan mendapatkan manfaat sebanyak – banyaknya dari kegiatan ini untuk mendengarkan, bertanya, dan berdiskusi kepada para narasumber”ujarnya

Memasuki acara inti yakni pemaparan materi dari narasumber yang pertama Poni Sukaesih menjelaskan INCITEST-ICOBEST merupakan sebuah konferensi yang memiliki Scope internasional yang diselenggarakan rutin setiap tahun oleh Unikom untuk diseminasikan hasil penelitian dari dosen peneliti praktisi dan mahasiswa dalam sebuah arena pertemuan ilmiah pada pertemuan ini akan berbagi ide gagasan dari risetnya sesuai dengan Scope konferensi hasil dari kegiatan ini akan dipublikasikan pada jurnal dan prosiding. Terdapat aturan untuk mengikuti INCITEST – ICOBEST 1) Perhatikan proses submit paper – publish paper, 2) Perhatikan tema dan scope conference, 3) Perhatikan Important Dates, 4). Perhatikan Registration Fee & Payment.

Lia Warlina sebagai narasumber kedua memberikan pemaparan tentang mengenal publisher dan indexer karya ilmiah. Publikasi untuk karya Ilmiah di Unikom ada dua yakni, 1) Jurnal, Jurnal Universitas, Jurnal Fakultas, Jurnal Program Studi, dan Jurnal Internasional. Sedangkan yang ke dua 2) Conference, INCITEST dan ICOBEST. Menurut nya karya Ilmiah yang itu untuk mahasiswa dan dosen ada dua yang bisa ke index itu karya ilmiah berupa artikel jurnal atau prosiding, kedua tersebut snagat penting karena dapat meningkatkan peringkat universitas baik secara nasional maupun internasional jadi klasterisasi perguruan tinggi itu secara nasional dari publikasi internasional juga publikasi yang terindeks dan nilainya lebih tinggi tetapi kita sebagai sekolah sebagai akademisi harus hati-hati ada yang merupakan jurnal atau publisher Predator  dan tidak boleh angka similarity yang tinggi > 20% dan tidak boleh di duplikasi.

Ferry Stephanus Suwita memaparkan tentang penggunaan system atau registrasi system ada sebelas point yang dijelaskan diantaranya, 1) Landing page, 2) Registration, 3) Submit Abstrak, 4 Notification of Abstract Acceptance, 5) Payment, 6) Full paper submission, 7) Notification of revised paper acceptance, 8) Revised paper submission, 9) Notification of received paper acceptance, 10 Download Lo Adan Sertifikat, 11) Conference.

Memasuki pemateri terakhir Senny Luckyardi menjelaskan tentang “Making a scientific paper is Fun and Easy” menurut nya dalam pembuatan karya ilmiah 1) Judul Harus menarik, tidak menggambarkan hasil penelitian, penelitiannya simpel dan tidak sulit, literaturnya mudah didapatkan, novelty atau kebaruan nya mengandung konten engineering yang banyak, tidak terlalu panjang, tidak menyebutkan brand tertentu tidak mengandung istilah yang kurang bisa dipahami oleh pembaca internasional, dan tidak mengandung Sara. 2) Afiliasi, Jangan disingkat dan jangan dibahasa Inggriskan, afiliasi lengkap gunakan email resmi Unikom untuk korespondensi author. 3) Abstrak, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, kalimat difusi (mengapa anda mendapat hasil itu) dan kesimpulan.

Coaching ICOBEST – INCITEST berlangsung selama kurang lebih tiga jam mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB tersebut sangat disambut baik oleh para peserta dimana antusiase peserta terlihat dari banyak nya proses diskusi dan tanya jawab, semoga apa yang telah dipaparkan oleh para narasumber yang hebat tersebut dapat membawa manfaat baik bagi para peserta. (Direktorat Hms & Pro)