Berita

Medical Center UNIKOM Gelar Program Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu: “Jaga Kesehatanmu Mulai dari Gula Darah”

BANDUNG, UNIKOM – Mengawali kegiatannya di tahun 2024, Medical Center UNIKOM melaksanakan kegiatan “Program Pemeriksaan Gula darah Sewaktu” pada hari Kamis, 18 Januari 2024. Bertempat di Medical Center UNIKOM, Ruang 4301 Kampus IV UNIKOM, Jl. Dipati Ukur No. 112 - 116 Bandung, kegiatan yang digelar secara gratis bagi seluruh sivitas akademika tersebut diikuti dengan antusias oleh sejumlah dosen, tendik, maupun mahasiswa, yang dengan sabar menunggu giliran pemeriksaan.

Faktor kesehatan sangat terkait erat dengan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, melakukan pengecekan kesehatan secara berkala tentu sangat baik dilakukan, guna membantu dan mencegah timbulnya penyakit pada diri manusia. Adapun manfaat yang diperoleh melalui pemeriksaan gula darah sewaktu diantaranya untuk mengetahui Kadar Gula Darah Segera, Penvegahan Diabetes dan gangguan kesehatan lainnya, Edukasi kesehatan dan Kesadaran Gula Darah, dan lain sebagainya.

dr. Rahmaniyah Zahra, selaku penanggungjawab program, menuturkan bahwa dilaksanakannya pemeriksaan gula darah tersebut ditujukan bagi orang-orang yang belum pernah mengecek darah, atau bersifat screening awal. Selain itu juga untuk orang-orang yang memang punya riwayat masalah gula darah sebelumnya, atau punya riwayat keturunan dari kakek, nenek, atau orangtuanya yang punya masalah gula darah, supaya lebih memperhatikan kondisi kesehatanyya. Lebih lanjut dr Zahra mengungkapkan, pemeriksaan gula darah sangat penting, karena masalah gula darah merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi ke seluruh organ, bahkan seluruh tubuh. Contohnya, gangguan penglihatan, bisa disebabkan oleh gula darah yang bermasalah. Dengan memeriksakan gula darahnya, menjadi screening awal untuk mengetahui kesehatan tubuh. Mengingat pentingnya pemeriksaan gula darah, ia berharap, program kegiatan pemeriksaan gula darah sewaktu tersebut dapat diikuti oleh seluruh sivitas akademika UNIKOM, karena screening tidak mengenal usia, dapat dilakukan usia tua maupun yang masih muda. Apalagi untuk yang punya riwayat sebelumnya, yang harus dicek secara berkala setiap enam bulan atau satu bulan seklai. “Apalagi untuk orang-orang yang belum pernah periksa gula darah, jika hasilnya tidak sesuai standar normal, mereka bisa lebih memperhatikan untuk menjaga pola hidupnya agar tidak terjadi penyakit-penyakit yang lebih parah”, demikian tutur dr. Zahra.

Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat, Dr. Tatik Fidowaty, S.IP., M.Si., yang juga Dosen Tetap Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UNIKOM, yang turut mengikuti kegiatan tersebut, menyatakan, program yang digagas Medical Center UNIKOM sangat bagus, karena setiap orang harus memperhatikan kondisi kesehatannya. “Walaupun terlihat baik-baik saja, tapi kita tidak pernah tahu kondisi badan kita sesungguhnya. Jika terindikasi gula darahnya tinggi, dan lain-lain, kita bisa segera untuk antisipasi melakukan pengobatan. Malah saya sangat berharap, bukan hanya gula darah saja yang diperiksa. Mungkin ke depan bisa juga ada program pemeriksaan kolesterol, asam urat, dan lain-lain”, harapnya.

Selain diikuti para dosen dan tendik, kegiatan pemeriksaan gula darah tersebut, tampak banyak pula diikuti oleh para mahasiswa di lingkungan UNIKOM. Novia, Mahasiswa Semester 5 Prodi Manajemen FEB UNIKOM, salah satu mahasiswa yang mengikuti program tersebut mengungkapkan, “adanya program ini sangat memudahkan mahasiswa untuk cek gula darah. Karena kita generasi milenial ini terlalu banyak minum minuman yang terlalu manis dari berbagai produk minuman yang ada. Kalo kita ke klinik biasa untuk cek gula darah kan sangat-sangat males. Jadi, dengan UNIKOM melaksanakan cek gula darah dengan gratis sangat memudahkan mahasiswa khususnya yang perantauan, maupun yang ada di Bandung”, ujarnya. Ia berharap, “pelayanan klinik UNIKOM yang sudah sangat baik ini, kedepan bisa ditingkatkan untuk mengadakan program-program lainnya yang bisa kami ikuti dengan gratis juga”, pungkas Novia. (Direktorat Hms & Pro).