Berita

Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) Ftik Unikom Gelar Seminar Informatika: “Cyber Threat Intelligence” dan Sambut Studi Banding Himtika Unsika Karawang Dalam Kegiatan “Himtika Outstudy”

BANDUNG, UNIKOM -  Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMIF) Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UNIKOM telah melaksanakan beberapa kegiatan. Diawali dengan menggelar Seminar Informatika bertajuk “Cyber Threat Intelligence”, pada Selasa, 14 Mei 2024. Di mana dalam seminar tersebut, dihadirkan 3 orang akademisi dari Universiti Utara Malaysia (UMM) selaku nara sumber, antara lain, Assoc. Prof. Dr. Mohamad Fadli Zolkipli, Dr. Hapini bin Awang, dan Gs. Dr. Nur Suhaili Mansor.

Bertempat di Auditorium Lantai 4 Miracle Building UNIKOM, seminar dibuka secara langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Informatika, Hanhan Maulana, M.Kom., Ph.D. Selain dihadiri oleh seluruh mahasiswa aktif Program Studi Teknik Informatika selaku peserta, turut hadir pada seminar tersebut, Alif Finanditha, S.Kom., M.T., selaku Pembina Kemahasiswaan, serta para dosen lainnya di lingkungan FTIK UNIKOM.

Masih di bulan yang sama, dua hari kemudian HMIF FTIK UNIKOM kembali melaksanakan kegiatannya, dengan menerima kunjungan Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMTIKA) Universitas Singaperbangsa (UNSIKA) Karawang. Kegiatan bertajuk “HIMTIKA OUT STUDY” tersebut, terlelenggara atas kerjasama HMIF UNIKOM dengan HIMTIKA UNSIKA yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antar mahasiswa kedua universitas, serta memperkuat hubungan antar anggota.

Kamis, 16 Juni 2024, bertempat di Ruang L.018 Smart Building UNIKOM, rangkaian kegiatan studi banding diawali sambutan dan pembukaan oleh Ketua HMIF UNIKOM, dilanjutkan dengan presentasi terkait kegiatan, pendekatan, maupun proyek kegiatan yang dilakukan Himpunan Mahasiswa masig-masing. Antusias peserta tampak dalam sesi diskusi yang berlangsung inter aktif. Di mana para mahasiswa dari kedua universitas dapat saling bertukar pendapat, pengalaman, dan pengetahuan mengenai topik yang telah dipresentasikan. 

Ketua HMIF FTIK, M. Tazul Arifin menyampaikan, kegiatan studi banding selain memungkinkan anggota HIMTIKA UNSIKA maupun HMIF UNIKOM untuk dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan di bidang Teknologi Informasi, juga dapat meningkatkan kompetensi maupun motivasi mahasiswa untuk berprestasi. Selain itu, juga bermanfaat dalam mengembangkan jaringan dan kerjasama, serta eksplorasi perspektif dan berbagai pendekatan baru di dalam mengelola organisasi kemahasiswaan. Interaksi antar mahasiswa dari lingkungan yang berbeda, dapat membantu mereka menghadapi tantangan dan meningkatkan penguatan identitas dan keterampilan kepemimpinan yang lebih baik lagi. Ia berharap, melalui kegiatan studi banding tersebut, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengembangan pribadi dan profesionalitas anggota HMIF dan HIMTIKA dari kedua universitas dalam memperkaya pengelaman belajar, khususnya di bidang Teknologi Informasi.Kegiatan “HIMTIKA OUT STUDY” yang diinisiasi HMIF UNIKOM dan HIMTIKA UNSIKA telah berhasil menciptakan suasana kolaboratif dan edukatif bagi mahasiswa Teknik Informatika dari UNIKOM dan juga UNSIKA. Melalui presentasi, diskusi, dan interaksi antaranggota, peserta dapat memperluas wawasan dan memperkuat jaringan kerjasama antarangkatan. Rangkaian kegiatan ditutup dengan foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro).