Berita

Dosen Program Studi Sistem Informasi Unikom Terlibat Dalam Mengembangkan Aplikasi Mal Pelayanan Publik Kota Cimahi

BANDUNG, UNIKOM - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dan Pejabat Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan. Pada Senin 28 November  2022 di gedung Mal Pelayanan Publik Kota CImahi Jl. Aruman Kelurahan Pasirkaliki Kota Cimahi.

Hadirnya MPP Kota Cimahi menjadi bukti nyata dari komitmen Pemerintah Kota Cimahi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, ungkap Dikdik dalam sambutannya. “Tujuannya untuk membahagiakan masyarakat, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan publik secara nyaman,” ungkap Dikdik, seperti dilansir laman resmi Diskominfo Cimahi.

UNIKOM patut berbanga, pasalnya dalam peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi UNIKOM terlibat dalam pengembangan Aplikasi MPP tersebut, turut hadir pada peresmiannya Robby UL Pratama, SE. Mewakili Rektor Unikom, Dr. Wartika, S.Kom., M.Kom mewakili Dekan FTIK dan tim pengembangan Aplikasi Pendukung MPP Kota Cimahi Julian Chandra Wibawa, S.Kom., M.Kom, Rauf Fauzan, S.Kom., M.Kom, Muhammad Rajab Fachrizal, S.Kom., M.Kom, Nizar Rabbi Radliya, S.Kom., M.Kom.

Muhammad Rajab Fachrizal, S.Kom., M.Kom, salah satu Tim Dosen Unikom Dari Program Studi Sistem Informasi yang terlibat melaporkan bahwa “Peresmian dimulai beroperasionalnya Gedung MPP Kota CImahi. Di MPP tersebut terdapat 44 tenant yang terdiri dari 24 unit pelayanan dari Pemkot Cimahi  dan 20 instansi vertical, BUMN dan Provinsi Jabar. UNIKOM turut serta dalam proses pendampingan dan pengembangan aplikasi pendukung MPP Kota Cimahi. Dimana, aplikasi ini digunakan baik oleh internal instansi pemerintah di lingkungan MPP kota cimahi dalam proses pelayanan dan masyarakat kota cimahi. Aplikasi yang dibangun meliputi web portal DPMPTSP Kota Cimahi,  sistem antrian dan booking online antrian untuk masyarakat berbasis web dan android, tracking system proses pelayanan masyarakat, survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan lain-lain”ungkapnya

Menjadi kebanggaan bahwa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UNIKOM Bandung menjadi salah satu pergurun tinggi yang mendampingi pembangunan MPP Cimahi khsusnya dalam mengembangkan system informasi dan teknologi Pelayanan di MPP Kota CImahi.”ungkap Elivas Simatupang, M.Sc. Kepala bidang penanaman modal DPMPTSP Kota Cimahi.

Dr. Wartika juga berharap “setelah sistem dibangun dapat berjalan dengan baik dan pelayanan publik dapat meningkat menjadi lebih baik serta kerjasama dapat terus dilanjutkan untuk pembangunan sistem-sistem yang lain. dengan diresmikannya MPP kota cimahi diharapkan agar menjadi percontohan bagi pemerintah kota atau kabupaten yang lain sehingga pelayanan publik untuk masyarakat berada dalam satu atap, ”ungkapnya

Selain sarana prasarana MPP yang bersifat fisik, MPP Kota Cimahi juga menyediakan sistem informasi layanan yang mengintegrasikan layanan di MPP. Seluruh kegiatan pelayanan publik kini dipusatkan di MPP Kota Cimahi, termasuk juga pelayanan administrasi yang disediakan oleh pemerintahan pusat, BUMN, BUMD, instansi vertikal. (Direktorat Hms & Pro)