Berita

Dosen Prodi SI Unikom Berpartisipasi Aktif Menjadi Pembicara dalam berbagai Webinar

BANDUNG, UNIKOM – Berpartisipasi aktif dalam mengimplementasikan bidang keilmuan guna bermanfaat bagi masyarakat, menjadi upaya yang dilakukan oleh Dr. Nina Kurnia Hikmawati, S.E., M.M.,. selaku Dosen Program Studi Sistem Informasi Unikom yang berperan secara langsung menjadi pembicara dalam berbagai webinar. Pada hari Kamis, 23 Juli 2020, Srikandi Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) menggelar webinar bertajuk “Supporting Technology For Women”. Melalui gelaran tersebut, moderator yang memandu berjalannya acara tersebut ialah Dr. Eva handriyantini, M.MT., dan Ir. Devy Hertinasyana,. M.M., serta menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D., (Ketua APTIKOM), Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si., Prof. Sri Hartati, Ph.D., Prof. Dr. E. S. Margianti, M.M., Dr. Dwiza Risna., M.M., M.Kom., dan Dr. Cecilia Esti Nugraheni, M.T.

Melalui kesempatan tersebut, Dr. Nina Kurnia Hikmawati, S.E., M.M.,. selaku narasumber sekaligus Ketua Srikandi APTIKOM menyampaikan bahwa srikandi APTIKOM merupakan anggota perempuan di APTIKOM yang terfokus dalam bidang ICT. Dalam pemaparan materi yang disampaikan, Nina menjelaskan materi mengenai Perempuan & UMKM. Menurutnya, teknologi bisa menjadi dua yakni positif dan negatif, dimana masyarakat harus mengambil nilai positif dari teknologi. “Menilik tema yang disampaikan mengenai perempuan dan UMKM, dimana perempuan memiliki kendali besar untuk perkembangan bangsa yaitu melalui proses mendidik seorang anak yang akan menjadi masa depan bangsa. Maka, berbagai tantangan zaman harus dilalui perempuan dengan memanfaatkan keahlian dan teknologi yang ada.” ujarnya.

Selanjutnya, pada hari Senin, 27 Juli 2020, Nina berpartisipasi aktif menjadi pembicara dalam webinar yang digagas oleh International Women University (IWU). Memiliki tema besar kegiatan yaitu “Menjadi Wanita Maju di Era 5.0”, kesempatan tersebut menghadirkan narasumber lainnya yang ahli dalam bidangnya masing-masing diantaranya Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom sekaligus Pembina Jabar Bergerak, Dr. Hj. Dewi Indriani Jusuf, S.E., M.Si., CDMP., selaku Rektor IWU, Dr. Nina Kurnia Hikmawati, M.M., dan Ir. Diah Ivonyarti, M.M., selaku Ketua IPEMI Jabar.

Memasuki agenda inti dalam webinar tersebut, Nina memaparkan materi bertajuk “Mandiri secara Ekonomi”. Menurut Nina, mandiri secara ekonomi harus menjadi dasar seorang perempuan, dimana dalam kesempatan tersebut Nina menjelaskan pokok materi diantaranya: 1) Latar belakang mandiri secara ekonomi; 2) Pemahaman diri sendiri & keluarga; 3) Tips menjadi sukses; 4) Macam kelompok perempuan berdasarkan ekonomi; dan 5) Hal yang mesti dilakukan guna menjadi perempuan yang mandiri secara ekonomi.

Lebih lanjut Nina mengungkapkan “Era 5.0 merupakan zaman dimana perkembangan teknologi akan mengalami peningkatan lebih tinggi dibanding sebelumnya. Maka, di era 5.0, perempuan harus dapat mandiri secara ekonomi sehingga dapat memberikan pengaruh kuat dalam pengambilan keputusan baik dalam lingkup keluarga maupun dalam lingkup masyarakat yang lebih luas.” ungkapnya.  (Direktorat Hms & Pro)