Berita

Direktorat LPPM Unikom Fasilitasi Penelitian Dosen untuk Dimanfaatkan dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

BANDUNG, UNIKOM – Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unikom menggelar kegiatan Webinar Pengabdian Masyarakat dan Diseminasi Hasil Hibah Penelitian Terapan Ristek/BRIN tahun 2020 bertajuk “Peran Teknologi dan Sistem Tanda Tangan Digital di Lingkungan Akademik”. Digelar pada Kamis, 30 Juli 2020, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Rektor Unikom Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., para wakil rektor, para dekan, para ketua program studi dan sekretaris program studi, para direktur, para kepala divisi, para kepala bagian, para dosen serta sekretariat di lingkungan Unikom.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Direktur LPPM Unikom, Dr. Lia Warlina, M.T., yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi harus memiliki keterkaitan satu dan lainnya. “Melalui webinar tersebut menjadi uji coba hasil penelitian untuk dimanfaatkan kepada masyarakat, karena penelitian yang baik ialah penelitian yang dapat menghasilkan output dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Tentunya Unikom dimana didukung penuh oleh seluruh jajaran pimpinan khususnya Rektor memfasilitasi para dosen untuk melakukan kegiatan PKM dari hasil penelitian. Maka, direktorat LPPM sangat terbuka untuk membantu para dosen guna melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.” ujarnya.

Sementara itu, menanggapi positif kegiatan tersebut, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., selaku Rektor Unikom mengungkapkan bahwa webinar tersebut sangat baik dan dapat diikuti oleh seluruh sivitas akademika Unikom. “Bertolak dari tema yang disampaikan dalam webinar tersebut sangat erat kaitannya dengan Unikom yang merupakan perguruan tinggi berbasis IT, maka dapat secara langsung diimplementasikan guna mendukung aktivitas sivitas akademika dalam membangun Unikom lebih baik ke depannya.” ungkapnya.

Melalui kesempatan tersebut, mengawali agenda inti webinar, Irawan Afrianto, M.T., selaku Dosen Prodi Teknik Informatika sekaligus pembicara pertama memaparkan materi mengenai “Fungsi dan Peran Tanda Tangan Digital di Lingkungan Akademik.”. Dalam pemaparannya, Irawan menjelaskan bahwa tanda tangan digital ditandai oleh fitur unik yang berbentuk digital seperti sidik jari yang tertanam dalam dokumen dan penandatangan harus memiliki sertifikat digital sehingga dapat ditautkan ke dalam dokumen.

Lebih lanjut, pemaparan materi oleh Andri Heryandi, M.T., selaku pembicara kedua sekaligus Dosen Prodi Teknik Informatika menjelaskan materi terkait “Pemanfaatan Aplikasi DocuSign pada Dokumen Akademik”. Seperti yang disampaikan oleh Andri, bahwa DocuSign merupakan aplikasi yang menawarkan inovasi berbentuk e-signature dimana dapat melakukan tanda tangan elektronik dan digital pada perangkat yang berbeda. Dalam dunia akademik bahwa sebuah dokumen dapat dijaga keasliannya dengan membubuhkan tanda tangan digital diantaranya pada modul perkuliahan, karya ilmiah, transkip nilai dan ijazah. (Direktorat Hms & Pro)