BERITA

Visitasi Akreditasi Program Studi Ilmu Pemerintahan Unikom

Kamis, 14 Maret 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Ruang Rektor Lantai 15 Smart Building Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto selaku Rektor Unikom beserta jajaraan Rektorat dan Dekanat menyambut asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Senin (4/3/2019). Asesor yang hadir yakni Dr. Adi Suryadi dari Universitas Hasanudin Makassar dan Ali Muhammad, Ph.d dari Universitas Muhayadiyah Yogyakarta, bertandang ke Unikom dalam rangka visitasi akreditasi Program Studi Ilmu Pemerintahan Unikom.

Usai dilakukan penyambutan oleh jajaran pimpinan, proses visitasi berlangsung di Ruang Rapat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Lantai 9 Smart Building Unikom. Selama proses penilaian berlangsung, turut melibatkan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra.,S.E.,M.Si, Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan, Aset, dan Kerjasama Dr. Ir Herman S Soegoto, MBA, Dekan FISIP Unikom,  Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs., M.A, Ketua Program Studi di lingkungan FISIP Unikom, Tim Borang Fakultas, serta civitas akademika Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom.

Agenda visitasi ini merupakan waktu bagi para asesor menyesuaikan dokumen dalam borang yang sebelumnya telah dikirimkan melalui SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) baik borang program studi maupun borang fakultas. Borang tersebut mencakup beberapa standar, diantaranya 1) Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi Pencapaian, 2) Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu; 3) Kemahasiswaan dan Lulusan; 4) Sumber Daya Manusia; 5) Kurikulum Pembelajaran dan Suasana Akademik; 6) Pembiayaan, Sarana, Prasarana, dan ; dan 7) Penelitian, Pelayanan, Pengabdian Masyarakat, dan Kerjasama.

Selain menyesuaikan dokumen, asesor juga mewawancarai sejumlah mahasiswa, alumni, dan user atau pengguna alumni sebagai bentuk fact finding yang berpengaruh pada hasil akreditasi kelak. Bahkan berbagai fasilitas di Prodi Ilmu Pemerintahan secara khusus dan fasilitas Unikom secara umum pun tak luput dari penilaian asesor. Menurut Dr. Nia Karniawati, S.IP.,M.Si selaku Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom, asesor mengunjungi beberapa sarana dan prasarana Unikom diantaranya Ruang Dosen, Ruang Ketua Program Studi, Ruang Sekretariat, Ruang Kelas, Perpustakaan Unikom, dan sebagainya. Melalui visitasi akreditasi kali ini diharapkan Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom berhasil meraih predikat unggul dan mencetak lulusan-lulusan yang kompeten dan handal di bidangnya untuk berkecimpung di dunia pemerintahan. (Direktorat Hms & Pro)

Kuisioner Tracer Study 2019: Isi Kuisioner Bertabur Hadiah
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019