BERITA

‘Big Event’ DKV UNIKOM: Indonesia Punya Komik (IPK)

Kamis, 26 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Hima DKV) Unikom berkolaborasi dengan Komunitas DKV Unikom yakni Rolltime (Bidang Videografi), Titik Fokus (Bidang Fotografi), dan Funco (Bidang Komik), mengadakan kegiatan bertajuk ‘Big Event’ dengan mengusung tema “Indonesia Punya Komik (IPK)”. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, pada 20-21 Oktober 2017 diikuti ± 65 peserta, terdiri dari mahasiswa DKV Unikom, mahasiswa perguruan tinggi lain di Kota Bandung, juga peserta dari kalangan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Bandung.

“…ini merupakan kali pertama Hima DKV bekerja sama dengan Komunitas DKV Unikom dalam merealisasikan program kerja ‘Big Event’. Jika sebelumnya, baik himpunan maupun komunitas sering mengadakan kegiatannya masing-masing, tetapi untuk ‘Big Event’ kali ini kami mencoba membagun sinergi positif sehingga bisa dikatakan keegiatan IPK menjadi pionir kegiatan kolaborasi antara Hima DKV dan Komunitas DKV Unikom,” ujar Wirasena Karawangsa selaku Ketua Pelaksana.

Lebih lanjut Wira menuturkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti kegiatan IPK dikatakan melebihi target dari yang ditetapkan sebelumnya. “Awalnya kami hanya menargetkan peserta di angka kurang lebih 60 orang karena menyesuaikan dengan tempat dan ruangan kelas pelaksanaan workshop. Tetapi, melihat antusiasme yang mendaftar, kami pun masih menerima pendaftaran hingga 65 peserta,” tambah Wira.

Kegiatan IPK yang digelar di Fakultas Desain Gedung Lama Unikom diisi dengan serangakain agenda, diawali workshop sesi pertama tentang ‘Membuat Cerita Komedi’ dipandu oleh Fauzy Zulvikar (Komikus Wanoja). Selain workshop, ‘Big Event’ DKV pun membangun atmosfer kompetisi serta membuka kesempatan bagi para peserta untuk mengeksplor kemampuannya di bidang fotografi melalui ‘Toys Photography Challenge’ yang digagas Komunitas Titik Fokus.

Agenda hari selanjutnya yang digelar pada Sabtu (21/10), dilaksanakan workshop sesi kedua mengenai ‘Pembuatan Desain Karakter’ oleh Mukhlis Nur (Komikus Only Human). Dalam kesempatan tersebut, komunitas Rolltime pun berpartisipasi dengan melakukan screening film bertajuk ‘Animasi Nusantara’. Selama dua hari kegiatan berlangsung, ‘Big Event’ DKV Unikom turut menyuguhkan Bioskop Mini bertema ‘Komik Nusantara’ serta Pameran Komik dan Fotografi yang terpajang apik di Lorong Fakultas Desain Gedung Lama Unikom.

Melalui kegiatan kolaborasi ini, diharapkan dapat membuka dan memperluas khasanah keilmuan tentang dunia komik di Indonesia khususnya bagi mahasiswa DKV Unikom dan umumnya bagi seluruh peserta. Sehingga mahasiswa DKV Unikom bisa mengembangkan minat dan bakatnya untuk menghasilkan karya menarik di bidang komik. Lain daripada itu, adanya kolaborasi kegiatan antara Hima DKV dan Komunitas DKV Unikom pun diharapkan menjadi langkah awal untuk membangun kerjasama, sinergi, solidaritas, dan keharmonisan diantara mahasiswa DKV untuk bersama-sama membangun Prodi DKV Unikom ke arah yang lebih baik. (Direktorat Hms & Pro)

Unikom Kembali Gelar Seminar Internasional “INCITEST” 2019
Selasa, 23 Juli 2019
Beasiswa Senyum Yatim dan Dhuafa P2U Indonesia 2019
Selasa, 23 Juli 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Dr. Hetty Hassanah, S.H., M.H - Dosen Program Studi Ilmu Hukum UNIKOM
Senin, 22 Juli 2019