Inkubator Bisnis & KUMKM

Dr.Hj. Dewi Kurniasih S.IP.,M.Si.

Dalam rangka meningkatkan daya saing perguruan tinggi, perlu ditumbuhkembangkan wirausaha baru yang tangguh, kreatif, dan profesional. Inkubator wirausaha merupakan wahana yang efektif untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan, kemampuan, jejaring, dan wawasan berusaha. Inkubator bisnis (wirausaha) adalah suatu lembaga intermediasi yang melakukan proses inkubasi terhadap Peserta Inkubasi (Tenant). Inkubator Bisnis dan KUMKM Unikom (Inbiskom) didirikan tahun 2020 dengan Visi, Misi dan Tujuan sebagai berikut:

Visi

Menjadi lembaga intermediasi kewirausahaan terdepan di Indonesia tahun 2025 yang memberikan dampak bagi penumbuhan wirausaha inovatif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Misi

  1. Menyelenggarakan prainkubasi, inkubasi dan paska inkubasi bagi mahasiswa, karyawan, dan dosen Unikom serta masyarakat sekitar.
  2. Menghasilkan produk usaha yang memenuhi standar.
  3. Membangun jaringan pemasaran produk usaha yang dihasilkan.

Tujuan

  1. Tumbuhnya wirausaha muda yang tangguh dan mandiri
  2. Terlahirnya produk usaha berbasis riset yang aplikatif dan solutif.
  3. Terciptanya lapangan kerja baru.

Adapun program kerja Inbiskom terdiri dari identifikasi dan jaring UMKM, Pelatihan Perizinan Usaha, Pelatihan Kemasan Produk, Pelatihan Perlindungan Hak Merek Dagang, Pelatihan Digital Marketing, Gelar Produk dan Business Matching serta bantuan permodalan. Pendaftaran tenant Inbiskom dilakukan dua kali dalam satu tahun. Ruang Inbiskom berlokasi di L.013 Smart Building Unikom.