Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S. Soegoto MBA.

Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT atas semua rahmat dan hidayah yang dilimpahkan kepada keluarga besar civitas akademika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer  (FTIK) Universitas Komputer Indonesia.

Visi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer: Menjadi fakultas terkemuka di bidang teknologi informasi dan komunikasi dan bidang teknik lainnya, menjadi Pusat Unggulan dalam bidang TIK dan bidang teknik lainnya, memiliki prestasi dan reputasi global, serta membekali lulusannya dengan jiwa enterpreuner. FTIK merupakan fakultas dengan jumlah mahasiswa,  dosen dan tenaga kependidikan terbesar dalam bidang ilmu teknik dan ilmu komputer yang sangat dinamis perkembangannya. Mahasiswa dan dosen memiliki banyak sekali prestasi akademik dan non akademik di tingkat internasional, nasional, dan regional. FTIK terdiri atas 8 program studi S1 dan 3 program studi D3, yaitu: Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1), Sistem Komputer (S1), Teknik Industri (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Arsitektur (S1), Teknik Sipil (S1), Perencanaan Wilayah dan Kota (S1), Komputerisasi Akuntansi (D3), Manajemen Informatika (D3), dan Teknik Komputer (D3).

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer bersama seluruh civitas akademika terus melakukan pengembangan dalam rangka mencapai road map fakultas dari Good Faculty menuju Great Faculty yang sejalan dengan road map universitas . Makna dari Great Faculty adalah menjadi fakultas yang memiliki program studi dengan keunggulan di atas rata-rata dari dari berbagai program studi yang sama yang ada di seluruh Indonesia. Keunggulan tersebut meliputi keunggulan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Salah satu ukuran yang akan dijadikan sebagai acuan perubahan dari Good Faculty menuju Great Faculty adalah menghasilkan lulusan yang semakin berkualitas, meningkatnya jumlah prestasi akademik dan non akademik tingkat nasional dan internasional, meningkatnya nilai akreditasi program studi dari 11 program studi yang saat ini 9 program studi sudah terakreditasi B dan 2 program studi terakreditasi A dalam lima tahun ke depan mayoritas diupayakan terakreditasi Unggul, Sangat Baik dan sebagian program studi terakreditasi Internasional.

Di dalam menghadapi berbagai tantangan untuk menuju perbaikan yang berkelanjutan guna menuju Great Faculty, maka diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dan kerjasama yang erat antar seluruh sivitas akademika di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer khususnya dan bersinergi dengan sivitas akademika Universitas Komputer Indonesia. Beberapa perubahan dan pengembangan ke arah yang lebih baik perlu terus dijalankan dan dikaji ulang dengan mengacu pada budaya UNIKOM yaitu Profesionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence.

Semoga harapan kita semua untuk membawa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNIKOM menjadi Fakultas yang unggul, bermutu, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat dengan motto ’Quality is Our Tradition’ dapat terealisasi dengan baik melalui komitmen, kerjasama, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas dari seluruh sivitas akademika FTIK UNIKOM.