Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dr. Lilis Puspitawati S.E., M.Si.,Ak.,CA

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik Unikom merupakan Fakultas dengan tiga program studi yang dibawahinya yaitu: Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional. Keberadaan ketiga Program Studi ini sejalan dengan perkembangan fenomena sosial politik. Perlu dipahami bahwa isue-isue sosial politik dan komunikasi pada saat ini sudah menjadi Isue Global dalam hubungan antar pemerintah diseluruh dunia, antar kelompok dan antar individu, sehingga permasalah dan fenomena ini merupakan rangkaian sistem yang satu dengan lainnya saling berketergantungan dan saling melibatkan, untuk Itulah Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik menjadi Fakultas yang mengadopsi ICT dalam menetapkan VISI dan MISInya

Ilmu sosial dan Ilmu POlitik (FISIP)- UNIKOM memiliki Visi Menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang unggul dalam Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional berbasis ICT, Berjiwa wirausaha serta berorientasi Global yang berasas kan Budaya PIQIE. Budaya PIQIE (Profesionelime, Integrity, Quality, Information Teknologi and Excellen) merupakan acuan setiap SDM di FISIP Unikom dalam sikap dan perilakunya baik dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian. Budaya ini berhubungan dengan lembaga internal dan eksternal diwujudkan melalui langkah-langkah yang mengedepankan pembangunan karakter sesuai dengan ilmu pengetahuan yang berkembang. Selain profesional dalam bidangnya masing-masing maka dua hal utama yang yang menjadi brand FISIP Unikom yaitu kewirausahaan dan komputerisasi dengan harapan bahwa selain profesi keilmuan juga ditunjang oleh kewirausahaan dan komputerisasi.

FISIP UNIKOM disuport oleh SDM Dosen yang Unggul yang sebagian besar telah bergelar Doktor dan sisanya sedang melakukan studi S3, Memiliki sarana dan Prasarana yang memadai seperti Lab fotografi, TV, radio, komputer, bahasa, lab. diplomatik dan Komunikasi.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan dan Hubungan Internasional FISIP UNIKOM Saat ini memiliki Peringkat Akreditasi "B", Untuk itu, FISIP-UNIKOM senantiasa melukan Perbaikan berkelajutan dalam hal pengelolaan tata pamong yang efektif dan efisien, Kualitas pembelajaran dan kurikulum, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat serta memperluas jaringan kerja sama dengan mintra perguruan tinggi agar dapat menghasilkan profile lulusan Program Studi Ilmu pemerintahan, Ilmu komunikasi dan hubungan Internasional yang sesuai dengan VISI dan MISI FISIP- UNIKOM serta untuk Tujuan Peningkatan status akreditasi di masa yang akan datang.