Fakultas Ilmu Budaya

Dr Soni Mulyawan Setiana S.Pd, M.Pd

Bismillahirrohmannirrohim, Assalamualaikum Wr.Wb. Atas nama sivitas akademika Fakultas Ilmu Budaya, pertama-tama saya mengucapkan selamat datang di website Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Komputer Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya Unikom terdiri dari Program Studi Sastra Inggris dengan peringkat akreditasi “B” berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 587/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2019 dan Program Studi Sastra Jepang dengan peringkat akreditasi “A” berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.2532/SK/BAN-PT/SURV-BDG/S/VII/2019.

Fakultas Ilmu Budaya Unikom didirikan dan diselenggarakan berdasarkan visi, misi, dan tujuan sebagai berikut.

Visi: Menjadi Fakultas Ilmu Budaya yang unggul pada tahun 2030 di tingkat lokal, nasional, dan internasional dalam bidang ilmu bahasa, sastra, budaya, serta bidang teknologi informasi dan komunikasi, berwawasan global, dan berjiwa entrepreneur untuk mendukung pembangunan nasional dengan berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Misi: Menyelenggarakan pendidikan tinggi modern berbasis teknologi informasi dan komunikasi di bidang ilmu bahasa, sastra, dan budaya berdasarkan budaya organisasi PIQIE (Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence) dengan sistem pendidikan yang kondusif dan program-program yang bertumpu pada software (perangkat lunak), hardwares (perangkat keras), dan entrepreneurship (kewirausahaan) dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada berdasarkan prinsip efisiensi dan efektivitas.

Tujuan: Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, santun dan berbudi luhur, mempunyai komitmen untuk memajukan bangsa dan Negara, serta memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Kompeten dan handal di bidang ilmu bahasa, sastra dan budaya serta mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya dalam masyarakat dan dunia kerja,
  2. Memahami dan berdaptasi terhadap perkembangan IPTEK secara nasional ataupun internasional,
  3. Mengembangkan jiwa enterpreneurship serta budaya kerja secara mandiri maupun bekerja sama dalam kelompok,
  4. Mengembangkan kepemimpinan, profesionalisme dan integritas yang baik sebagai sarjana sastra

 

Fakultas Ilmu Budaya Unikom memiliki tenaga pendidik yang berkualitas dan berpengalaman sesuai dengan profesinya, serta tenaga kependidikan yang kompeten di bidang pelayanan dan informasi demi kelancaran proses pendidikan. Kurikulum Program Studi di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya Unikom disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yakni knowledge, skill, attitude, behaviors, values, dan ethics yang menjadi Outcomes Based Education (OBE) dalam capaian pembelajaran dan kompetensi (Learning Outcomes – LO).

 

Fakultas Ilmu Budaya Unikom juga menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri. Berbagai fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia seperti ruang kelas, labratorium bahasa, laboratorium komputer, WIFI untuk mahasiswa dan berbagai fasilitas lainnya dapat menunjang keberhasilan dalam merealisasikan visi, misi, dan tujuan fakultas demi tercapainya outcome yang bermutu di bidang ilmu bahasa, sastra, budaya, dan teknologi informasi komunikasi.

 

Sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unikom, saya berpesan agar Saudara memiliki motivasi yang kuat untuk menyelesaikan studi tepat pada waktunya dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada seoptimal mungkin. Satu hal yang harus Saudara sadari bahwa kesempatan tidak akan datang dua kali, karena itu gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, ingat hanya momentum yang menentukan keberhasilan Saudara. Selamat bergabung menjadi sivitas akademika Fakultas Ilmu Budaya Unikom.