Fakultaas Hukum

Dr. Hetty Hassanah S.H., M.H.

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh

Fakultas Hukum UNIKOM, menyelenggarakan pendidikan tinggi hukum melalui kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder di masyarakat saat ini, dengan bahan ajar yang selalu dimutakhirkan sedemikian rupa, termasuk beberapa mata kuliah yang berbasis teknologi informasi sebagai mata kuliah wajib, sehingga lulusan dari Fakultas Hukum UNIKOM diharapkan dapat menjadi Sarjana Hukum yang memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah hukum di era globalisasi saat ini. Fakultas Hukum UNIKOM memiliki Visi, Menjadi Fakultas Hukum terdepan, berwawasan global dan berjiwa Enterpreneur serta menjadi pusat unggulan di bidang hukum teknologi informasi/Cyberlaw, yang mendukung pembangunan nasional serta berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Sementara itu, Misi, Menyelenggarakan pendidikan tinggi ke arah masyarakat berwawasan hukum melalui sistem pendidikan yang kondusif, tenaga pengajar yang berkualitas berdasarkan budaya organisasi Fakultas Hukum UNIKOM, PIQIE (Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence) dengan mengoptimalkan sumber daya dalam bidang hukum teknologi informasi/Cyberlaw. Saat ini, terakreditasi “B”, berdasarkan SK BAN PT No. 4979/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 Tentang STATUS AKREDITASI DAN PERINGKAT TERAKREDITASI PROGRAM STUDI ILMU HUKUM PADA PROGRAM SARJANA LINIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA, BANDUNG.

Kemajuan di bidang teknologi informasi telah melahirkan berbagai kemudahan. Namun seiring dengan hal tersebut tidak sedikit yang menimbulkan berbagai persoalan baru yang merugikan banyak pihak dan menjadi sebuah pelanggaran hukum, dalam hal ini dibutuhkan ahli-ahli bidang hukum teknologi informasi. Fakultas Hukum UNIKOM memberikan mata kuliah ilmu hukum dan keahlian hukum pada umumnya serta mata kuliah yang berbasis dan menyentuh aspek teknologi informasi seperti Cyberlaw, Hardware dan Animasi Multimedia, sebagai mata kuliah kekhasan, sehingga lulusan Fakultas Hukum UNIKOM diharapkan dapat menjadi ahli di bidang hukum yang berbasis teknologi informasi, meliputi kompetensi dalam beberapa, hal antara lain:

  1. Kemampuan Teknis (Technical Capability), yang memiliki kemampuan untuk mengkaji dan mengembangkan ilmu hukum pada umumnya, dalam tataran teoritis dan praktis dalam menghadapi tuntutan dan kebutuhan stakeholder; memiliki keterampilan untuk mencari solusi (problem solving) atas masalah-masalah hukum pada tataran lokal, nasional, regional dan internasional termasuk masalah-masalah hukum yang berkaitan dengan teknologi informasi/cyberlaw.
  2. Kemampuan Manajerial (Managerial Capability), yang memiliki kemampuan untuk bekerjasama dalam kesatuan profesi di bidang hukum serta mampu berkomunikasi secara aktif, persuasif dan efektif, juga memiliki jiwa entrepreneur yang mampu mewujudkan prinsip-prinsip kerja profesional dan proporsional dalam bidang hukum.
  3. Berkepribadian, artinya mampu mengemban tugas dan tanggungjawab profesi hukum sesuai dengan norma-norma yang tumbuh berkembang dalam masyarakat; memiliki komitmen untuk selalu memperbaiki kualitas diri secara kontinyu, profesional, dapat dipercaya dan berjiwa sportif serta selalu responsif atas perkembangan mutakhir dan masalah-masalah yang terjadi.

Arah Pengembangan Fakultas Hukum UNIKOM periode 2020-2024, difokuskan pada peningkatan kualitas Pendidikan, Kualitas Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (PKM), serta kualitas Kemahasiswaan dan Lulusan berbasis Outcome yang dirancang melalui suatu sistem pengelolaan sistem pendidikan tinggi yang terarah dan terpadu dan mengacu pada Visi, Misi, Sasaran dan Tujuan Fakultas Hukum UNIKOM. Berdasarkan arah pengembangan Fakultas Hukum untuk masa 2020-2024, maka terdapat beberapa Kebijakan StrategisFakultas Hukum yang akan dibahas. Untuk mengimplementasikan arah pengembangan Fakultas Hukum tersebut, maka Kebijakan Strategis di Fakultas Hukum harus memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi pendidikan, kuantitas dan kualitas penelitian serta pengabdian pada masyarakat baik pada tingkat nasional maupun internasional di era globalisasi saat ini, yang mana hal ini telah selaras dengan misi dan tujuan Fakultas Hukum UNIKOM. Selain itu, Fakultas Hukum Unikom menyelaraskan kegiatan akademiknya dengan budaya PIQIE yang telah ditetapkan oleh Universitas yakni Profesional, Integrity, Quality, Information of Technology dan Exellence.

Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh

Dekan Fakultas Hukum UNIKOM


(Dr. Hetty Hassanah,S.H.,M.H.)