Berita

Webinar “Gelar Produk & Business Matching”, Upaya Divisi Inbiskom Unikom dalam Mengembangkan Usaha Mahasiswa

BANDUNG, UNIKOM – Divisi Inkubator Bisnis dan KUMKM Unikom menggelar webinar bertajuk “Gelar Produk & Business Matching” pada Sabtu, 15 Agustus 2020. Digelar melalui aplikasi zoom dan live youtube, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 105 orang peserta yang mendaftar yakni mahasiswa di lingkungan Unikom, para pelaku usaha serta masyarakat umum. Turut serta dalam kesempatan tersebut Kementerian Koperasi UKM RI, PT. BNI Tbk, PT. Bukalapak dan PT. Lion Super Indo.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh sambutan Rektor Unikom, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M,T., yang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut menjadi kesempatan untuk menampilkan hasil karya mahasiswa Unikom yang nantinya akan turut dibahas oleh para narasumber. “Mata kuliah kewirausahaan merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh program studi di Unikom, tentunya melalui Divisi Inbiskom menjadi sarana guna pengembangan keilmuan mata kuliah tersebut baik dari segi teori maupun praktik bagi mahasiswa.” ujarnya.

Lebih lanjut Rektor Unikom berharap “Melalui inovasi yang telah dihasilkan tersebut tentunya akan mengantarkan mahasiswa menjadi kandidat entrepreneur baru, telah diketahui bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan dengan seberapa besar jumlah entrepreneur di negara tersebut. Maka, semakin banyak jumlah entrepreneur, aktivitas perekonomian negara akan meningkat. Sejalan dengan tujuan mata kuliah entrepreneur, bahwa Unikom dapat menghasilkan entrepreneur baru bagi kemajuan ekonomi bangsa.” ungkapnya.

Dr. Hj. Dewi Kurniasih, M.Si., selaku Ketua Divisi Inbiskom Unikom mengatakan tujuan digelarnya kegiatan tersebut ialah untuk memfasilitasi mahasiswa untuk berwirausaha melalui inbiskom melalui tenan-tenan mahasiswa. “Peserta dalam kegiatan tersebut dikhususkan bagi mahasiswa Unikom yang sudah menjadi tenan inbiskom, diantaranya kategori yang hadir yaitu kategori bidang usaha makanan, konveksi, jasa, periklanan, obat dan herbal. Terima kasih atas kerjasama yang telah dibangun, semoga mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.” jelasnya.

Kegiatan yang digelar dalam memperingati Dies Natalis Unikom ke 20 pada 8 Agustus 2020 dan Hari Nasional UMKM Indonesia pada 12 Agustus 2020 tersebut menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya, diantaranya: 1) Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia. Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ir. Arif Rahman Hakim, M.S., 2) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat, Drs. H. Kusmana Hartadji, M.M., 3) Ketua HIPMI Jawa Barat, Surya Batara Kartika, 4) Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung, Hj. Kurnia Dadang Naser, dan 5) Ketua Kadin Kota Bandung, Ir.Iwa Gartiwa, M.M.

Antusiasme luar biasa ditunjukan oleh para peserta melalui sesi tanya jawab, dimana dalam kesempatan tersebut para peserta mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber. Melengkapi rangkaian agenda kegiatan, selanjutnya dilakukan sesi dokumentasi yang diikuti oleh para narasumber, para tamu undangan dan para peserta. (Direktorat Hms & Pro)