Berita

UPAYA MEMBENTUK GENERASI PROFESIONAL, KPM UNIKOM GELAR “KPM ACADEMY 4.0: CONNECTING AND HELPING IN FRATERNITY

BANDUNG, UNIKOM – Menjadi program kerja rutin yang digagas setiap tahunnya guna membentuk generasi yang profesional tanpa mengesampingkan sisi kesantunan dan etika sosial tengah diwujudkan oleh anggota Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom. Kegiatan yang bertajuk “KPM Academy 4.0: Connecting and Helping in Fraternity” tersebut, digelar secara online melalui aplikasi Zoom pada hari Senin & Selasa, 24-25 Agustus 2020.

Mengawali kegiatan, Ketua Pelaksana Elsya Amanda menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan tersebut ialah sebanyak 79 partisipan, diantaranya  anggota KPM Unikom, putra-putri Unikom, dan  para tamu undangan dari KPM kampus eksternal. “Tujuan digelarnya kegiatan tersebut ialah sebagai upaya meningkatkan dan mengasah kemampuan dalam bidang keprotokolan, public speaking, dan multimedia, serta meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama.” ujarnya.

Secara resmi, kegiatan dibuka oleh sambutan Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., yang sekaligus menjadi pembicara pada gelaran hari pertama webinar. Melalui sambutannya, Desayu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pembina KPM Unikom Arif Try Cahyadi, M.Ds., Ketua KPM Unikom Jasmine Aurellia, Ketua Pelaksana, KPM Sahabat, dan para partisipan yang hadir. “Meski kegiatan tersebut dilaksanakan secara online, namun tentunya kita harus tetap bersyukur akan karunia yang diberikan Tuhan untuk menggelar kegiatan positif.” ujarnya.

Lebih lanjut, Desayu mengatakan apresiasi positifnya atas kegiatan “Dalam proses penyesuaian diri dengan kondisi New Normal efek dari pandemi COVID-19. Namun, berkat motivasi yang tinggi untuk sharing dan kebersamaan KPM Unikom sehingga dapat menunjukan hasil kerja melalui kegiatan positif yang digelar berdasarkan program kerja KPM Unikom. Maka, manfaatkanlah kegiatan tersebut untuk berbagi ilmu dan pengetahuan mengenai materi yang akan disampaikan oleh para narasumber berdasarkan bidang ilmunya masing-masing.” jelasnya.

Pelaksanaan pelatihan “KPM Unikom Academy” terbagi menjadi tiga sesi, diawali materi tentang “Berkarya dan Produktif melalui Keprotokolan Perguruan Tinggi di masa Pandemi COVID-19” yang disampaikan oleh Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS. Dalam penjelasannya Desayu menyampaikan adanya kriteria pelayanan keprotokolan diantaranya: 1) Pelayanan harus sesuai atau memenuhi persyaratan yang ditentukan (SOP); 2) Pelayanan harus selalu berorientasi terhadap pengontrolan untuk mempertahankan kualitas; 3) Operasional pelayanan harus didasarkan pada perencanaan manajerial & konten; 4) Perilaku pelayanan harus berorientasi pada perasaa, harapan, keinginan dan kebutuhan; dan 5) Mempertahankan faktor martabat.

Selanjutnya, pada sesi kedua Dr. Rismawaty, S.Sos., M.Si., selaku Ketua Prorgam Studi Ilmu Komunikasi menjelaskan materi mengenai “Membangun Karakter dan Kepribadian yang Baik di Masa Pandemi”. Rismawaty mengatakan bahwa karakter menurut Puskur merupakan watak, tabiat atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakinkan dan digunakannya sebagai landasan untuk cara pandang berpikir, bersikap dan bertindak.  Adapun upaya membangun karakter dan kepribadian ialah dengan persona pribadi, seni menemukan diri sendiri, cermin diri, perubahan jalan keluar, dan investasi pada diri sendiri.

Sementara itu, sebagai penutup dalam sesi ketiga di hari kedua pelaksanaan kegiatan, materi ketiga mengenai “Bagaimana menjadi SDM yang Produktif dan Kreatif di Masa Pandemi” dipaparkan oleh Giri Cahya Pangestu, S.I.Kom., selaku Alumni KPM Unikom & CEO Dainan Syariah. Melalui kesempatan tersebut, Giri mengungkapkan bahwa “Menjadi SDM yang produktif dan kreatif harus didasari dengan rumus Ikhlas. Rumus ikhlas yaitu dengan terus mengejar mimpi dan hidup produktif, dimana dalam membuat sebuah langkah harus diikuti dengan tujuan, berjalannya proses juga evaluasi sehingga akan membangun setiap alur yang lebih positif ke depannya.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)