Berita

Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Jalin Kerjasama Dengan Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)

BANDUNG, UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia (Unikom Bandung), Indonesia Community Service and Empowerment (IComSE) Jalin kerjasama dengan Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI). Jumat, 30 April 2021 Pukul 09.30 WIB. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut digelar secara virtual melalui zoom meeting.

Turut hadir dari pihak Unikom Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto. S.T., M.T. Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi, dan Akreditasi Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S Soegoto, MBA. Direktur Penelitian, Pengabdian, Pemberdayaan Masyarakat (DP3M) Dr. Wendi Zarman, M.Si, Direktur Biro Administrasi Umum dan Kerjasama Dr. Adeh Ratna Komala, SE., M.Si Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si Direktur Jurnal dan Pubikasi Ilmiah Dr. Poni Sukaesih K., S.IP., M.Si, Ketua Divisi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DP2M) Dr. Tatik Fidowaty, S.IP., M.Si Para Pengelola Jurnal Program Studi di Lingkungan Unikom. Turut hadir dari pihak Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI) Ketua Umum APTI Ir. Sri Sunarjono, MT., Ph.D. Ketua Divisi Kerjasama & Publikasi APTI Dwi Guntoro Sukowati, ST., MT. beserta seluruh jajaran di lingkungan APTI.

Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Agus Riyanto menyatakan Unikom berdiri dari tahun 8 Agustus tahun 2000, dimana sebelumnya Unikom ini berasal dari lembaga pendidikan khusus. Seiring waktu usia 21 tahun Unikom masuk 100 Perguruan terbaik di Indonesia, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Yang saat ini menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Untuk mencapai posisi tersebut Unikom Tidaklah mudah namun perlu dnegan kerja keras untuk memajukan Unikom, sehingga Unikom menjadi sebuah kampus yang unggul dibidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi dan tentunya dibidang IT. Sehingga Unikom dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia. Pada kancah Nasional, Regional dan Internasional. Penandatanganan MoU dan MoA antara Unikom dengan APTI berharap membawa manfaat yang lebih besar bagi kedua belah pihak Agus Riyanto menyampaikan juga terkait jumlah jurnal yang sudah terakreditasi, “terdapat 20 lebih jurnal Unikom yang sudah terakreditasi. Salah satunya dari perguruan tinggi Tridarma yaitu, selain dipelajaran, pengabdian masyarakat. Agus berharap bahwa penandatanganan MoU dan MoA bukan sekedar formalitas belakang tetapi ini betul – betul menjadi mitra dikedua belah pihak terus berlanjut karena kita sama sama ingin memajukan perguruan di Indonesia.”ungkapnya

Ketua Umum APTI Sri Sunarjono menyampaikan APTI adalah organisasi Profesi yang menghimpun Tenaga Ahli dibidang Teknik. APTI didirikan pada Tanggal Dua Puluh Delapan Oktober Tahun Dua Ribu Tiga Belas (28-10-2013) di Semarang untuk jangka waktu yang tidak ditentukan lamanya. Kami sangat menyambut baik rencana kerjasama dengan Unikom kami sangat sepakat mudah – mudahan kerjasama ini tidak terbatas karena kesepakatan dari MoU dan MoA. Tetapi betul – betul bisa kita lanjutkan dengan kerjasama. Ditingkat Internasional kita akan upayakan jurnal ini nanti mendapatkan akreditasi sinta 1 atau 2 dan dengan kerja sama sangat berharap bahwa index secara Nasional mudah – mudahan dengan kerjasama denga APTI dapat berkontribusi kontruktif, positif dengan bidang-bidang atau aspek yang diperlukan.”ujarnya

Setelah kedua perwakilan memberikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandun of Agreement (MoA) yang dilakukan secara virtual dan melakukan sesi foto dokumentasi. Acara yang berlangsung selama kurang lebih satu jam tersebut diharapkan mampu membangun sinergi antara kedua belah pihak. Semoga kerjasama dapat membawa dampak yang nyata bagi perubahan pada kedua belah pihak. (Direktorat Hms & Pro)