BERITA

Unikom Sambut Kunjungan SMAK 5 Penabur Jakarta

Sabtu, 24 Agustus 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Auditorium Miracle Kampus I Unikom berlangsung penyambutan kunjungan dari SMAK 5 Penabur Jakarta yang bertandang ke Unikom pada Kamis (22/8/2019). Kunjungan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang penerapan ilmu pengetahuan di level perguruan tinggi, diikuti oleh ± 200 siswa/I kelas XII SMAK 5 Penabur Jakarta bersama 14 guru pendampingnya.

Mengawali kesempatan tersebut, Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, mewakili Rektor Unikom, mengucapkan terima kasih karena telah memilih Unikom sebagai salah satu kampus yang dikunjungi di Kota Bandung. Sehingga melalui pertemuan ini, terjalin hubungan baik antara Unikom dengan pihak sekolah yang diharapkan dapat berkelanjutan atau sustainable.

Sekilas memperkenalkan tentang Unikom, adalah salah satu kampus yang usianya baru menginjak 19 tahun namun telah meraih beragam prestasi membanggakan. Belum lama ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi ( Kemenristekdikti) telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019, dimana dari ± 4.700 perguruan tinggi di Indonesia, Unikom masuk ke dalam 100 perguruan tinggi terbaik level nasional dengan menempati posisi ke-79 dan 10 universitas swasta terbaik Jawa Barat di posisi ke-8.

Lebih lanjut, Desayu menjelaskan bahwa Unikom senantiasa melakukan peningkatan kualitas baik dari sisi SDM, sarana, dan prasarana secara berkelanjutan. “Termasuk mempertahankan apa yang menjadi ciri khasnya yakni membekali seluruh mahasiswa dari berbagai program studi dengan sejumlah mata kuliah wajib, antara lain aplikasi komputer baik hardware maupun software selama tujuh semester, dan mata kuliah kewirausahaan, serta animasi dan multimedia, sehingga ketika mereka lulus tidak hanya memiliki kemampuan sesuai bidang keilmuannya masing-masing tetapi ada softskill tambahan yang sangat bermanfaat di dunia kerja ataupun bagi mereka yang ingin menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,” tuturnya.

Berbagai program beasiswa untuk calon mahasiswa baru atau mahasiswa aktif Unikom turut disampaikan dalam kesempatan ini, diantaranya beasiswa unggulan, beasiswa bidikmisi, beasiswa prestasi pendidikan akademik, dan sebagainya. Bahkan Unikom membuka kesempatan luas bagi mahasiswa yang ingin menempuh program double degree, dengan sejumlah perguruan tinggi di Korea, Malaysia, dan Jepang. Melengkapi pengenalan tentang Unikom, peserta kunjungan disuguhi tayangan video yang menggambarkan Unikom dengan berbagai prestasinya.

Memasuki agenda inti, hadir Direktur Inovasi dan Kompetisi, Dr. Yusrila Y. Kerlooza, S.Si.,M.T dan Perwakilan Direktur Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI), Donny Reza, S.Kom, yang memberikan informasi terkait bidang kerjanya masing-masing. Yusrila menjelaskan bahwa Unikom memiliki sejumlah divisi yang mewadahi mahasiswa untuk berinovasi dan menciptakan berbagai karya, sebut saja diantaranya: 1) Divisi Robotika; 2) Divisi Roket; 3) Divisi Embedded System Research Group (ERG); 4) Divisi CodeLabs; dan 5) Divisi Animasi dan Multimedia. Masing-masing diantaranya telah membawa harum nama Unikom tidak hanya di kancah nasional tetapi juga internasional.

Sementara itu, Donny memperkenalkan berbagai sistem berbasis online yang dimiliki Unikom dan dipalikasikan oleh seluruh civitas akademikanya. Salah satunya adalah website Unikom, gerbang informasi pertama yang mudah diakses oleh masyarakat ketika ingin menggali informasi tentang Unikom. Selanjutnya terdapat beberapa fasilitas online, seperti perwalian online, kuliah online, dashboard mahasiswa, dan yang terbaru adalah Unikom Learning Management System (LMS).

Merespon positif sambutan baik Unikom kepada pihak sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAK 5 Penabur Jakarta, Dermawan Saragi, M.Si, mengharapkan kegiatan ini dapat memperluas cakrawala berpikir para siswa dan semakin memahami perkembangan ilmu pengetahuan di perguruan tinggi. Sehingga menjadi bekal yang dapat dimanfaatkan ketika mereka lulus dari sekolah dan berencana melanjutkan studi ke perguruan tinggi. “Perjalanan kita kesini akan menentukan masa depan para siswa, jadi manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mencari gambaran dunia perguruan tinggi,” tuturnya.

Usai pemaparan materi, dilakukan sesi pertukaran cinderamata sebagai bentuk kenang-kenangan antara Unikom dengan SMAK 5 Penabur Jakarta. Selanjutnya, agenda kunjungan diakhiri dengan sesi tour campus melihat berbagai fasilitas perkuliahan di Unikom, seperti Perpustakaan, Unikom TV dan Unikom Radio, dan Laboratorium di Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Kuisioner Tracer Study 2019: Isi Kuisioner Bertabur Hadiah
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019