BERITA

Unikom Resmi Melantik Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018

Rabu, 13 September 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menggelar Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2017/2018 bertepatan dengan peringatan Dies Natalis Unikom ke-17, yang dilaksanakan pada Senin (11/9). Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, mengukuhkan 1.746 mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia, tujuh mahasiswa diantaranya merupakan program Darmasiswa dan tiga mahasiswa dari Internasional Program.

PMB Unikom TA 2017/2018 telah membuka pendaftaran dan seleksi Ujian Saringan Masuk (USM) untuk jenjang D3, S1, dan S2, sejak 1 Maret-19 Agustus 2017. Seperti diungkapkan Ketua Pelaksana PMB Unikom TA 2017/2018 juga sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra, S.E., M.Si, bahwa proses seleksi tersebut rutin dilakukan Unikom dengan membaginya pada tiga gelombang hingga Unikom pun dapat memenuhi target yang ditetapkan. “…perkembangan saat ini, Unikom mampu mencapai target karena untuk meningkatkan kualitas harus seiring dengan fasilitas sarana dan prasarana yang kian mendukung, termasuk SDM yang ada di dalamnya. Sehingga kami memilih para mahasiswa yang memang siap berkomitmen dengan Unikom untuk menggali ilmu semaksimal mungkin, eksplor pengetahuan dan bakat melalui berbagai kompetisi, dan bersama-sama membangun kampus ini menjadi lebih hebat, karena jaminan Unikom adalah kualitas,” ujarnya.

Ketatnya proses penyeleksian mahasiswa baru guna menjaga kualitas peguruan tinggi telah menggambarkan bahwa Unikom tidak semata-mata mengedepankan sisi kuantitas, tetapi juga mempertahankan bahkan meningkatkan kualitasnya menuju The World University. “Kami harapkan mahasiswa baru yang kita terima tahun ini menjadi kandidat-kandidat yang lebih baik, karena mereka berhasil melewati proses penyeleksian tersebut. Semoga mereka bisa melanjutkan prestasi yang sudah dicapai oleh mahasiswa Unikom dari angkatan sebelumnya,” tutur Rektor Unikom.

 

Acara yang dihadiri oleh perwakilan Yayasan Science dan Teknologi, Civitas Akademika Unikom, serta para tamu undangan, dimanfaatkan sebagai ajang untuk memberikan apresiasi dalam bentuk tabungan dan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi di tingkat regional, nasional, hingga internasional, serta penyerahan beasiswa, diantaranya: 1) Beasiswa Yayasan; 2) Beasiswa Rektor; 3) Beasiswa Mahasiswa Berprestasi BNI’46; 4) Beasiswa YPK A & A Rachmat; 5) Beasiswa BPP-PPA; 6) Beasiswa Bawaku; dan 7) Beasiswa Bidikmisi.  Penghargaan juga diberikan kepada dosen teladan dan berprestasi, karyawan teladan, serta penghargaan sepuluh tahun pengabdian kepada Unikom.

Hal yang berbeda pada prosesi PMB Unikom tahun ini, dimana para mahasiswa baru Unikom turut disambut oleh Bima, Nakula, dan Sadewa. Mereka adalah Robot Icon Unikom karya Divisi Robotika, yang desainnya merupakan hasil sayembara desain robot induk dan robot anak, karya mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unikom, diantaranya: 1) Azis Nugraha; 2) Ongki Setiawan; 3) Muhammad Rizky Chandra; dan 4) Muhammad Ali Akbar.

Hadirnya Bima, Nakula, dan Sadewa telah direncanakan oleh Rektor untuk menampilkan ketiga robot tersebut di berbagai kegiatan seperti, PMB, Wisuda, Internasional Conference, Workshop, atau pameran-pameran dan acara pemerintahan, karena hal ini menjadi salah satu brand Unikom yang membanggakan. “Robot ini memang harus kita ciptakan karena Unikom telah dikenal sebagai ‘kampus robot’ yang menjuarai kompetisi di bidang robotika selama delapan kali berturut-turut. Icon inilah yang akan menggambarkan jati diri Unikom sebagai kampus berprestasi yang bisa membangun kerjasama tim dengan baik di bidang ICT maupun robotika,” jelas Rektor.

Usai sidang terbuka dan prosesi senat Unikom berakhir, agenda dilanjutkan dengan pengarahan kepada mahasiswa baru terkait dengan pengetahuan umum yang perlu diketahui oleh mahasiswa Unikom, yaitu etika kemahasiswaan, asuransi, visi dan misi, serta pengarahan dari beberapa direktorat di Unikom. Resmi dilantiknya para mahasiswa baru TA 2017/2018, diharapkan mereka bisa berkomitmen pada janji mahasiswa untuk menjadi kandidat-kandidat terbaik generasi penerus bangsa yang mengharumkan nama Unikom dan Indonesia melalui beragam prestasi yang ditorehkannya. (Direktorat Hms & Pro)

 

UKM Mapaligi Unikom Raih Gelar Juara
Senin, 25 September 2017
Tingkatkan Kemampuan Bidang Keprotokolan melalui “KPM Unikom Academy”
Senin, 25 September 2017
Rapat Koordinasi Persiapan Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017
Senin, 25 September 2017

November 2017