BERITA

Unikom Menyambut Kunjungan SMP Taruna Bakti Kota Bandung

Jumat, 06 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 30 siswa/I Kelas VIII-C SMP Taruna Bakti Kota Bandung bersama Wali Kelas, Rully Setia Ramdani, S.Sn, M.Pd dan beberapa perwakilan Orang Tua Murid mengadakan kujungan ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dalam rangka ‘Pertemuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG)’ yang telah menjadi agenda rutin sekolah tersebut. Kunjungan pada Selasa (3/10) pukul 15.00 WIB disambut oleh Direktur Internal Control Unikom, Dr. Dedi Sulistiyo, S.T.,M.T dan Ketua Divisi Robotika Unikom, Rodi Hartono, S.T., M.T., di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom.

Mengawali kunjungan tersebut, Dedi Sulistiyo menyampaikan ucapan selamat datang kepada guru, orang tua murid, serta siswa/I Kelas VIII-C SMP Taruna Bakti Kota Bandung di Unikom. Dalam sambutan pembukanya, beliau pun memperkenalkan Unikom sebagai perguruan tinggi berbasiskan IT yang memiliki berbagai bidang keilmuan baik teknik maupun non teknik dengan mengedepankan wawasan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) kepada para mahasiswanya.

“Saat ini dunia IPTEK semakin berkembang, sehingga tidak ada lagi batas teknologi. Atas dasar itulah, Unikom membekali mahasiswa dengan wawasan IPTEK sehingga mampu menghasilkan berbagai macam produk dan karya, dengan mengkolaborasikan masing-masing bidang keilmuan dan teknologi. Terbukti sudah banyak prestasi yang diraih Unikom melalui karya-karya dosen ataupun mahasiswa yang inovatif dan tentunya bermanfaat,” ujar Dedi.

Memasuki acara inti yakni sesi wawasan IPTEK, diisi pemaparan tentang Robot oleh Ketua Divisi Robotika, termasuk memperkenalkan berbagai jenis robot yang telah diciptakan Divisi Robotika Unikom dan berhasil menduduki juara bertahan pada banyak kompetisi di tingkat nasional maupun internasional, salah satunya Kontes Robot Internasional di USA. Bagi Rodi, kompetisi adalah hal yang penting sebagai ajang pemikiran bersama untuk mengasah ide dan menciptakannya dalam bentuk karya nyata.  

Tidak hanya berkompetisi, Divisi Robotika Unikom pun mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi melalui hasil riset, penelitian, dan kompetisi yang selama ini dilakukan, salah satunya melalui kerjasama dengan dunia industri. Bersama timya, Rodi pun ikut serta mendukung perkembangan kampus Unikom dengan menciptakan Bima, Nakula, dan Sadewa sebagai Robot Icon Unikom, dimana salah satunya yakni Nakula turut ditampilkan dalam pelaksanaan kunjungan tersebut.

Guna mengetahui berbagai prestasi dan kegiatan di Unikom, para perserta kunjungan pun disuguhi tayangan tentang Unikom untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang dunia IPTEK khususnya yang diterapkan di Unikom. Sebelum mengakhiri kegiatan tersebut, Direktur Internal Control memberikan cinderamata sebagai bentuk kenang-kenangan kepada SMP Taruna Bakti Kota Bandung.

Pelaksanaan kunjungan yang dibantu oleh Staf Direktorat Humas dan Protokoler, Staf Direktorat AP2SC, bersama Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom, dilanjutkan dengan agenda tour campus mengunjungi Studio Unikom TV dan Unikom Radio. Pengenalan dan pengarahan mengenai studio tersebut disampaikan oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Dr. Rismawaty, M.Si, untuk selanjutnya diberikan penjelasan lebih lengkap terkait berbagai alat, fasilitas, dan fungsi masing-masing studio oleh Oki Achmad Ismail, M.I.Kom dan Sangra Juliano P, M.I.Kom. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh beberapa siswa/I untuk mempraktikannya secara langsung baik sebagai news anchor maupun announcer. Mengakhiri kunjungan tersebut para peserta diajak berkeliling Perpustakaan Unikom untuk melihat berbagai fasilitas yang tersedia di dalamnya. (Direktorat Hms & Pro)

 

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom
Rabu, 19 Juni 2019
Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019