Berita

Unikom Gelar Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1441 H secara Virtual

BANDUNG, UNIKOM – Secara rutin setiap tahunnya, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) gelar Halal Bihalal bagi sivitas akademika Unikom sebagai bentuk jalinan silaturahmi pasca Hari Idul Fitri. Demikian juga pada tahun ini 1441 H,  meskipun dilakukan dengan cara yang berbeda yaitu secara virtual, hal ini masih akibat pandemi COVID-19 yang belum menurun di Indonesia demikian juga di Jawa Barat, sehingga Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berksala Besar (PSBB) sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona-19 tersebut.

Bertolak dari hal tersebut, Unikom pun memperpanjang Work From Home (WFH) bagi dosen dan karyawan hingga masa PSBB berlaku. Halal Bihalal yang digelar secara virtual melalui media Zoom pada Selasa, 2 Juni 2020 tersebut  bertajuk “Silaturahmi Virtual Hari Raya Idul Fitri 1441 H”. Hadir pada HBH virtual tersebut Pimpinan Yayasan Science & Technology, Pimpinan di Jajaran Rektorat, Dekanat, direktorat, program Studi, Divisi, kabiro dan pimpinan berbagai bidang kerja, dosen, karyawan di lingkungan Universitas komputer Indonesia.

Usai mendengarkan pembacaan Ayat Suci Al-Quran Surat Al-Imran ayat 133-136 oleh saudara Rizky Supriyatna. Master Of Ceremony (MC)  mensilakan Rektor Unikom, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T menyampaikan sambutannya. Rektor Unikom mengawali sambutannya dengan menyapa hangat seluruh sivitas akademika Unikom dengan mengucapkan maaf lahir batin pada seluruh sivitas akademika Unikom. Beliau menuturkan “Unikom tetap melaksanakan Silaturahmi atau Halal Bihalal meskipun di tengah wabah pandemi, walau berada dalam situasi seperti ini kita harus tetap menjalin silaturahmi meski berjalan secara virtual. Tujuan digelarnya Halal Bihalal ini yakni sebagai bentuk silaturahmi setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Selain itu, sejak Unikom melakukan WFH pada 21 Maret 2020, maka kerinduan sivitas akademi Unikom sudah terasa sangat mendalam, sehingga mendorong kita untuk melakukan bersilaturahmi secara virtual ini ” ujarnya.

Lebih lanjut, dalam kesempatan itu, Rektor Unikom menjelaskan terkait Surat Edaran Rektor Unikom tanggal 2 Juni 2020 membahas 2 (dua) poin diantaranya 1) menjelaskan mengenai 1) Perpanjangan WFH hingga 15 Juni 2020 bagi dosen dan karyawan serta 2) Perpanjangan kuliah daring hingga semester genap TA 2019/2020, sehingga mahasiswa diperkirakan akan aktif kuliah di kampus sekitar tanggal 15 September 2020, meskipun Unikom akan terus melihat perkembangan Corona-19, berdasarkan keputusan Pemerintah atau pihak berwenang.

Memasuki agenda inti, dalam kegiatan tersebut diisi dengan mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sofyan Sauri selaku Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), sekaligus Dosen Luar Biasa di Unikom. Almukarram menyampaikan ceramahnya pada Acara Hahal bihalal tersebut dengan tajuk “Merajut Kebersamaan, Menata Kehidupan dan Mengeratkan Persaudaraan”. Dalam Ceramahnya, beliau menjelaskan Q.S Al-Hujurat: 13, menghimbau sivitas akademika Unikom akan makna kebersamaan yaitu: 1) Mengamalkan prinsip as-syu’ub, yakni menerima eksistensi dan perbedaan, suku bangsa lain sebagai anugerah rahmat dari Allah SWT., serta 2) Nahdhariyah al-nahdha, yaitu menerima eksistensi kemanusiaan bahwa manusia merupakan ciptaan Allah SWT yang memiliki kesamaan hak antara yang satu dengan yang lainnya.

Selanjutnya, Almukaram menyampaikan bagaimana tips membina diri menjadi pribadi yang pemaaf  diantaranya: 1) Pahami tentang sifat Allah SWT yang maha pemaaf, 2) Pahamilah manusia dan diri sendiri, 3) Pahami kebaikan orang lain, 4) Mengingat kebaikan orang lain, 5) Mengingat keburukan diri sendiri, 5) Buang rasa dendam, dan 6) Selalu berdo'a kepada Allah agar diberikan kelapangan hati.

Melengkapi rangkaian acara Halal Bihalal tersebut, Dr. Desayu Eka Surya,. S.Sos., M.Si, CICS, Direktur Humas dan Protokoler Unikom, selaku Master of Ceremony (MC) memberi kesempatan kepada Jajaran Rektorat, Dekanat, Dewan Kehormatan dan Guru Besar Unikom, untuk menyapa dan memberikan Ucapan Idul Fitri secara bergilir kepada sivitas akademika Unikom yang hadir pada Halal Bihalal secara virtual tersebut. MC pun tidak lupa mengenang Almarhumah Prof. Dr. Hj. T. Fatimah Djadjasudarma, selaku Dekan Fakultas Sastra yang pergi untuk selamanya meninggalkan Unikom, kembali kepada sang Pencipta pada Bulan Ramadhan 1441 H. Tamu virtual pada halal bihalal tersebut di bawah panduan MC membacakan Surat Al-Fatihah bersama untuk almarhumah. Halal Bihalal secara virtual tersebut ditutup dengan dokumentasi bersama secara virtual yang di bawah panduan panitia. (Direktorat Hms & Pro)