Berita

Tim UPA MKWK UNIKOM Gelar Lokakarya Pengelolaan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) Berbasis Proyek

BANDUNG, UNIKOM – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola pembelajaran dengan lebih efektif, Tim Unit Pelaksana Akademik (UPA) Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) UNIKOM menyelenggarakan Lokakarya Pengelolaan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK), bagi para Dosen Pengampu Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan Agama.

Bertempat di Ruang 10.010 Lantai 10 Smart Building UNIKOM, rangkaian kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNIKOM, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., M.Pd., yang juga bertindak selaku Ketua Tim UPA MKWK UNIKOM. Adapun agenda utama kegiatan lokakarya adalah Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) MKWK Berbasis Proyek.

Dalam sambutan pembukanya, Prof. Umi menyampaikan syukur alhamdulillah kepada Allah SWT, atas berkah-Nya, para Dosen Pengampu Mata Kuliah MKWK diperkenankan bertemu untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dari nara sumber ahlinya MKWK dari Universitas Gajah Mada (UGM), yaitu Dr. Arqom Kuswanjono, M.Hum.  Ia berharap, mudah-mudahan melalui lokakarya tersebut, Kurikulum Mata Kuliah MKWK di UNIKOM yang disusun secara bersama-sama, dapat terintegrasi di dalam RPS berbasis proyek. “Hal ini sangat penting, karena itu adalah cikal bakal kita semua untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air, dan kepedulian pada diri sendiri, sesama, dan lingkungan sekitar, teristimewa dalam meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”, demikian tuturnya.

Agenda kegiatan dilanjutkan pemaparan materi yang disampaikan Dr. Arqom Kuswanjono, M.Hum., berjudul “Konsep dan Manfaat Project Based Learning (PBL) dalam Mata Kuliah Wajib” pada sesi pertama. Dilanjutkan membahas materi tentang “Penyusunan RPS berbasis PBL, Strategi Pengajaran dan Penilaian dalam PBL, Implementasi dan Pengelolaan Proyek dalam RPS” pada sesi kedua., dan kegiatan “Penyusunan RPS berbasis PBL untuk Mata Kuliah MKWK” disertai diskusi dan tanya jawab pada sesi ketiga, dan diakhiri dengan foto bersama guna dokumentasi.

Lokakarya Pengelolaan Pembelajaran Mata Kuliah MKWK berbasis proyek tersebut merupakan tindak lanjut dari Forum Grup Discussion (FGD) Tim UPA MKWK yang telah dilaksanakan terleih dulu pada 18 September yang lalu. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Umi juga menyampaikan, bahwa Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam MKWK perlu dikembangkan untuk mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa secara holistik, mengintegrasikan teori dan praktek, serta memperkuat kolaborasi dan inovasi. (Direktorat Hms & Pro).