Berita

Tim Codelabs UNIKOM Harumkan Almamater UNIKOM melalui Kompetisi ldenTIK 2022

Tim Codelabs UNIKOM Kembali mengharumkan Almamater UNIKOM melalui Kompetisi ldenTIK 2022 setelah meraih Juara ke-III dan berkesempatan untuk mengikuti tahapan penyeleksian menjadi perwakilan Indonesia sebagai finalis AICTA 2023 yang akan digelar di negara Filipina.

ldenTIK (Indonesia Entrepreneur Teknologi dan lnformasi) merupakan program pengembangan dari ID.UP, sebuah wadah kompetisi untuk menggali potensi produk TIK karya anak bangsa yang mampu unjuk gigi di mata dunia. Setelah ditetapkan sebagai finalis Seleknas “IdenTIK”, peserta yang terpilih akan dibawa ke Ajang AICTA. AICTA (Asean ICT Award) adalah program dan proyek prestisius yang disetujui oleh Menteri-menteri telekomunikasi negara ASEAN. AICTA bertujuan untuk menjadi tolak ukur kesuksesan dalam hal inovasi dan kreativitas. IdenTIK dan AICTA adalah sarana sekaligus ajang kompetisi untuk mendorong pertumbuhan pelaku industri lokal serta tersedianya perangkat lunak dari pengembang lokal yang berkualitas dan siap bersaing pada kawasan ASEAN dan global.

Dilansir dari aptika.kominfo.go.id, Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, menyatakan bahwa “karya yang telah terpilih pada IdenTIK 2022 akan memperoleh pembinaan serta pelatihan untuk menghadapi kompetisi regional AICTA 2023”. Selain memperoleh pembinaan, para pemenang IdenTIK 2022 juga akan menerima uang pembinaan dengan total nilai Rp30 juta, free credits dari Xendit, kesempatan mengikuti tahapan program Startup Studio Indonesia, dan tahapan program inkubasi 1.000 startup digital. Termasuk pula kredit senilai USD10.000 hingga USD25.000 dari Amazon Web Services (AWS). Untuk itu Bonifasius pun berharap bahwa melalui “IdenTIK diharapkan dapat membentuk karya TIK yang mampu memberikan solusi sekaligus mendorong sektor ekonomi digital Indonesia agar berdaya saing di tingkat regional ASEAN maupun global,” ungkapnya.

Pada Kompetisi kali ini, Tim Codelabs UNIKOM yang beranggotakan 3 Mahasiswa yang berasal dari Program Studi Teknik Informatika UNIKOM yaitu: 1. Muhammad Rafi, 2. Muhammad Rafi, 3. Adinda Regita Afifah Cahyani dengan Dosen Pembimbing: 1. Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom., M.T., dan 2. Dian Dharmayanti, S.T., M.Kom., merancang sebuah platform bernama “Nusantaraverse” yang merupakan platform kebudayaan interaktif dan menyenangkan yang memanfaatkan teknologi Virtual Reality. Nusantaraverse dapat memberikan pengetahuan mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia.

(Sumber Informasi : Divisi Codelabs UNIKOM)

#Unikom #UnikomJuara #UnikomBangga #Identik2022 #CodelabsUnikom #Unikombandung #Kampusbandung #kampusjuara #kampusmerdeka #Merdekabelajar