Berita

Studi Banding Universitas Garut Guna Meningkatkan Tata Kelola Kelembagaan dan Menjalin Kerjasama dengan UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM -  Rabu, 17 Januari 2024, Rektor Universitas Garut (UNIGA) bersama unsur pimpinan terkait dan sejumlah mahasiswa melaksanakan kegiatan Studi Banding ke kampus UNIKOM, dalam rangka meningkatkan pengelolaan kelembagaan kampus serta menjalin kerjasama dengan UNIKOM.

Bertempat di Ruang Grand Meeting Lt. 15 Smart Building UNIKOM, agenda kegiatan dibuka dengan penayangan video profil UNIKOM, diikuti dengan penayangan video sekilas tentang UNIGA.

Pada awal sambutannya, Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., memperkenalkan jajaran unsur pimpinan UNIKOM yang turut hadir pada pertemuan tersebut, antara lain, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra.,SE.,M.Si, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama, Assoc. Prof. Dr Agus Riyanto, S.T.,M.T., CSBA., Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi, dan Akreditasi, Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S. Soegoto, MBA., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Assoc. Prof. Dr Ely Suhayati, S.E., M.Si., Ak. CA., Direktur Biro Administrasi Umum dan Kerjasama, Dr. Adeh Ratna Komala, SE.,M.Si., dan Direktur Publikasi Internasional, Dr. Senny Luckyardi, S.P., M.M.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Eddy memaparkan sekilas sejarah singkat berdirinya UNIKOM. Selain itu, ia pun menuturkan bahwa UNIKOM saat ini telah memiliki dua International Conference, yaitu INCITEST dan ICOBEST guna memfasilitasi dosen-dosen dalam meningkatkan cum-nya. “Kerjasama antar perguruan tinggi sangat penting dilakukan untuk bisa berbagi pengalaman, serta saling memberikan input-input positif supaya bisa sama-sama memajukan kampus masing-masing”, tuturnya.

Lebih lanjut Prof. Eddy menyampaikan kata kunci yang menjadi prinsip untuk mengembangkan UNIKOM adalah “efisien, efektif, dan produktif”. Tidak lupa ia menyampaikan terimakasih atas penerimaan yang sangat baik dari UNIGA atas kunjungan studi banding dari UNIKOM. Demikian pula pada kunjungan balasan dari UNIGA ke UNIKOM, semoga dapat memberi kesan yang baik pula. “Mudah-mudahan, melalui kerjasama antara UNIKOM dan UNIGA, kita bisa sama-sama sharing, berbagi pengetahuan untuk meningkatkan pendidikan”, demikian pungkasnya.

Rektor UNIGA, Dr. Ir. H. Abdusy Syukur Amin, M.Eng., IPU., dalam sambutannya menyampaikan puji dan syukur kepada Allah SWT, dan terimakasih kepada Rektor UNIKOM yang telah berkenan menerima kunjungan UNIGA untuk Studi Banding dan menjalin kerjasama. UNIGA berdiri tahun 1978 sekaligus menjadi pelopor perguruan tinggi di Kabupaten Garut, dengan berbagai potensi yang dimilikinya. Selanjutnya Dr. Abdusy menyatakan kerjasama UNIGA dnegan UNIKOM diharapkan menjadi satu kombinasi yang saling melengkapi. “Kami ingin belajar bagaimana mendorong untuk meningkatkan kualitas universitas kami, sehingga bukan hanya dikenal di wilayah Priangan Timur saja, tetapi bisa menembus tingkat nasional, bahkan internasional, seperti UNIKOM”, ujarnya.

Agenda pertemuan dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UNIKOM dengan UNIGA, yang ditandatangani oleh Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T. dengan Rektor UNIGA, Dr. Ir. H. Abdusy Syukur Amin, M.Eng., IPU. Dilanjutkan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan FEB UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Elly Suhayati, SE., M.Si., AK.CA. dengan Dekan FE UNIGA, Dr. Wati Susilawati, SE., M.Si.

Penandatanganan MoU dan MoA tersebut, juga turut disaksikan unsur pimpinan FE UNIGA, antara lain, Wakil Reltor IV Bidang Kerjasama dan Inovasi, Dr. Irfan Nabhani, S.E., M.T., Wakil Dekan I, Dr. Muslim Alkautsar, S.E., M.Si., Wakil Dekan II, Dr. Hj. Tinneke Hermina, S.T., M.Si., dan Wakil Dekan III, Dida Farida LH, S.E., M.Si., Ak.CA.

Usai penandatanganan MoU dan MoA, agenda kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi UNIGA dengan bidang terkait di UNIKOM. Di Lantai 16 berlangsung konferensi dengan menghadirkan Direktur Publikasi Internasional, Dr. Senny Luckyardi, S.P.M.M., Dekan Fakultas Desain, Prof. Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si., Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah, Assoc. Prof. Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si., dari UNIKOM, sementara dari UNIGA diwakili oleh Kaprodi S1 Bisnis Digital, Dini Turipan Alamanda, S.Tp., M.S.M., Ketua UPPM, Fitrin Rawati Suganda, S.E., M.S.M., dan Manajer Jurnal, Wufron, S.E., M.S.M. Sementara di Ruang Dekan Lantai 10 berlangsung pertemuan lanjutan antara Dekan FEB UNIKOM, Assoc. Prof. Dr Ely Suhayati, S.E., M.Si., Ak. CA., dengan Wakil Dekan III, Dida Farida LH, S.E.,M.Si.Ak.CA. Masih di lantai 16, berlangsung diskusi terkait Sertifikat IT yang dilakukan Bobi Kurniawan, S., S.T., M.Kom., selaku Direktur Aplikasi Pengembangan, Pelatihan & Service Center UNIKOM dengan Ketua Sistem Informasi UNIGA, Fikri Fahru Roji, S.T., M.Kom.

Bertempat di Ruang Seminar Lantai 10, berlangsung Studi Banding terkait Kurikulum Program Studi Akuntansi S1, Manajemen S1, dan Akuntansi D3. Diskusi Manajemen dan SPMI dihadiri Kaprodi Manajemen S1, Dr. Linna Ismawati, S.E., M.Si. dan Kaprodi Manajemen Pemasaran D3, Dr. Lita Wulantika, M.Si. dari UNIKOM dan dari UNIGA dihadiri oleh Kaprodi S1 Manajemen, Rohimat Nurhasan, S.E., M.Si., dan Sekprodi S1 Manajemen, Hedi Cupiadi, S.E., M.Si. Pada lantai yang sama, di Ruang 10.010 berlangsung diskusi Akuntansi dan SPMI, yang dihadiri Kaprodi Akuntansi S1, Dr. Surtikanti, S.E., M.Si., Ak.CA., Kaprodi Akuntansi D3, Adi Rachmanto, S.Kom., M.Kom., Direktur Quality Assurance, Assoc. Prof. Dr. Siti Kurnia Rahayu, S.E., M.Ak., Ak.CA., dan SPMI Fakultas, Assoc. Prof. Dr. Inta Budi Setya Nusa, S.E., M.Ak., dan dari pihak UNIGA dihadiri oleh Mochamad Romdhon, S.E.,M.Si, selaku Kaprodi S1 Akuntansi, Kaprodi D3 Akuntansi, Erik Kartiko, S.E., M.Si., Sekpro S1 Akuntansi, Winda Nangsih, S.E., M.Ak., dan Kaprodi S1 Pariwisata, Dani Adiatma, S.Par., M.M. Par.

Andrias Darmayadi, S.IP., M.Si., Ph.D, selaku Direktur Kemahasiswaan UNIKOM berdiskusi tentang Tata Kelola Organisasi Mahasiswa dengan Wakil Dekan III UNIGA, Dida Farida LH, S.E.,M.Si.Ak.CA. di Ruang Direktur Kemahasiswaan, Lantai 1 Miracle Building UNIKOM. Selain konferensi, diskusi, dan studi banding yang dilakukan para pimpinan kedua universitas, mahasiswa UNIGA yang turut hadir untuk mengikuti kegiatan, juga melakukan studi banding terkait Collaborative Learning di bidang bisnis digital, meliputi animasi dan televisi dengan mengunjungi UTV, Hits Radio UNIKOM, dan Perpustakaan UNIKOM. Agenda kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan campus tour yang diikuti oleh seluruh partisipan, dan diakhiri foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro).