Berita

Studi Banding UKKPK Universitas Negeri Padang ke Unikom

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) semakin dikenal baik oleh khalayak luas atas keunggulan dan prestasi yang diraih di berbagai bidang. Tidak sedikit dari kalangan publik eskternal yang berkeinginan menjalin kerjasama ataupun menggali informasi tentang sepak terjang dan keunggulan Unikom, melalui kegiatan yang difasilitasi Unikom salah satunya kunjungan atau studi banding.

Seperti dilakukan oleh Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus (UKKPK) Universitas Negeri Padang (UNP) yang berkesempatan melakukan studi banding ke Unikom guna berdiskusi terkait bidang Master of Ceremony (MC) dan Keprotokolan bersama Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom. “Terimakasih atas sambutan baiknya dari Unikom khususnya KPM Unikom. Harapan kami, kesempatan kali ini bisa menjadi momen diskusi untuk menggali pengetahuan lebih banyak tentang salah satu bidang yang ada di UKKPK UNP yaitu MC da Keprotokolan. Selain itu, kami juga mempunyai dua fokus bidang lainnya yang dipelajari yakni jurnalistik penyiaran dan radio broadcast. Dimana tahun ini kami mempelajari ketiga bidang tersebut melalui studi banding ke beberapa radio dan stasiun TV di Jakarta, serta organisasi keprotokolan mahasiswa di Bandung yaitu KPM Unikom ”, ujar Sdr. Tri Aryo Ihsan selaku Ketua Umum UKKPK UNP.

Pelaksanaan studi banding yang disambut di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Sabtu (13/1), dihadiri 50 perwakilan mahasiswa UKKPK UNP. Sesuai dengan harapan dan keinginan unit kegiatan tersebut untuk menggali informasi lebih dalam mengenai bidang MC dan Keptorokolan, Arif Try Cahyadi, M.Ds selaku Staf Protokoler Unikom juga Pembina KPM Unikom menyambut baik dan mengucapkan rasa terimakasihnya karena UKKPK UNP telah memilih KPM Unikom sebagai satu-satunya organisasi keprotokolan mahasiswa yang dikunjungi pada studi banding tahun ini. “KPM adalah satu dari sekian banyak organisasi mahasiswa yang ada di Unikom yang secara langsung berada dibawah naungan Direktorat Humas dan Protokoler, dimana pertanggungjawaban setiap kegiatannya langsung kepada Rektor Unikom. Namun, semenjak dibentuk menjadi unit kegiatan mahasiswa, KPM Unikom juga bertanggung jawab pada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama,” jelasnya.

Arif menambahkan bahwa keberadaan KPM Unikom yang resmi dibentuk pada 2010, senantiasa melakukan perekrutan anggotanya setiap dua tahun sekali, melalui berbagai proses seleksi secara tertulis maupun bakat yang dimiliki setiap calon anggota. Sehingga anggota KPM Unikom yang terpilih adalah mereka yang memiliki keunggulan di bidang akademik dan non akademik untuk terlibat dalam berbagai kegiatan tingkat yayasan, universitas, fakultas, program studi, hingga sesama organisasi kemahasiswaan.

Pengenalan lebih lanjut tentang KPM Unikom juga disampaikan oleh Ketua KPM Unikom Periode 2017/2018, Muhammad Rizky Maulana Risman. Dengan penuh suka cita, pihaknya menyampaikan sejarah keprotokolan secara umum, hingga beberapa hal mendasar di keprotokolan Unikom, diantaranya: 1) Kedudukan Protokoler Unikom; 2) Aplikasi Kegiatan Protokoler Unikom; 3) Struktur Organisasi; 4) Sejarah KPM Unikom; 5) Kegiatan KPM Unikom; dan 6) Prestasi KPM Unikom.

“Selain terlibat di berbagai kegiatan kampus, KPM Unikom turut serta membangun citra Unikom melalui peningkatan wawasan, pengalaman, dan kinerja yang terlatih dengan kepribadian, profesionalisme dan kompetensi sosial sebagai dasar untuk membangun organisasi ini berdasarkan budaya Unikom, PIQIE,” kata Risman. Berada dibawah kepemimpinanya, KPM Unikom saat ini memiliki empat divisi yang terbagi atas Divisi Humas, Divisi Project Officer, Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Divisi Inovasi Kreasi. Keempat divisi tersebut saling berkoordinasi dan bekerja sama untuk mensukseskan setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh KPM secara internal, maupun kegiatan yang melibatkan KPM itu sendiri.

Banyaknya informasi yang disampaikan KPM Unikom tidak membuat para peserta studi banding merasa cukup, bahkan mereka memanfaatkan sesi tanya jawab untuk menggali informasi lebih detail khususnya terkait bentuk koordinasi yang dilakukan KPM Unikom dalam berbagai kegiatan hingga sepak terjang KPM Unikom membangun branding positif. “Bagaimana kita membangun branding sebuah organisasi dipengaruhi branding image diri kita sendiri. Artinya, masing-masing anggota di KPM Unikom harus bisa membentuk citra diri yang positif sehingga citra organisasi pun akan sejalan dengan yang diharapkan,” tutur M. Arif Malik selaku Ketua KPM Periode 2016/2017.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00-11.30 WIB diakhiri dengan agenda tour campus mengunjungi Perpustakaan dan Studio Unikom TV dan Unikom Radio. Melalui kegiatan ini diharapkan KPM Unikom bisa memberikan kontribusi pengetahuan dan pengalaman yang positif kepada anggota muda UKKPK UNP, agar mereka dapat membawa organisasinya menjadi lebih baik dengan mengimplementasikannya dalam kehidupan berorganisasi. (Direktorat Hms & Pro)