Berita

Sobat “Sore Bersama Direktorat”: Wujud Kolaborasi BEM Bersama Direktorat di Lingkungan Unikom

BANDUNG, UNIKOM -- Setelah sebelumnya program SOBAT (Sore Bersama Direktorat) yang digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unikom melalui Kementerian Dalam Negeri telah digelar bersama 3 (tiga) direktorat di Unikom diantaranya Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat AP2SC dan Direktorat PTSI. Selanjutnya, pada Selasa, 7 Juli 2020, kegiatan SOBAT part 4 berhasil menghadirkan Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom yang dipimpin oleh Dr. Poni Sukaesih Kurniati, M.Si.

Melalui kegiatan tersebut, Dody Alfares selaku moderator sekaligus Menteri Penelitian, Pengembangan dan Pendidikan BEM Unikom memandu jalannya acara tersebut. Pertanyaan yang diajukan pun dikemas apik oleh Dody kepada Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom, dimana pertanyaan tersebut berkisar terkait profil direktorat, bagaimana pengelolaan jurnal dan publikasi ilmiah Unikom, serta suka duka menjabat sebagai Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom. Melengkapi rangkaian agenda dalam kegiatan tersebut, Dr. Poni Sukaesih Kurniati, M.Si., melalui closing statement-nya menyampaikan bahwa menulis itu hanya tinggal bagaimana kita memiliki keinginan, motivasi yang kuat dan meluangkan waktu.

Berlanjut ke gelaran SOBAT part 5, direktorat yang diundang dalam kesempatan tersebut ialah Direktorat Humas dan Protokoler Unikom dimana dipimpin oleh Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS. Digelar pada Senin, 13 Juli 2020, gelaran tersebut dipandu oleh moderator Silvia Nur Rahmawati selaku Menteri Komunikasi dan Informasi BEM Unikom. Tidak jauh berbeda dari gelaran SOBAT sebelumnya, dalam kesempatan tersebut Silvia membuka kegiatan dan menyapa para penonton yang turut serta dalam Live Instagram tersebut. Seiring berjalannya kegiatan, Silvia mengajukan beberapa pertanyaan kepada Direktur Humas dan Protokoler Unikom, diantaranya mengenai profil direktorat, peran direktorat humas dan protokoler bagi sivitas akademika Unikom khususnya, serta suka duka selama menjabat. Melalui kesempatan tersebut, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., berpesan “Dukung pengembangan softskill pada diri dan maksimalkan dengan optimis, berpikir positif, percaya diri tapi tidak sombong. Jangan pernah lelah belajar, carilah orang yang berbeda dari hari ke hari. Karena perbedaan itu tidak selamanya mempersulit diri, namun justru perbedaan dapat memperkaya wawasan.” ungkapnya.

Selanjutnya, pada Selasa, 14 Juli 2020, kegiatan SOBAT part 6 menghadirkan Dr. Lia Warlina, M.T., selaku Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Unikom. Dalam kesempatan tersebut, moderator yang memandu jalannya kegiatan ialah Reyhan Alfiandi selaku Menteri Sosial Masyarakat BEM Unikom. Membahas mengenai direktorat yang dipimpinnya, melalui kegiatan tersebut Lia mengatakan bahwa penelitian dan pengembangan masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib diampu oleh seluruh sivitas akademika Unikom mulai dari dosen dan mahasiswa, maka mahasiswa harus dapat menjadi contoh baik bagi mahasiswa lainnnya khususnya untuk berkarya dalam bidang akademik maupun non akademik. (Direktorat Hms & Pro)