BERITA

SMK Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Cianjur Bertandang ke Unikom

Kamis, 15 Maret 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menyambut kunjungan SMK Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Cianjur di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Selasa (13/3) pukul 09.30 WIB. Kunjungan yang dihadiri 78 siswa/I Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan beserta ± 10 guru pendamping, disambut hangat oleh Staf Direktorat Humas dan Protokoler Unikom, Arif Try Cahyadi, M.Ds serta Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom.  

Melalui sambutannya mewakili Unikom serta Direktorat Humas dan Protokoler, Arif menyampaikan ucapan terimakasih kepada para guru dan siswa/I SMK N 1 Pagelaran Kab. Cianjur yang memilih Unikom sebagai satu-satunya kampus yang dikunjungi di Kota Bandung. Tak lupa, beliau pun memperkenalkan sejarah singkat Unikom dan beberapa keunggulannya yang menjadikan ciri khas kampus langganan juara ini, yaitu membekali seluruh mahasiswa dari berbagai program studi dengan kompetensi keahlian berbasis software, hardware, entrepreneur, serta animasi dan multimedia agar lulusan Unikom kelak siap berkompetisi di dunia masyarakat.

Hal tersebut disambut baik oleh Nandang Jauharudin, S.TP.,M.P selaku Kepala Sekolah SMK N 1 Pagelaran Kab. Cianjur yang mengamini bahwa pihaknya tidak salah memilih Unikom sebagai kampus yang dikunjungi untuk memperkenalkan dunia perguruan tinggi di kalangan siswanya. “…para prinsipnya, pendidikan di SMK itu tujuannya sederhana yakni bekerja, melanjutkan, dan wirausaha atau disingkat menjadi BMW, walaupun hampir enam puluh persen rata-rata siswa SMK berorientasi pada dunia kerja, tetapi pengetahuan mereka akan lingkungan kampus sangat penting sebagai bahan pertimbangan dan referensi ketika mereka lulus sekolah nanti,” tuturnya. Nandang pun berharap, kunjungan kali ini merupakan awal yang baik untuk selanjutnya bisa menjalin kerjasama melalui penandatanganan MoU antara pihak sekolah dengan Unikom.

Tidak hanya memaparkan informasi tentang Unikom secara umum, penyambutan kunjungan pun memfasilitasi sesuai harapan pihak sekolah untuk berbagi ilmu dan pengetahuan terkait salah satu bidang yang memiliki keterkaitan dengan para peserta kunjungan, dengan menghadirkan Ketua Program Studi Teknik Komputer Unikom, Dr. Wendi Zarman, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Wendi sangat antusias untuk memaparkan program studi yang dipimpinnya yakni Teknik Komputer (D3) dan Sistem Komputer (S1), bahwa program S1 secara garis besar lebih dominan pada teori, dan program D3 lebih banyak melakukan praktik atau pengaplikasiannya.

Lebih lanjut, Wendi menjelaskan mengenai profil jurusan, kurikulum, prospek lulusan, hingga penyebaran alumni yang saat ini telah sukses berkiprah di berbagai bidang. Guna menghimbau para siswa/I yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi khususnya yang memiliki antusiasme untuk bergabung di Unikom, Wendi memaparkan beberapa perbedaan bidang keilmuan yang sering dinilai keliru oleh khalayak umum.

“…di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom, ada beberapa jurusan yang sering dipandang keliru oleh calon-calon mahasiswa, yaitu teknik komputer dan sistem komputer, teknik informatika, dan sistem informasi, dimana teknik komputer itu dasar keilmuannya turunan dari teknik elektro, lebih mengkolaborasikan antara aspek software dan hardware dengan perbandingan 50:50, sedangkan untuk sistem informasi dan teknik informatika lebih dominan pada software salah satunya seperti pembuatan aplikasi, sehingga calon mahasiswa perlu untuk mencermati haal-hal seperti ini agar nantinya tidak salah memilih jurusan,” jelas Wendi.

Usai pemaparan mengenai Prodi Teknik Komputer, agenda dilanjutkan pada sesi tanya jawab dan penyerahan cinderamata sebagai bentuk kenang-kenangan dari Unikom untuk SMK N 1 Pagelaran Kab. Cianjur. Rangkaian penyambutan kunjungan pun diakhiri dengan penayangan sekilas video tentang Unikom dan tour campus mengunjungi Perpustakaan Unikom dan Lobby Lantai 7 Smart Building Unikom yang saat itu tengah berlangsung pameran karya tugas akhir dari mahasiswa Prodi Teknik Komputer Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Kolaborasi Unikom & Kementerian Koperasi dan UKM Kembangkan Inkubator Wirausaha di Kalangan Mahasiswa
Rabu, 26 Juni 2019
Sejumlah Bidang Kerja di Unikom Rapatkan Barisan Jelang Anifestkom 2019
Selasa, 25 Juni 2019
Penerimaan Mahasiswa Baru Unikom Tahun Akademik 2019/2020 - Gelombang III
Selasa, 25 Juni 2019