Berita

Sidang Terbuka Senat Unikom Dalam Rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024-2025 Dan Dies Natalis Ke - 24

BANDUNG, UNIKOM – Senin, 23 September 2024, sejumlah 2.462 mahasiswa baru dari 7 Fakultas jenjang Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma di lingkungan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), resmi dikukuhkan Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., pada prosesi Sidang Terbuka Senat dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNIKOM Tahun Akademik 2024-2025, bertepatan dengan Dies Natalis UNIKOM yang ke-24, bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Jl. Tamansari no. 73 Bandung.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, dilanjutkan dengan Prosesi Sidang Terbuka Senat yang dibuka oleh Rektor UNIKOM, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh hadirin.

Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., selaku Ketua Pelaksana sekaligus Penanggungjawab PMB TA 2024-2025, dalam laporannya menyatakan Agenda Sidang Terbuka Senat adalah dalam rangka Dies Natalis UNIKOM ke-24, Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2024-2025, pemberian beasiswa, pemberian penghargaan bagi karyawan dan dosen teladan, serta mahasiswa berprestasi yang telah mengharumkan nama UNIKOM di kancah regional, nasional, bahkan internasional. Dalam kesempatan tersebut, ia pun menyampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru di kampus unggul, kampus berprestasi dengan moto “quality is tradition”, yaitu UNIKOM. “You are the Chosen Ones (kamulah yang terpilih). Tidak semua yang melamar ke UNIKOM dapat kami terima karena tidak memenuhi kualifikasi. Setelah anda mengikuti proses perjuangan yang panjang untuk berhasil menjadi mahasiswa/i, Allah meridhoi anda memenangkan pertarungan untuk masuk ke UNIKOM”, tuturnya.

Pelantikan Mahasiswa Baru UNIKOM dilakukan dengan memakaikan Jas Almamater secara simbolis oleh Rektor UNIKOM kepada 6 (enam) orang mahasiswa baru, yang mewakili 6 (enam) fakultas yang ada di lingkungan UNIKOM, antara lain, Evania Salsabila Andariki (FEB), Izzi Izzatul Rachman (FD), Maisya Chaluela Anjani (FISIP), Raden Rama (FTIK), Calvin Tan Widjaja (FIB), dan Ranata Fatricia (FH). Usai mengenakan Jas Almamater, seluruh mahasiswa baru UNIKOM membacakan Janji Mahasiswa UNIKOM yang dipimpin oleh Raden Rama dari FTIK, diikuti secara bersama-sama oleh seluruh mahasiswa baru.

Wakil Rektor 1 Bidang Sumber Daya dan Kerja sama UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T., CSBA, selaku Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2024-2025, melaporkan UNIKOM menerapkan sistem seleksi yang ketat dan tentunya transparan, mencakup ujian online, wawancara, serta penilaian prestasi akademik dan non akademik. Kami memastikan bahwa setiap calon mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama dan adil untuk menjadi mahasiswa, melaui 3 gelombag saringan ujian masuk UNIKOM. Sebanyak 2.462 mahasiswa baru diterima di UNIKOM pada TA 2024-2025, yang terdiri atas, 59 mahasiswa Fakultas Pascasarjana, 1.251 mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) , 360 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 29 mahasiswa Fakultas Hukum (FH), 304 mahasiswa Fakultas Desain (FD), 381 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 78 mahasiswa Fakultas Ilmu dan Budaya (FIB). Selain mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, terdapat juga mahasiswa asing yang berasal dari Brazil, Korea Selatan, dan Timor Leste.

Rektor UNIKOM, Prof. Dr. ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., dalam pidatonya menyampaikan, para mahasiswa baru merupakan generasi yang pantang menyerah oleh karenanya ia menyampaikan selamat kepada seluruh mahasiswa yang telah menjadi bagian keluarga besar UNIKOM yang memiliki budaya organisasi PIQIE. UNIKOM menerima 2.462 mahasiswa baru pada berbagai jenjang pendidikan yang ada. Dimana mahasiswa S1 termuda berusia tepat 15 (lima belas) tahun dari Prodi Sistem Informasi, sedangkan mahasiswa tertua S1 berusia 50 tahun 3 bulan dari Prodi Teknik Arsitektur. Hal ini sama-sama menunjukkan tekad diri untuk berprestasi. Usia bukanlah masalah untuk mencapai cita-cita dan berprestasi. Para mahasiswa patut bersyukur bisa kuliah di kampus UNIKOM yang berbasis pada ICT dan digital. DImana digital ICT sudah menjadi jantung dari peradaban dunia, sesuai dengan yang dinyatakan Bill Gates, bahwa internet akan menjadi pusat bagi kehidupan masyarakat global di masa depan.

Lebih lanjut Prof. Eddy menyatakan, di era digital saat ini terdapat hubungan yang sangat kuat antara pengembangan teknologi, inovasi dan entrepreneurship. Ia berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik. “di kampus UNIKOM, saudara diberi kesempatan untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya dan kampus akan mendukung. Yang paling utama sebagai mahasiswa, saudara harus kreatif, energik, positif, thinking, dan aktif. Anda harus harus jadi orang terbaik. Karena UNIKOM adalah kampus juara. Saudara harus memposisikan diri pada posisi tersebut”, demikian pesan Prof. Eddy. Dalam kesempatan tersebut ia pun memperkenalkan jajaran pimpinan dan sivitas akademika UNIKOM, serta mengumumkan nama-nama mahasiswa berprestasi yang telah meraih kejuaraan kompetisi, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Agenda Sidang Terbuka Senat dilanjutkan  penyerahan apresiasi berupa penghargaan yang diberikan Rektor UNIKOM kepada dosen dan mahasiswa berprestasi serta penerima beasiswa. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada dosen dan karyawan teladan, serta penghargaan atas loyalitas pengabdian masa kerja 25 tahun di UNIKOM.

Jelang berakhirnya prosesi Sidang Senat Terbuka dalam rangka PMB UNIKOM TA 2024-2025, dilakukan sejumlah pengarahan kepada mahasiswa baru terkait Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), yang merupakan program Kemendikbud yang mulai diterapkan pada tahun 2023. Pada gelaran PKKMB tersebut, diberikan pengarahan terkait pengetahuan umum yang perlu diketahui oleh mahasiswa baru UNIKOM, diantaranya perihal Visi dan Misi UNIKOM, Etika Kemahasiswaan dan Sistem Penilaian Aktivitas Kemahasiswaan (SPAK), asuransi, pengenalan berbagai bidang kerja yang ada di UNIKOM, serta Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan UNIKOM.

Sidang Terbuka Senat dalam rangka PMB UNIKOM TA 2024-2025 berjalan dengan lancar, khidmat, dan sukses, tentunya merupakan buah dari sinergitas dan kolaborasi yang baik serta komitmen yang tinggi di antara berbagai bidang kerja yang terlibat, antara lain, Direktorat Humas dan Protokoler UNIKOM, Direktorat Kemahaiswaan, Direktorat AP2SC, PTV, Paduan Suara Mahasiswa (PSM), Korps Protokoler Mahaiswa (KPM), Badan Eksekuti Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa (HIMA), serta Korps Sukarelawan PMI (KSR) UNIKOM.  Jaya selalu UNIKOM ! (Direktorat Hms & Pro).